Contoh Soal Observasi PPPK Guru 2023

soal pppk,  soal tes pppk,  soal observasi pppk guru 2023,   soal observasi pppk guru 2023 pdf,  contoh soal observasi pppk guru 2023 pdf,  soal p3k 2023 guru,  soal pppk 2023 pdf,  soal pppk 2023 guru sd,  soal p3k kesehatan 2023,  soal pppk teknis 2023 pdf,
soal observasi pppk guru 2023

Soal Observasi PPPK Guru 2023 pdf - Halo sahabat pppk ! Berikut akan disajikan beberapa kumpulan contoh soal observasi pppk guru 2023 pdf sebagai bahan belajar dan penambah wawasan saat tes seleksi pppk tahun ini.

Soal observasi pppk guru 2023 merupakan bagian dari tes seleksi yang dirancang untuk mengukur kemampuan calon guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Di-dalam soal-soal observasi pppk ini, kalian akan diberikan skenario atau situasi yang menggambarkan situasi kelas.

Kemudian kalian diminta untuk merumuskan rencana pembelajaran, mengajar sesuai rencana tersebut dan mengevaluasi hasilnya. Baiknya, cari serta download soal observasi diri sendiri pppk guru dan simpan di HP/LAPTOP sebagai bahan balajar di rumah.

Tujuan dari mengerjakan soal soal pppk observasi tersebut yakni untuk menguji kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran yang efektif hingga menjalankan pembelajaran sesuai dengan rencana yang telah tersedia.


CONTOH SOAL OBSERVASI PPPK GURU 

Yuk simak, Berikut ini beberapa kumpulan contoh soal Observasi PPPK Guru Tahun 2023 dilengkapi beserta dengan kunci jawabannya.


1. Saat menyampaikan materi anda lebih sering ...

A. Duduk di meja guru

B. Berdiri di depan kelas

C. Berkeliling ke meja siswa siswi

D. Melihat buku petunjuk agar tidak keliru

Jawaban: B


2. Saat saya mengerjakan tugas, saya membutuhkan ...

A. Suasana yang tenang akan sangat mendukung kinerja saya

B. Suasana ramai akan menjadi asik dan menyenangkan

C. Suasana tidak mempengaruhi kinerja saya

D. Saya tidak bisa memilih suasana yang tepat

Jawaban: C


3. Anda memiliki karyawan-karyawan yang berbeda latar belakang agama dan budaya

A. Saya menghormati keberagaman

B. Saya mendahulukan karyawan yang sama latar belakang

C. Saya tidak perduli dengan perbedaan tersebut

D. Itu menjadi hal baik untuk bisa bertukar pikiran

Jawaban: A


4. Bagaimana anda menangani tindakan perundungan diantara bawahan anda?

A. Saya tidak mencampuri urusan mereka

B. Saya memberikan sanksi bagi para pelaku

C. Saya tidak memberikan hal itu terjadi

D. Saya memaklumi hal tersebut

Jawaban: B


5. Cara anda menangani siswa yang murung akibat sering dibully adalah ...

A. Saya membiarkan dia tenang

B. Saya menghubungi wali kelasnya

C. Saya melaporkan pelaku pada guru BP agar mereka dihukum

D. Saya melakukan pendekatan personal agar ia tidak merasa buruk

Jawaban: D


6. Ada guru yang berhalangan hadir. Anda adalah guru yang mengampu mata pelajaran yang sama. Tindakan anda ...

A. Saya berinisiatif untuk menggantikannya

B. Saya memberikan tugas pada siswa-siswa yang diampu

C. Saya memberikan kebebasan pada para siswa

D. Saya menyampaikan tugas yang diberikan guru tersebut jika ada

Jawaban: A


7. Anda berhalangan hadir disebabkan beberapa hal

A. Saya menitipkan tugas untuk para murid

B. Saya memberikan kebebasan pada para murid

C. Saya meminta guru lain menggantikan saya

D. Saya akan menggantinya di lain waktu

Jawaban: A


8. Saya menggunakan sosial media untuk ...

A. Mencurahkan hati dan pikiran saya

B. Berbagi pengalaman hidup

C. Menceritakan kisah saya dan orang lain

D. Saya tidak menggunakan sosial media

Jawaban: B


9. Anda mendukung tindakan guru menghukum siswa dengan kekerasan.

A. Sangat setuju

B. Setuju

C. Tidak setuju

D. Sangat tidak setuju

Jawaban: D


10. Anda dinyatakan termasuk kategori P2 dalam seleksi PPPK 2023. Oleh karena itu anda segera menghapus semua postingan sosial media yang berkaitan dengan perundungan.

A. Sangat setuju

B. Setuju

C. Tidak setuju

D. Sangat tidak setuju

Jawaban: D


11. Sebagai seorang pendidik, Anda diharapkan mampu mengelola kelas dengan efektif. Suatu ketika, Anda sebagai guru baru di sekolah dihadapkan dengan situasi kelas yang sangat tidak kondusif terlihat dari para peserta didik yang suka ngobrol sendiri saat pembelajaran berlangsung.

1. Tindakan yang harus Anda ambil dalam mengatasi situasi tersebut adalah …

A. membuat perjanjian pembelajaran bersama peserta didik

B. mencari metode pembelajaran yang sesuai untuk setiap kelas

C. memberikan tugas tambahan kepada peserta didik yang ngobrol sendiri

d. menegur secara lisan peserta didik yang ngobrol sendiri

Jawaban: B


12. Sebagai guru mata pelajaran, Anda diharapkan mampu memberikan materi yang dapat dengan mudah dipahami peserta didik. Di sekolah, Anda dianggap sangat kompeten dalam mengajar. Namun, tahun ini mata pelajaran yang Anda ajar mengalami kemerosotan, terlihat dari banyak peserta didik yang mendapatkan nilai rendah. Langkah yang harus Anda ambil adalah ….

A. mengevaluasi materi pembelajaran yang Anda berikan sesuai dengan modul ajar atau tidak

B. meminta peserta didik yang memiliki nilai tinggi untuk membantu teman-teman mereka yang mendapatkan nilai rendah

C. menganggap masalah tersebut tidak signifikan karena Anda sudah mengajar sesuai dengan prosedur

D. mengusulkan tambahan jam belajar kepada pihak sekolah agar peserta didik dapat mendalami materi

Jawaban: A


13. Berdasarkan hasil evaluasi yang diisi oleh peserta didik, banyak yang mengeluhkan sikap Anda dalam mengajar, yaitu terlalu sering memberikan tugas kepada peserta didik. Meskipun begitu, banyak pula peserta didik yang lebih memahami materi setelah mengerjakan tugas yang Anda berikan. Langkah yang sebaiknya Anda ambil setelah mengetahui hasil evaluasi tersebut adalah …

A. membuat kesepakatan dengan peserta didik mengenai proses pembelajaran dan dampaknya

B. tetap memberikan banyak tugas kepada peserta didik sesuai dengan prinsip Anda

C. mencoba mengurangi jumlah tugas yang diberikan dengan sering memberikan latihan soal di kelas

D. menghentikan pemberian tugas yang dianggap memberatkan peserta didik

Jawaban: C


14. Salah satu kunci keberhasilan tujuan pembelajaran adalah manajemen kelas yang baik. Salah satu kelas yang Anda ajar memiliki karakter peserta didik yang sering datang terlambat. Berbagai upaya Anda telah dilakukan, tetapi masih ada beberapa peserta didik yang datang terlambat. Tindakan yang harus Anda ambil adalah …

A. membuat perjanjian bersama peserta didik dan menampilkannya di papan pengumuman di kelas

B. meminta ketua kelas untuk mengkoordinasikan ketertiban kelas agar tidak ada yang datang terlambat

C. memberikan konsekuensi kepada peserta didik yang datang terlambat di dalam kelas

D. terus mengingatkan peserta didik untuk datang tepat waktu ke kelas Anda

Jawaban: A


15. Anda adalah seorang wali kelas. Suatu hari, peserta didik mengeluhkan cara pengajaran salah satu guru senior. Guru tersebut sering memberi tugas, tetapi jarang menjelaskan penyelesaian soal kepada peserta didik. Tindakan yang sebaiknya Anda lakukan sebagai wali kelas adalah …

A. meminta peserta didik untuk memahami pola pengajaran yang dilakukan oleh guru tersebut

B. mengkritik cara mengajar guru tersebut secara langsung meskipun ia adalah seorang guru senior

C. berkomunikasi mengenai permasalahan ini melalui kepala sekolah agar dapat disampaikan kepada guru yang bersangkutan

D. meminta peserta didik untuk menyampaikan keluhan mereka secara langsung kepada guru yang bersangkutan

Jawaban: C


16. Seorang guru merancang evaluasi dengan mendasarkan pada indikator dan tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan di RPP. Evaluasi tersebut dimaksudkan untuk menentukan hasil dan kemajuan belajar siswa, maka jenis evalausi yang tepat dipilih oleh guru adalah....

A. Evaluasi formatif

B. Evaluasi sumatif

C. Evaluasi selektif

D. Evaluasi diagnostik

E. Evaluasi penempatan

Jawaban: B


17. Seorang Guru mencari materi dan media dari internet saat menyusun rencana pembelajaran (RPP), materi dan media tersebut akan disampaikan pada proses pembelajaran dengan maksud agar siswa tidak mengalami kesulitan memahami pelajaran. Langkah apa yang harus dilakukan oleh seorang Guru saat memilih materi pelajaran....

A. Mengidentifikasi aspek-aspek yang terdapat dalam kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator

B. Menganalisis potensi peserta didik; relevansi dengan karakteristik daerah; dan struktur keilmuan

C. Menyesuaikan dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spritual peserta didik

D. Melihat kebermanfaatan bagi peserta didik; aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran

E. Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan, alat dan sumber bahan, dan alokasi waktu

Jawaban: A


18. Dengan mencermati silabus, seorang guru akan merancang pelaksanaan pembelajaran (RPP). Sebagaimana yang tertuang dalam Permendikbud RI No 22 tahun 2016 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mencakup sekurang-kurangnya....

A. Kompetesi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi ajar, model pembelajaran, metode pembelajaran, strategi pembelajaran, dan penilaian hasil belajar

B. Identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi ajar, model pembelajaran, metode pengajaran, sumber belajar, penilaian hasil belajar, dan bobot penilaian hasil belajar

C. Standar kompetensi, kompetensi dasar, metode pengajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah pembelajaran, tes hasil belajar, dan kunci jawaban tes

D. Identitas mata pelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar, model pembelajaran, media, sumber belajar, langkah pembelajaran, dan penilaian hasil belajar

E. Identitas sekolah, identitas mata pelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar, media, sumber belajar, langkah pembelajaran, dan penilaian hasil belajar

Jawaban: E


19. Seorang guru senior mengajar siswanya dengan metode diskusi dan menggunakan media gambar yang sudah berlangsung dari tahun ke tahun. Pada awal semester baru 2019 siswa dikelas tersebut diketahui 70 persen memiliki preferensi belajar kinestetik sehingga mereka tidak fokus saat pembelajaran dan diskusi berlangsung, siswa lebih senang jika mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Dari kasus tersebut strategi pembelajaran yang paling tepat dipilih guru....

A. Kooperatif

B. Project based learning

C. Kontekstual

D. Inqury

E. Discovery

Jawaban: B


20. Di sekolah seorang guru menuliskan beberapa aturan seperti dilarang menginjak rumput dan mencoret-coret meja hal ini merupakan pembiasaan kepada peserta didik agar berkembang kecerdasan....

A. Naturalis

B. Kinestetis

C. Visual spasial

D. Verbal linguistic

E. Logis matematis

Jawaban: A


Demikian kumpulan beberapa Contoh Soal Observasi PPPK Guru 2023. Untuk lebih lengkap lainnya telusuri Googlenews


Tag:

soal pppk,

soal tes pppk,

soal observasi pppk guru 2023, 

soal observasi pppk guru 2023 pdf,

contoh soal observasi pppk guru 2023 pdf,

soal p3k 2023 guru,

soal pppk 2023 pdf,

soal pppk 2023 guru sd,

soal p3k kesehatan 2023,

soal pppk teknis 2023 pdf,