SOAL SJT Situational Judgement Test | Soal OBSERVASI PPPK GURU 2023 |
Contoh SOAL Situational Judgement Test pdf - Halo sahabat pppk ! Berikut kami bagikan kisi-kisi dan contoh SOAL Situational Judgement Test atau pengganti SOAL Observasi PPPK Guru 2023 pdf. Yuk simak selengkapnya dalam postingan ini!
SJT (Situational Judgement Test) adalah pengganti tes observasi, ada perbedaan pada seleksi PPPK Guru 2023, salah satunya soal tes P2 dan P3. Pada seleksi PPPK 2022 menggunakan tes observasi, maka di tahun 2023 ini diganti menjadi sistem SJT (Situational Judgement Test).
Apa itu sistem SJT (Situational Judgement Test)? SJT Situational judgement test adalah penilaian yang dirancang untuk mengukur penilaian kandidat dalam setting peran yang relevan atau setting kerja.
Tes Penilaian Situasional SJT merupakan salah satu jenis tes psikometri atau tes bakat yang menilai kompetensi seseorang. Tes tersebut, memberi skenario terkait pekerjaan yang relevan dan mereka diminta untuk memilih tindakan terbaik dari sejumlah opsi yang disediakan.
Unsur-unsur yang dinilai dalam seleksi kesesuaian PPPK Guru diantaranya, kompetensi profesional, pedagogik, sosial dan kepribadian. Dari substansi-substansi diatas, dengan jumlah soal-soal keseluruhan adalah ber-jumlah 145 soal dengan maksimal nilai total 690.
Apa saja yang diujikan pada PPPK? Sementara berikut adalah beberapa hal yang akan diuji yakni, intergritas, kerja sama, komunikasi, orientasi pada hasil, pelayanan pada publik, pengembangan diri dan orang lain, mengelola perubahan, pengambilan keputusan.
Contoh SOAL Situational Judgement Test | OBSERVASI PPPK GURU 2023
1. Anda adalah seorang guru yang mendapat tempat penugasan jauh di luar kota. Kondisi sekolah anda sangat kekurangan sarana prasarana sehingga proses belajar dan pembelajaran menjadi tidak maksimal. Sebagai guru tindakan yang anda lakukan adalah...
A. Mengelola jam mengajar sehingga kedatangan di sekolah tersebut seminggu cukup dua kali saja
B. Melaksanakan tugas mengajar dengan memaksimalkan keadaan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar
C. Mengajukan usulan ke instansi terkait untuk penambahan sarana dan prasarana pembelajaran
D. Mengkoordinir donasi dari orang tua siswa untuk peningkatan sarana dan prasarana pembelajaran
E. Meminta siswa untuk tetap bersemangat belajar dengan keterbatasan yang ada dan tidak mengeluh
JAWABAN: B
2. Kewibawaan guru akan terpancar dari ketaatannya terhadap aturan yang berlaku, kesepakatan yang telah dibangun bersama. Perwujudan dari ketaatan tersebut dalam tugas kesehariannya adalah...
A. Menambah waktu pelajaran karena terlambat masuk kelas
B. Memberi sanksi kepada peserta didik yang melanggar tata tertib sekolah
C. Mengurangi nilai peserta didik karena sering terlambat masuk sekolah
D. Melarang peserta didik yang terlambat untuk mengikuti pelajaran
E. Memulai dan mengakhiri pembelajaran dengan tepat waktu
JAWABAN: E
3. Ada peserta didik yang pasif dalam kegiatan pembelajaran tetapi prestasinya tidak kalah dibanding dengan peserta didik yang lain. Hal yang perlu disampaikan kepada siswa tersebut adalah ...
A. Tindakan yang gaduh dalam kelas akan dapat mengganggu peserta didik lain yang sungguh-sungguh belajar
B. Satu Peserta didik dengan lainnya perlu saling menghargai dalam mengikuti pembelajaran di kelas
C. Setiap peserta didik tanpa terkecuali harus sungguh-sungguh memperhatikan pelajaran yang disajikan guru
D. Prestasi akan lebih baik lagi jika mau sungguh-sungguh memperhatikan pembelajaran yang disampaikan guru
E. Peserta yang kemampuannya kurang perlu memperhatikan pelajaran tanpa ada gangguan dari yang lain
JAWABAN: D
4. Sebagai sebuah sekolah swasta yang sudah besar, SMA Maju Berkembang mempunyai peralatan yang memadai. Laboratoriumnya sudah dilengkapi dengan alat dan bahan yang lengkap, bahkan juga didukung oleh jaringan internet yang baik di semua lokasi di sekolah. Atas dasar kebijakan yayasan dengan alasan mengikuti revolusi industri 4.0 sekolah juga sudah menyediakan laboratorium virtual sehingga praktikum juga dapat dilakukan tanpa harus menggunakan laboratorium sebenarnya. Berdasarkan kondisi ini pembelajaran yang dilakukan guru sebainya...
A. Merancang pembelajaran yang menyenangkan dengan menyelipkan permainan atau game yang sekaligus berfungsi sebagai alat evaluasi
B. Memperbanyak pembelajaran dengan metode diskusi khususnya jika menemukan hal-hal yang baru pada mata pelajaran
C. Mengajak siswa melakukan kegiatan pemeblajaran dengan menggunakan fasilitas yang ada di laboratorium untuk menunjang pengalaman belajar siswa secara real
D. Memanfaatkan fasilitas TIKnya dengan membuat presentasi yang menarik pada setiap materi yang disampaikan
E. Memanfaatkan laboratorium virtual sehingga siswa mempunyai keterampilan dan litrasi TIK serta sesuai dengan tuntutan revolusi industri 4.0
JAWABAN: E
5. Pak Karim menggunakan e learning dan laboratorium virtual untuk mengajarkan konsep faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi pertumbuhan tanaman. Evaluasi pemebelajaran yang dilakukan Pak Karim meliputi:
1) evaluasi pengetahuan dengan mengukur penguasaan konsep siswa tentang faktor eksternal yang memengaruhi tumbuhan.
2) evaluasi sikap dengan mengukur keterbukaan siswa dalam menerima kritik dan pendapat saat mempresentasikan laporan praktikum.
3) Evaluasi keterampilan dengan mengukur keterampilan siswa dalam menggunakan alat selama percobaan.
Tingkat kualitas kesesuaian evaluasi pembelajaran Pak Karim adalah...
A. Kurang baik, karena evaluasi tidak tepat mengukru produk dan keterampilan
B. Baik, karena evaluasi dapat mengukur produk, proses dan sikap dengan tepat
C. Baik, karena evaluasi menggunakan alat ukur yang valid, reliabel dan objektivitas
D. Kurang baik, karena evaluasi tidak tepat mengukur keterampilan dan sikap
E. Baik, karena evaluasi telah mengukur pengetahuan, keterampilan dan sikap
6. Bu Lulu merupakan seorang guru di daerah pesisir, siswanya secara umum memiliki kemampuan kognitif yang cukup rendah karena sarana prasarana atau fasilitas sekolah yang kurang memadai dibandingkan dengan sekolah yang ada di kota. Sebagai guru profesional dan dengan memperhatikan keterbatasan yang ada, tindakan yang sebaiknya dilakukan guru untuk membuat suasana kelas menjadi lebih menarik untuk siswa belajar adalah ...
A. Memilih model pembelajaran yang tepat
B. Memilih pendekatan pembelajaran yang tepat
C. Memilih strategi yang tepat
D. Memilih media pembelajaran yang tepat
E. Memilih teknik pembelajaran yang tepat
JAWABAN: A
7. Perhatikan KD berikut! KD.4.11 Merumuskan gagasan pemecahan masalah perbahan lingkungan yang terjadi di lingkungan sekitar. Rumusan indikator pencapaian kompentensi untuk keterampilan proses sains terintegrasi yang sesuai dengan KD tersebut adalah...
A. Mendeteksi operasionalkan variable dalam percobaan pengaruh limbah terhadap lingkungan
B. Mengamati proses perubahan lingkungan akibat limbah
C. Mengklasifikasi jenis-jenis pencemaran berdasarkan tingkat pencemarannya
D. Memahami proses degradasi lingkungan akibat limbah
E. Mengomunikasikan data hasil pengamatan pengaruh limbah terhadap lingkungan
JAWABAN: E
8. Perhatikan tujuan pembelajaran pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam pembelajaran Biologi berikut ini.'Siswa mampu membedakan respirasi aerob dan respirasi anaerob dengan melakukan percobaan dan mampu mengomunikasikan hasil pengamatannya'. Rubrik penilaian yang tepat untuk mengukur tujuan tersebut adalah...
A. Mengidentifikasi hasil respirasi
B. Mengamati proses respirasi
C. Menyimpulkan perbedaan respirasi aerob dan an aerob
D. Membandingkan tahap-tahap respirasi aerob dan an aerob
E. Mendeskripsikan mekanisme respirasi
JAWABAN: C
9. Saat saya mengerjakan tugas, saya membutuhkan ...
A. Suasana yang tenang akan sangat mendukung kinerja saya
B. Suasana ramai akan menjadi asik dan menyenangkan
C. Suasana tidak mempengaruhi kinerja saya
D. Saya tidak bisa memilih suasana yang tepat
JAWABAN: C
10. Anda memiliki karyawan-karyawan yang berbeda latar belakang agama dan budaya
A. Saya menghormati keberagaman
B. Saya mendahulukan karyawan yang sama latar belakang
C. Saya tidak perduli dengan perbedaan tersebut
D. Itu menjadi hal baik untuk bisa bertukar pikiran
11. Bagaimana anda menangani tindakan perundungan diantara bawahan anda?
A. Saya tidak mencampuri urusan mereka
B. Saya memberikan sanksi bagi para pelaku
C. Saya tidak memberikan hal itu terjadi
D. Saya memaklumi hal tersebut
JAWABAN: B
12. Cara anda menangani siswa yang murung akibat sering dibully adalah ...
A. Saya membiarkan dia tenang
B. Saya menghubungi wali kelasnya
C. Saya melaporkan pelaku pada guru BP agar mereka dihukum
D. Saya melakukan pendekatan personal agar ia tidak merasa buruk
JAWABAN: D
13. Saat menyampaikan materi anda lebih sering ...
A. Duduk di meja guru
B. Berdiri di depan kelas
C. Berkeliling ke meja siswa siswi
D. Melihat buku petunjuk agar tidak keliru
JAWABAN: B
14. Ada guru yang berhalangan hadir. Anda adalah guru yang mengampu mata pelajaran yang sama. Tindakan anda ...
A. Saya berinisiatif untuk menggantikannya
B. Saya memberikan tugas pada siswa-siswa yang diampu
C. Saya memberikan kebebasan pada para siswa
D. Saya menyampaikan tugas yang diberikan guru tersebut jika ada
JAWABAN: A
15. Anda berhalangan hadir disebabkan beberapa hal
A. Saya menitipkan tugas untuk para murid
B. Saya memberikan kebebasan pada para murid
C. Saya meminta guru lain menggantikan saya
D. Saya akan menggantinya di lain waktu
16. Saya menggunakan sosial media untuk ...
A. Mencurahkan hati dan pikiran saya
B. Berbagi pengalaman hidup
C. Menceritakan kisah saya dan orang lain
D. Saya tidak menggunakan sosial media
JAWABAN: B
17. Anda mendukung tindakan guru menghukum siswa dengan kekerasan.
A. Sangat setuju
B. Setuju
C. Tidak setuju
D. Sangat tidak setuju
JAWABAN: D
18. Anda dinyatakan termasuk kategori P2 dalam seleksi PPPK 2023. Oleh karena itu anda segera menghapus semua postingan sosial media yang berkaitan dengan perundungan.
A. Sangat setuju
B. Setuju
C. Tidak setuju
D. Sangat tidak setuju
JAWABAN: D
Demikian kisi-kisi dan contoh SOAL Situational Judgement Test atau pengganti SOAL OBSERVASI PPPK GURU 2023. Untuk lebih lengkapnya telusuru GoogleNew.
Tag:
soal pppk,
soal tes pppk,
soal p3k 2023 guru,
soal pppk 2023 pdf,
soal pppk 2023 guru sd,
soal p3k kesehatan 2023,
soal pppk teknis 2023 pdf,
situational judgement test pdf,
soal observasi pppk guru 2023 pdf,
soal observasi diri sendiri pppk guru,
contoh soal situational judgement test,
contoh soal situational judgement test lpdp,
contoh soal situational judgement test guru,