Soal Situational Judgement Test pdf |
Contoh Soal Situational Judgement Test pdf - Situational judgement test (SJT) yaitu metode yang dirancang untuk mengukur penilaian kandidat mengenai suatu kasus dalam setting kerja. Dalam situasi ini membutuhkan pengetahuan, keterampilan, kemampuan atau karakteristik lain yang relevan untuk dipecahkan.
Situasi tersebut kemudian diikuti oleh berbagai tindakan alternatif dan peserta tes memilih jawaban yang paling tepat. Para kandidat diminta untuk menyadari situasi yang ada dan membuat penilaian mengenai respon-respon yang mungkin.
Langkah-langkah apa yang digunakan untuk mengembangkan SJT? Setidaknya terdiri atas tiga hal.
Pertama, menyangkut pengembangan stem penulisan soal yang akan disajikan dalam SJT.
Kedua, melibatkan penyusunan opsirespon jawaban dari para ahli atau subject matter experts, termasuk mengenai instruksi dan format tanggapan.
Ketiga, dan terakhir menargetkan pengembangan proses scoring.
Diketahui bahwa salah satu tahapan PPPK Guru 2023 bagi pelamar prioritas 2 dan 3 yakni akan mengikuti ujian Situational Judgement Test atau tes situasional kerja sederhana.
Berdasar jadwal, Pendaftaran PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) guru untuk Kebutuhan Umum dibuka hingga 9 Oktober 2023. Dengan demikian, kalian juga perlu mengetahui Situational Judgement Test.
Nah, dalam seleksi tersebut diperuntukan bagi pelamar dari kategori eks THK-II dan guru non ASN di sekolah negeri yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan memiliki masa kerja paling rendah 3 tahun. Untuk jadwal pelaksanaan tes kompetensi PPPK Guru dijadwalkan pada 8 November-2 Desember 2023.
Oleh sebab demikian, bagi para peserta perlu mempelajari soal-soal latihan supaya meningkatkan peluang lolos seleksi. Kali ini kami akan sajikan beberapa contoh soal Situational Judgement Test PPPK Guru 2023, sebagai bahan belajar mandiri. Yuk simak dibawah ini !
Soal STJ (Situational Judgement Test) PPPK Guru 2023
1. Seorang guru melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat. Kegiatan yang dilakukan guru tersebut merupakan implementasi strategi pembelajaran ....
a. Project based learning
b. Inquiry learning
c. Discovery learning
d. Kooperatif
e. Problem based learning
jawaban: e
2. Ada pegawai baru yang bersikap tidak sopan terhadap Anda. Sikap Anda adalah...
a. ikut bersikap tak ramah dan memusuhinya
b. ingatkan dengan baik-baik agar lebih ramah
c. tidak perlu ikut campur karena bukan urusan saya
d. mendoakan yang terbaik untuk pegawai tersebut
e. melaporkan pada atasan agar segera ditegur
jawaban: b
3. Guru mengadakan penilaian yang mengacu pada kriteria yang telah ditetapkan dan mencakup semua aspek kompetensi baik afektif kognitif dan psikomotorik itu adalah prinsip penilaian...
a. beracuan kriteria dan menyeluruh
b. beracuan kriteria dan sistematis
c. akuntabel dan menyeluruh
d. objektif dan menyeluruh
jawaban: a
4. Dalam menentukan jumlah alokasi waktu pada Kompetensi Dasar Bu Dina selalu memperhatikan aspek-aspek dibawah ini kecuali...
a. jumlah minggu efektif
b. jumlah dan keluasan KD
c. kedalaman dan tingkat kesulitan KD
d. tingkat kepentingan KD
e. jangka waktu penggunaan media
jawaban: e
5. Berikut adalah tugas dan kewenangan satuan pendidikan dalam penilaian hasil belajar peserta didik kecuali...
a. menetapkan standar ketuntasan belajar yang harus dicapai peserta didik
b. menetapkan kriteria kenaikan kelas
c. menetapkan kriteria kelulusan peserta didik
d. melakukan penilaian akhir dan ujian sekolah
e. menjadi panitia pelaksana ujian nasional tingkat satuan pendidikan
6. Jika pada silabus terdapat diksi "memecahkan masalah sampah" hal itu terdapat pada komponen...
a. materi pembelajaran
b. kegiatan pembelajaran
c. kompetensi dasar
d. indikator pencapaian kompetensi
e. penilaian
jawaban: c
7. Penentuan alokasi waktu pada silabus berdasarkan...
a. program tahunan
b. program semester
c. analisis minggu efektif
d. kedalaman materi
e. SKL dan standar isi
jawaban: c
8. Dalam menyusun instrumen penilaian tertulis harus diperhatikan hal hal sebagai berikut kecuali...
a. materi
b. bahasa
c. relevansi
d. kaidah penulisan
e. konstruksi
jawaban: c
9. Sekolah wajib menyediakan lingkungan yang ramah bagi siswa agar perbedaan yang melekat pada pribadi siswa tidak menjadi penghalang dalam pelayanannya. Untuk membangun kondisi yang demikian maka tugas guru adalah …
a. Datang di sekolah sebelum pembelajaran
b. Mengajar mata pelajaran dengan baik
c. Membangun semangat kekeluargaan
d. Melengkapi sarana dalam pembelajaran
e. Siswa diistimewakan perlakuannya
Jawaban: c
10. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah….
a. Behaviorisme
b. Kognitif
c. Humanistik
d. Sibernetik
e. Kontruktivisme
11. Apakah Anda bersedia untuk memperdebatkan sesuatu padahal kelompok Anda jelas-jelas tidak menyetujuinya
a. saya akan tetap mempertahankan pendapat saya
b. saya akan menyimak pendapat lain terlebih dahulu
c. saya akan berpikir ulang dan mencari jalan tengah
d. saya akan mengalah saja
e. saya akan mengumpulkan teman terlebih dahulu untuk menyuarakan pendapat saya
jawaban: c
12. Anda mendapatkan keluhan dari seorang siswa bahwa ia kesulitan memahami materi pelajaran. Tindakan yang paling tepat yang harus Anda lakukan adalah:
a. Mempersilahkan siswa tersebut mencari bantuan dari teman sekelasnya.
b. Mengabaikan keluhan siswa dan fokus pada siswa yang lain.
c. Mengulang penjelasan materi dengan lebih jelas dan memberikan bantuan tambahan jika diperlukan.
d. Memberikan tugas tambahan kepada siswa tersebut sebagai hukuman.
Jawaban: c
13. Seorang siswa tampak sangat tertarik dan antusias dengan pelajaran yang Anda ajarkan. Tindakan yang paling tepat yang harus Anda lakukan adalah:
a. Membagikan tugas tambahan kepada siswa tersebut agar tetap terlibat dalam pelajaran.
b. Membatasi partisipasi siswa tersebut agar tidak mengganggu siswa yang lain.
c. Mendorong siswa tersebut untuk berbagi pengetahuannya dengan siswa lain.
d. Mengabaikan minat siswa tersebut dan melanjutkan pelajaran seperti biasa.
Jawaban: c
14. Seorang siswa tidak mengumpulkan tugasnya dan memberikan alasan bahwa ia lupa. Tindakan yang paling tepat yang harus Anda lakukan adalah:
a. Memberikan kesempatan kedua kepada siswa tersebut untuk mengumpulkan tugas.
b. Memberikan hukuman kepada siswa tersebut agar ia tidak mengulangi perilaku yang sama di lain waktu.
c. Membantu siswa tersebut mengingatkan untuk mengumpulkan tugas dengan lebih baik di masa mendatang.
d. Mengabaikan kejadian tersebut dan melanjutkan pelajaran seperti biasa.
Jawaban: c
15. Seorang siswa secara terbuka mencemooh teman sekelasnya di depan semua orang. Tindakan yang paling tepat yang harus Anda lakukan adalah:
a. Mengabaikan perilaku siswa tersebut dan melanjutkan pelajaran.
b. Menghukum siswa tersebut agar ia tidak mengulangi perilaku yang sama di lain waktu.
c. Menghadapi siswa tersebut secara pribadi dan menjelaskan bahwa perilakunya tidak dapat diterima.
d. Menertawakan perilaku siswa tersebut untuk mengurangi ketegangan di kelas.
16. Seorang siswa tampak kesulitan memahami materi pelajaran, meskipun telah diberikan penjelasan berulang kali. Tindakan yang paling tepat yang harus Anda lakukan adalah:
a. Mengabaikan kebingungan siswa tersebut dan melanjutkan pelajaran.
b. Menyarankan siswa tersebut untuk mencari bantuan di luar kelas.
c. Menggunakan metode pengajaran yang berbeda untuk membantu siswa tersebut memahami materi.
d. Memberikan tugas tambahan kepada siswa tersebut agar ia dapat mempelajari materi dengan lebih baik.
Jawaban: c
17. Seorang siswa mengalami kesulitan dalam berinteraksi dengan teman sekelasnya. Tindakan yang paling tepat yang harus Anda lakukan adalah:
a. Mengabaikan masalah tersebut karena itu merupakan urusan pribadi siswa.
b. Melibatkan diri dalam konflik tersebut dan memihak pada salah satu siswa.
c. Mendorong siswa-siswa untuk berbicara satu sama lain dan mencari solusi yang adil.
d. Memindahkan siswa tersebut ke kelas yang berbeda agar masalah dapat dihindari.
Jawaban: c
18. Seorang siswa sering terlambat masuk ke kelas. Tindakan yang paling tepat yang harus Anda lakukan adalah:
a. Menghukum siswa tersebut agar ia dapat belajar untuk tepat waktu.
b. Mengabaikan keterlambatan siswa tersebut dan melanjutkan pelajaran seperti biasa.
c. Berbicara secara pribadi dengan siswa tersebut untuk memahami alasan keterlambatannya dan mencari solusi bersama.
d. Menertawakan siswa tersebut di depan kelas agar ia tidak mengulangi perilaku yang sama.
Jawaban: c
19. Seorang siswa terlihat tidak tertarik dan tidak fokus dalam pelajaran yang Anda ajarkan. Tindakan yang paling tepat yang harus Anda lakukan adalah:
a. Mengabaikan ketidakfokusan siswa tersebut dan melanjutkan pelajaran seperti biasa.
b. Memberikan hukuman kepada siswa tersebut agar ia dapat belajar untuk lebih fokus.
c. Mencari tahu alasan ketidakfokusan siswa tersebut dan mencoba menyesuaikan metode pengajaran.
d. Menyuruh siswa tersebut keluar dari kelas agar ia tidak mengganggu siswa yang lain.
Jawaban: c
20. Seorang siswa terus-menerus mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas-tugas. Tindakan yang paling tepat yang harus Anda lakukan adalah:
a. Mengabaikan kesulitan siswa tersebut dan memberikan hukuman agar ia dapat belajar untuk lebih giat.
b. Memberikan tugas tambahan kepada siswa tersebut agar ia dapat memperbaiki kinerjanya.
c. Membantu siswa tersebut dengan memberikan arahan dan bantuan tambahan saat mengerjakan tugas.
d. Menyuruh siswa tersebut mencari bantuan dari teman sekelas
21. Seorang siswa tampak sangat tertarik dengan topik yang Anda ajarkan dan ingin mengeksplorasi lebih jauh. Tindakan yang paling tepat yang harus Anda lakukan adalah:
a. Mengabaikan minat siswa tersebut dan melanjutkan pelajaran seperti biasa.
b. Memberikan tugas tambahan kepada siswa tersebut agar ia dapat mempelajari topik tersebut lebih dalam.
c. Mendorong siswa tersebut untuk melakukan penelitian tambahan dan membagikan hasilnya dengan kelas.
d. Menyuruh siswa tersebut untuk tetap diam agar tidak mengganggu siswa yang lain.
Jawaban: c
Demikian beberapa Contoh Soal Situational Judgement Test (SJT) untuk guru beserta kunci jawabannya. Semoga soal-soal tersebut bisa membantu dalam mengukur kemampuan dalam menyelesaikan situasi-situasi yang mungkin dihadapi dalam lingkungan pengajaran.
Tag:
soal pppk,
soal tes pppk,
contoh soal sjt,
contoh soal sjt manajerial,
soal observasi pppk guru pdf,
soal situational judgement test,
contoh soal sjt guru dan jawabannya,
contoh soal tes penilaian situasional,
contoh soal situational judgement test,
contoh soal situational judgement test pdf,
contoh soal situational judgement test lpdp,
contoh soal situational judgement test pppk guru,