SOAL SJT Situational Judgement Test PPPK Guru 2023 P2 P3 SOAL observasi pppk guru pdf |
SOAL Situational Judgement Test PPPK Guru 2023 PDF - Situational Judgement Test/SJT adalah pengganti tes observasi. Ada perbedaan pada seleksi PPPK Guru 2023, salah satunya soal tes P2 dan P3. Sebelumnya, pada seleksi PPPK 2022 menggunakan tes observasi, maka di tahun ini diganti menjadi sistem Situational Judgement Test/SJT.
Apa itu SJT (Situational Judgement Test)?
SJT/Situational judgement test adalah penilaian yang dirancang untuk mengukur penilaian kandidat dalam setting peran yang relevan atau setting kerja. Beberapa tahun terakhir ini ! penggunaan SJT pada proses seleksi dan penilaian di Fakultas Kedokteran telah digunakan secara luas.
SJT/Situational judgement test yakni penilaian yang dirancang untuk mengukur penilaian kandidat dalam setting peran yang relevan/setting kerja.
Tes Penilaian Situational judgement test adalah salah satu jenis tes psikometri/tes bakat yang menilai kompetensi seseorang, yang akan memberikan skenario mengenai pekerjaan yang relevan dan mereka diminta untuk memilih tindakan terbaik dari sejumlah opsi yang tersedia.
Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan/GTK Kemendikbudristek mengatakan tahun ini untuk guru P2 dan P3 dites menggunakan sistem SJT/Situational Judgement Test. Para guru lulus PG yang merupakan Prioritas 1/P1 tidak akan dites kembali, hanya menunggu penempatan aja.
SOAL Situational Judgement Test PPPK Guru 2023
Berikut ini, mari simak beberapa contoh soal Situational Judgement Test untuk seleksi PPPK Guru 2023 dilengkapi beserta dengan kunci jawabannya:
1. Salah satu indikator pembelajaran di kelas 2 adalah menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Motivasi yang dapat disampaikan di awal pembelajaran adalah…
A. Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk menceritakan pengalaman mematuhi aturan agama di sekolah
B. Guru meminta siswa untuk mematuhi aturan agama yang dianutnya di sekolah
C. Guru menunjukkan agama di Indonesia beserta aturan-aturannya
D. Guru mendiskusikan apa yang terjadi jika kita patuh pada aturan agama ketika di sekolah
E. Guru memberikan contoh sikap patuh pada aturan agama di sekolah
Jawaban: A
2. Guru mengembangkan instrumen evaluasi untuk menilai apakah siswa dapat mencapai kompetensi yang ditetapkan. Pencapaian kompetensi yang ditetapkan menjadi indikator ketercapaian penguasaan kemampuan siswa berdasar ketercapaian kompetensi, maka perlakuan guru terhadap siswa yang belum mencapai nilai standar dapat memberi kesempatan pada siswa melalui ujian ulang dengan ketentuan…
A. Menggunakan soal yang sama untuk mengukur konsistensi
B. Menyiapkan soal yang berbeda dengan soal sebelumnya
C. Memberikan tugas sebagai pengganti ujian ulang
D. Menggunakan soal yang berbeda untuk item soal yang dijawab salah
E. Merancang dan memberikan pengajaran remedial
Jawaban: E
3. Seorang guru merencanakan studi lapangan ke sungai guna memperdalam materi yang bertemakan lingkungan. Namun, di pagi harinya hujan amat deras dan sungai tersebut kemungkinan besar banjir. Berdasarkan situasi tersebut tindakan yang akan dilakukan guru tersebut adalah…
A. Memindahkan studi lapangan ke lingkungan alam di tempat lain
B. Melakukan revisi rencana pembelajaran pada pembelajaran berikutnya
C. Pemodelan yang disiapkan sebagai pendamping kegiatan lapangan
D. Tetap melakukan kegiatan sebab sudah direncanakan dengan baik
E. Melaksanakan kegiatan dengan menambah protokol keamanan
Jawaban: A
4. Pak Yahya sedang merencanakan pembelajaran matematika di kelas dengan KD menentukan luas dalam satuan baku dengan menggunakan benda konkret, maka aktivitas penggunaan media berikut yang sesuai untuk KD ini adalah…
A. Buku tulis diletakkan di atas meja untuk menutupi permukaan meja
B. Penggaris untuk alat bantu menggambar suatu bangun datar
C. Biji-bijian dijajar di sekeliling buku tulis
D. Stik es krim yang dibuat ditempelkan di bermacam bangun datar
E. Tali rafia untuk menentukan panjang dan lebar meja
Jawaban: A
5. Penilaian merupakan hal penting dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penilaian harus menggunakan proses dan instrumen yang benar. Salah satu KD pada muatan Bahasa Indonesia kelas 4 SD adalah "melaporkan hasil wawancara memakai kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis". Instrumen penilaian yang tepat untuk mengukur ketercapaian KD tersebut adalah…
A. Observasi
B. Produk
C. Soal lisan
D. Afektif
E. Soal tertulis
6. Seorang guru kelas 6 pada semester genap sedang menyusun rencana mengajar Tema 6: Menuju Masyarakat Sejahtera untuk muatan PPKn 3.2, tertulis KD: Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari. Alat evaluasi yang sesuai untuk mengukur kaki tersebut adalah…
A. Skala penilaian (rating scale) dengan skala Likert
B. Lembar jurnal perilaku
C. Pedoman observasi
D. Lembar Penilaian antar teman
E. Tes tulis pilihan ganda
Jawaban: E
7. Salah satu cara mendidik adalah dengan pendisiplinan yang menunjukkan sikap berwibawa seorang guru sebagai pembela keadilan. Contoh perilaku dalam pembelajaran yang mendukung hal tersebut adalah …
A. Membuat tata tertib kelas bersama peserta didik demi kebaikan bersama
B. Mengusir peserta didik yang selalu ramai di kelas agar tidak mengganggu
C. Menyerahkan ke guru BK untuk peserta didik yang membolos sekolah
D. Pemberian sanksi fisik yang penting tidak mencederai peserta didik
E. Tidak ada toleransi keterlambatan peserta didik meskipun sedikit waktu
Jawaban: E
8. Peserta didik Sekolah Dasar saat ini menghendaki kebebasan belajar, menyukai hal baru yang praktis serta rentang perhatian pendek. Untuk membantu peserta didik supaya dapat belajar sesuai dengan karakteristik tersebut maka hal yang tepat dilakukan guru adalah …
A. Proses pembelajaran guru dilakukan dengan mengemas materi pembelajaran ke dalam topik-topik kecil
B. Guru berupaya untuk mengganti buku cetak dengan buku elektronik
C. Menambah materi pembelajaran berupa bacaan agar peserta didik dapat membaca materi
D. Guru mengurangi jam pelajaran dan tatap muka agar peserta didik dapat belajar di rumah
E. Model pembelajaran yang satu-satunya dilakukan oleh guru ketika peserta didik belajar adalah belajar penemuan
Jawaban: A
9. Bu Nina seorang guru kelas 3 SD menghadapi permasalahan dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk aspek keterampilan menyimak. Hasil analisis masalah menunjukkan bahwa siswa tidak bisa konsentrasi menyimak ketika guru bercerita. Ketika diminta menceritakan kembali cerita yang sudah disimak, siswa mengalami kesulitan dan kata-kata yang digunakan terbatas.
Selain itu, siswa tidak bisa menjawab pertanyaan yang diajukan guru berkaitan dengan isi cerita dan kesulitan menyimpulkan isi cerita yang sudah disimak. Rumusan masalah di bawah ini yang tidak berkaitan dengan permasalahan yang dihadapi Bu Nina adalah …
A. Strategi apa sebaiknya yang digunakan guru agar siswa mampu menjawab pertanyaan berkaitan dengan cerita yang disimak?
B. Apakah topik cerita mempengaruhi kemampuan menyimak siswa?
C. Metode apa sebaiknya yang digunakan guru agar siswa bisa konsentrasi menyimak?
D. Bagaimana cara memotivasi siswa agar mau bertanya dan bercerita di depan kelas
E. Media apa sebaiknya yang digunakan guru agar siswa memahami cerita yang disimak?
Jawaban: B
10. Sekolah wajib menyediakan lingkungan yang ramah bagi peserta didik agar perbedaan yang melekat pada pribadi peserta didik tidak menjadi penghalang dalam pelayanannya. Untuk membangun kondisi yang demikian maka tugas guru adalah …
A. Datang di sekolah sebelum pembelajaran
B. Mengajar mata pelajaran dengan baik
C. Membangun semangat kekeluargaan
D. Melengkapi sarana dalam pembelajaran
E. Peserta didik diistimewakan perlakuannya
11. Salah satu cara membuat lingkungan belajar yang kondusif adalah membiarkan siswa berkereasi sesuai imajinasinya. Untuk membuat siswa senang dan semangat berkreasi, yang dilakukan guru...
A. Hadir fasilitator, mediator, motivator dan katalisator yang mendukung pembelajaran siswa
B. Guru harus berani memberikan kesempatan kedua untuk siswa terus berkreasi dan tidak berdikap otoriter dalam pembelajaran
C. Memberikan apresiasi kepada siswa yang telah berkreasi
D. Guru memberikan penilaian secara terbuka
E. Guru memberikan penilaian secara menyeluruh
Jawaban: A
12. Hal yang dilakukan guru agar siswa tidak takut merasa salah ketika menjawab pertanyaan atau bertanya kepada guru ...
A. Guru harus bersikap demokratis
B. Pembelajaran tidak selalu dinilai dari peroleh angka yang tinggi
C. Pembelajaran terasa menyenangkan dan lebih bermakna ketika guru menciptakan suasana belajar dan mengajar yang menyenangkan membuat
D. Memberi kesempatan anak yang pandai dan pemberani
E. Memberi kesempatan anak yang tidak pandai dan pemalu
Jawaban: C
13. Guru harus bisa memberikan aturan yang disepakati oleh siswa agar tercipta kelas kondusif. Sehinga siswa tidak bisa membuat keributan di kelas yang membuat suasana belajar tidak kondusif karena mereka telah membuat aturan yang disepakati. Hukuman yang bisa diterapkan bagi siswa yang melanggar kesepakatan bersama
A. Membersihkan ruangan kelas, menghafalkan materi pelajaran dan mengerjakan tugas yang belum diselesaikan
B. Membersihkan kamar mandi, berdiri di depan kelas, lari mengelilingi lapangan
C. Disuruh pulang, disuruh keluar kelas, membayar denda,
D. Tidak perlu ada hukuman fisik
E. Membaca buku motivasi atau membaca kitab suci
Jawaban: A
14. Penataan ruang kelas merupakan lingkungan utama untuk menciptakan kegiatan belajar dan mengajar yang menyenangkan. Mengatur ruangan belajar dengan bersih, nyaman, dan teratur adalah kunci untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Tugas untuk merapikan ruang kelas merupakan tanggung jawab bersama antara siswa dan wali kelas masing-masing. Selain itu, sekolah juga memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.
Berikut ini adalah beberapa contoh kegiatan yang dapat dilakukan oleh pihak sekolah dalam rangka penataan ruang kelas.
A. Mengadakan lomba kebersihan kelas secara berkala
B. Melengkapi sarana prasarana di kelas
C. Anak-anak selalu diberi motivasi untuk menciptakan ruangan kelas yang bersih, rapi dan nyaman
D. Kerja Bakti diadakan setiap hari Jumat di lingkungan sekolah
E. Mengadakan kerja bakti setiap bulan di lingkungan sekolah
Jawaban: A
15. Anda sedang mengajar kelas 8 dan ada siswa yang selalu terlambat masuk kelas. Siswa ini juga sering mengganggu konsentrasi siswa lain. Bagaimana anda akan menangani situasi ini?
A. Anda akan mengabaikan dan melanjutkan pelajaran seperti biasa
B. Anda akan memberikan pengingatan secara personal kepada dia mengenai betapa pentingnya hadir tepat waktu dan menjauhi gangguan saat di dalam kelas
C. Anda akan segera mencari kepala sekolah untuk memberitahu tentang perilaku siswa tersebut
D. Anda akan menjatuhkan hukuman kepada siswa tersebut sebagai peringatan
E. Anda akan memberikan sanksi sesuai tata tertib
16. Anda adalah anggota tim pengajar di sekolah anda. Salah satu rekan anda sering terlambat dalam pertemuan tim dan tidak aktif berkontribusi. Bagaimana anda akan menangani kasus ini?
A. Anda akan mengabaikannya dan mebiarkan kepala sekolah menanganinya
B. Anda akan berbicara secara pribadi dengan rekan tersebut dan mengajaknya berbicara dengan kepala sekolah
C. Anda akan mencemoohnya di depan tim agar dia merasa malu
D. Anda akan mengirim email kepada semua rekan tim tentang perilaku rekant tersebut
E. Anda akan mengirim pesan WA kepada semua rekan tim tentang perilaku rekan
Jawaban: B
17. Seorang orang tua murid menghubungi anda karena anknya mendapat nilai rendah dalam ujian terakhir. Bagaimana anda akan menangani panggilan ini?
A. Anda akan menghindari panggilan tersebut dan tidak merespon pesan orang tua tersebut
B. Anda akan merespon panggilan tersebut dengan sabar dan menjelaskan proses penilaian ujian sera memberikan saran untuk perbaikan
C. Anda akan menyalahkan siswa tersebut atas nilai rendahnya dan berbiara buruk tentangnya
D. Anda akan mengadakan pertemuan dengan orang tua tersebut dan mengkritik cara mereka mendidik anak meraka
E. Anda akan mengabaikan pesan orang tua tersebut karena yang anda lakukan sudah benar sesuai ketentuan
Jawaban: B
18. Anda memiliki seorang murid yang sedang mengalami sakit, yang memerlukan perawatan inap selama 20 hari. Akibatnya, ketika ia pulih dan kembali ke sekolah, ia telah melewatkan sejumlah pelajaran. Sebagai wali kelas, tindakan yang dapat Anda ambil adalah.
A. Memberikan materi pelajaran dan tugas tambahan untuk mengerjakan ketertinggalannya
B. Meminta teman-temannya yang berprestasi bagus untuk membantu belajar
C. Menyarankan untuk belajar kelompok bersama teman-teman yang berprestasi
D. Menyarankan anak untuk mengikuti les pelajaran (privat) tamahan di luar jam sekolah
E. Memaklumi siswa tersebut dan memberikan nilai dengan alasan siswa tersebut baru sembuh dari sakit
Jawaban: A
19. Masyarakat adalah bagian dari pendidikan. Keterlibatan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah menurut anda ...
A. Masyarakat meiliki potensi-potensi yang dapat dikolaborasikan dengan kegiatan sekolah sesuai prosedur dan aturan yang berlaku
B. Masyarakat merupakan partner sekolah dalam memajukan pendidikan peserta didik, sehingga perlu diikutkan dalam perencanaan sekolah
C. Masyarakat dan sekolah perlu bekerja sama dengan membuat kontrak kesepakatan yang nyata dalam dokumen yang dapat dipertanggungjawabkan
D. Masyarakat perlu dilibatkan dalam menopang pendanaan pembangunan sekolah, sehingga sekolah secara cepat mencapai kemajuan-kemajuan yang luar biasa
E. Sekolah yang baik harus memiliki kemandirian mutlak, masyarakat merupakan pihak yang dilayani
Jawaban: B
20. Dalam suatu kelas, terdapat tiga anak yang berasal dari luar suku bangsa. Mereka memiliki ciri fisik dan logat bicara yang bebeda dengan teman-temannya. Pada saat anda sedang memberikan tugas kelompok di kelas tersebut, semua peserta menolak untuk satu tim dengan ketiga anak tersebut. Sebagai pendidik, langkah apa yang akan anda lakukan?
A. Memberikan wawasan kepada siswa untuk saling menghormati sesama dalam perbedaan dan menempatkan ketiga anak tersebut dalam kelompok
B. Memfasilitasi terjadinya diskusi berdasarkan penghargaan dan penghormatan satu dengan yang lain
C. Menempatkan peserta didik pada kelompok dan meminta semua menghargainya
D. Membaurkan mereka dalam kelompok dan mengancam yang menolak akan kena sanksi
E. Meminta ketiga peserta didik tersebut menerima penolakan dari teman-temannya
Itulah beberapa contoh soal situational judgement test pdf PPPK Guru 2023 P2, P3, pengganti SOAL observasi pppk guru pdf. Untuk lebih lengkap lainnya telusuri Googlenews.
Tag:
soal sjt,
soal pppk,
soal tes pppk,
contoh soal sjt,
contoh soal tes sjt,
soal observasi pppk,
soal observasi pppk 2023,
soal situational judgement test,
contoh situational judgement test,
contoh soal observasi pppk guru 2023,
soal observasi diri sendiri pppk guru,
contoh soal situational judgement test pdf,
soal sjt situational judgement test pppk guru,
soal sjt situational judgement test pppk guru 2023 p2, p3,
soal situational judgement test | observasi pppk guru 2023