Contoh Soal PPPK Kompetensi Teknis Guru 2023 dan Kunci Jawaban |
Soal PPPK Kompetensi Teknis Guru 2023 pdf - Para pelamar PPPK Teknis 2023 perlu mengikuti serangkaian tes kompetensi dalam proses rekrutmen, yang mana salah satu tesnya yakni kompetensi teknis.
Simak berikut ini contoh soal PPPK Teknis 2023 untuk tes kompetensi teknis sebagai gambaran sebelum mengikuti tes tersebut.
Apa itu PPPK Teknis?
PPPK Teknis ialah pegawai pemerintah atau Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk jabatan di lingkup fungsional tenaga teknis, mulai dari jabatan pemula, terampil, sampai ahli pertama.
Oleh sebab demikian, para pelamar PPPK Teknis perlu memiliki pengalaman kerja setidaknya dua tahun di bidang kerja yang relevan dengan jabatan fungsional yang dilamar.
Lainnya, para calon pelamar perlu juga memenuhi syarat khusus lain sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh masing-masing instansi serta harus memenuhi sejumlah syarat umum terkait administrasi.
Kemudian, pelamar perlu mengikuti tes kompetensi teknis, manajerial dan sosial kultural, dengan rangkaian tes ini menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang berdurasi 120 menit.
Apa yang diujikan dalam kompetensi teknis?
Adapun untuk tes kompetensi teknis ini, berisi soal-soal yang menguji penguasaan pelamar terhadap pengetahuan, keterampilan dan sikap atau perilaku yang berkaitan dengan bidang teknis jabatan yang dilamar.
Berapa jumlah soal kompetensi teknis?
Untuk jumlah soal tes kompetensi teknis mencapai 90 butir atau yang paling banyak dari dua tes lainnya dengan bobot nilai untuk jawaban benar paling rendah satu, paling tinggi lima dan soal tidak terjawab bernilai nol untuk PPPK Teknis kebutuhan khusus.
Sedangkan bagi PPPK Teknis kebutuhan umum, bobot nilai jawaban benar adalah lima dan jawaban salah atau tidak terjawab bernilai nol.
Dengan total nilai kumulatif paling tinggi untuk tes kompetensi teknis adalah 450. Akan tetapi, untuk ambang batas nilainya beragam sesuai jabatan masing-masing.
Contoh Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru 2023
1. Menggunakan model kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran KD “ menggali manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup” akan memiliki keunggulan, terutama.
A. Hasil belajar lebih utuh dan bermakna dalam membangun praktek kerukunanhidup
B. Pemahaman konsep persatuan dan kesatuan bangsa akan lebih bermakna dan aplikatif
C. Orientasi nilai persatuan dan kesatuan siswa lebih mendalami untuk dihayati dan diamalkan
D. Keterampilan social siswa untuk membangun kerukunan hidup lebih teraplikasikan
E. Sifat positif siswa terhadap persatuan, kesatuan, dan kerukunan hidup takkan bertambah.
Kunci Jawaban D
2. Dengan mengunakan lempeng segitiga sembarang, guru memotong motong segitiga tersebut melalui sisi sisinya menjadi 3 bagian kemudian memadukan ketiga segitiga melalui sudut sudutnya sehingga diperoleh gabungan sudut yang merupakan sudut lurus. Dengan cara tersebut guru telah mendemonstrasikan kepada siswa bahwa jumlah sudut dalam segitiga =180 derajat. Cara guru tersebut merupakan metode pembuktian secara...
A. Formal
B. Deduktif
C. Kritis
D. Kreatif
E. Non formal
Kunci Jawaban D
3. Ibu rina akan membelajarkan metode listrik statis beliau ingin mengemas pembelajaran seperti bermain sulap. Berbagai alat dan bahan sudah disiapkan, tetapi jumlahnya terbatas. Metode pembelajaran yang cocok untuk menerapkan kodisi tersebut adalah
A. Inkuiri
B. Discoveri
C. Pbl
D. Demonstrasi
E. Kooperatif
Kunci jawaban D
4. KD tentang menganalisis penerapan nilai-nilai pancasila terutama sila ke-4 dalam kehidupan sehari-hari dapat dirumuskan indicator capaian hasil belajarnya untuk level c5 ( menilai) dengan siswa dapat...
A. Memilih sikap demokrasi dari pada sikap otoriter dengan alas an yang tepat
B. Memberi contoh penerapan sila 3 pancasila di lingkungan masyarakat
C. Mengusulkan upaya memajukan usaha koperasi demi kesejateraan rakyat
D. Menghargai jasa para pahlawan dalam merumuskan pancasila sebagai dasar Negara
E. Menjelaskan implementasi nilai-nilai pancasila dalam kehidupan di rumah.
Kunci Jawaban A
5. Berikut ini merupakan pertanyaan tingkat tinggi kategori pemahaman C2 dalam Taksonomi Bloom adalah...
A. Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan berubah-ubah seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut. Tentukan kapan mobil tersebut mengalami kecepatan konstan dan kapan berhenti?
B. Sebuah mobil berjalan dengan kecepatan 60 km/jam. Jarak yang ditempuh 240 km. Berapa lama mobil tersebut berjalan?
C. Ketika kecepatan suatu mobil ditingkatkan menjadi dua kalinya, Bagaimana besaran percepatannya?
D. Sebuah mobil berjalan dengan kecepatan 60 km/jam dari posisi diam selama 20 menit. Berapa percepatan mobil tersebut?
E. 2 buah mobil berangkat dari kota A pada waktu yang sama. Mobil berjalan dengan kecepatan 60 km/jam, dan mobil B 80 km/jam. Jarak yang di tempuh mobil B
6. Pelajaran IPA hari ini tentang pemantulan cahaya. Pak Agung mengajak siswa melakukan kegiatan praktikum pemantulan pada cermin datar. Penilaian yang diterapkan tidak hanya ranah kognitif, tetapi juga psikomotorik. Berikut ini rubik untuk menilai keterampilan siswa menggunakan busur derajat ketika mengukur besarnya Sudut datang dan memiliki skor rendah adalah
A. membaca hasil pengukuran busur derajat dari arah kanan
B. meletakkan posisi nol busur derajat pada garis normal
C. meletakkan titik tengah busur derajat berimpit dengan perpotongan sinar pantul dan garis normal
D. mengukur besar sudut antara garis normal dengan sinar datang
E. menghitung sudut datang
Kunci Jawaban E
7. Untuk mengembangkan konsep penjumlahan pecahan, alat peraga matematika yang paling tepat adalah...
A. Gambar beberapa persegi di papan tulis
B. Potongan sama besar model kue pizza
C. Lempengan persegi yang dipotong-potong vertikal dan horizontal
D. Potongan model buah apel
E. Garis bilangan
Kunci Jawaban B
8. Ibu dia adalah guru SD kelas V. Beliau akan mengajarkan materi “Peninggalan Sejarah”. Kegiatan siswa adalah mengamati tayangan video tentang benda-benda peninggalan sejarah. Langkah selanjutnya yang seharusnya dilakukan siswa adalah...
A. membuat karangan tentang peninggalan sejarah yang telah diamati
B. saling bercerita tentang pengalaman dari tayangan video dengan teman semeja
C. setiap siswa menyebutkan berbagai macam benda peninggalan sejarah dalam laporan sederhana
D. menggambar salah satu benda peninggalan sejarah
E. guru membimbing siswa untuk melakukan diskusi kelompok tentang tayangan video
Kunci Jawaban E
9. Salah satu contoh rumusan tujuan pembelajaran yang baik adalah....
A. siswa mampu menirukan tulisan yang dicontohkan guru
B. siswa mampu menulis tegak bersambung dengan rapi dan bersih
C. siswa mampu mengungkapkan gagasan dan perasaan dalam bentuk tulisan
D. siswa mampu menjiplak dan menebalkan tulisan yang dicontohkan guru
E. siswa mampu menulis kalimat sederhana sesuai gambar yang diamati
Kunci Jawaban C
10. Pak Deni akan mengajar tema “Sumber daya alam” ia berusaha agar siswa aktif maka ia mempunyai rencana kegiatan yang sekiranya dapat dilaksanakan. Ia berusaha menggunakan benda sebenarnya sebagai media pembelajaran ketika menjelaskan tentang sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Oleh karena itu ia membawa benda benda tersebut di depan kelas seperti...
A. minyak tanah, batubara timah dan sayuran
B. emas, timah, batubara dan pasir kuarsa
C. sayuran, buah-buahan, emas dan intan
D. sayuran, bunga, minyak tanah dan pasir
E. batubara, nikel, bauxit dan tumbuhan
11. Pada suatu pembelajaran di daerah pusat produksi batik, guru menyajikan masalah berikut. Bu Ani akan membuat selembar batik tulis dengan kain berukuran 120 cm x 250 cm, biaya yang diperlukan untuk pembuatan batik tersebut adalah Rp. 125.000,-/m2. Jika ia mampu membuat batik sebanyak 5 lembar kain tiap minggu dan
menjualnya ke penampung dengan laba Rp. 150.000,- perlembar kain berapa harga jual setiap lembar batik? Masalah di atas tepat untuk pmbelajaran matematika dengan pendekatan
A. Penemuan
B. Realistik
C. Open-ended
D. Saintifik
E. Induktif
Kunci Jawaban B
12. Ibu Tiur mengajar di kelas , ketika pelajaran berlangsung, seluruh siswa pasif. Suasana kelas memang tenang, anak-anak tidak gaduh. Tetapi tidak ada siswa yang mau bertanya ataupun menyampaikan pendapat. Akhirnya Ibu Tiur berinisiatif untuk menerapkan suatu model pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk bertanya atau berpendapat. Model tutor sebaya dipilih untuk mengatasi kondisi tersebut, sekaligus melakukan penelitian tindakan kelas PTK. Tujuan penelitian Ibu Tiur adalah...
A. mengukur kemampuan mengajukan pertanyaan
B. menghitung jumlah siswa yang berani mengajukan pertanyaan disetiap siklus PTK
C. memberikan contoh kepada siswa untuk mengemukakan pendapat
D. meningkatkan kemauan siswa dalam mengajukan pertanyaan
E. menerapkan model pembelajaran tutor sebaya
Kunci Jawaban D
13. Sebelum memberikan pembelajaran untuk menemukan rumus luas segitiga, guru sebaiknya memberikan apersepsi tentang...
A. luas trapesium dan jajargenjang
B. sifat-sifat persegi panjang
C. bangun datar dan sifat-sifatnya
D. jenis-jenis segitiga menurut ukuran panjang sisinya
E. jenis-jenis segitiga menurut ukuran sudutnya
Kunci Jawaban A
14. Hasil analisis pembelajaran IPS kelas IV SD Butuh menunjukan bahwa: siswa tidak mau bertanya pada waktu guru menjelaskan; siswa tidak mau memberi tanggapan; siswa tidak mau membaca materi; guru dominan menggunakan metode ceramah; dulu belum pernah menerapkan metode inkuiri. Berdasarkan kasus tersebut judul PTK yang cocok adalah...
A. Penerapan metode inkuiri untuk meningkatkan keaktifan belajar IPS pada siswa kelas IV SD Butuh
B. Pengembangan metode inkuiri untuk meningkatkan keaktifan belajar IPS pada siswa kelas IV SD Butuh
C. Hubungan antara metode inkuiri dengan keaktifan belajar IPS pada siswa kelas 4 SD Butuh
D. Pengaruh metode inkuiri terhadap keaktifan belajar IPS pada siswa kelas IV SD Butuh
E. Efektivitas penggunaan metode inkuiri untuk meningkatkan keaktifan belajar IPS pada siswa kelas IV SD Butuh
Kunci Jawaban A
15. Penyuluhan dengan membawa alat peraga merupakan teknik...
A. Temu usaha
B. Demonstrasi
C. Anjangsana
D. Temu wisata
E. Tatap muka
16. Bu Lydia guru kelas satu SD, pada saat pembelajaran tema Diri Sendiri, bu Lydia mengawali pembelajaran dengan menyayikan lagu “satu-satu Aku Sayang Ibu” sambil menunjukan bagian-bagian tubuhnya yang terdiri atas mata, hidung, telinga, mulut, tangan dan jari tangan. Bu Lydia menjelaskan bagian bagian tubuh tersebut memeliki fungsinya masing-masing. Setelah itu, siswa diminta berdiskusi dengan teman sebangkunya tentang kegunaan bagian-bagian tubuhnya. Dalam diskusi tersebut, tidak banyak siswa yang aktif dan cenderung bermain sendiri. Bu Lydia merasa bahwa kegiatannya belum berhasil, bahkan siswa tidak berhasil mengungkapkan kegunaan bagian tubuh. Akar masalah pada pembelajaran di atas adalah.....
a. Siswa kurang terlibat aktif sesuai scenario pembelajaran
b. Kegiatan diskusi tidak berhasil
c. Ketidaktepatan dalam memilih media
d. Siswa tidak berhasil mengungkapkan kegunaan bagian tubuh
Kunci Jawaban C
17. Salah satu model pembelajaran inovatif adalah discovery learning. Langkah awal model tersebut siswa diberikan stimulasi atau pemberian rangsangan berpikir. Untuk pembelajaran hubungan antar makhluk hidup dalam suatu ekosistem khususnya rantai makanan dan jarring-jaring makanan, maka kegiatan stimulasi
yang paling benar adalah..........
a. Siswa membaca buku dan mengamati media gambar tentang suatu ekosistem
b. Siswa berdiskusi dengan teman sebangku untuk merumuskan hipotesis
c. Siswa menuliskan jawaban pertanyaan di bukunya
d. Siswa menjawab pertanyaan dari guru tentang macam-macam ekosistem
Kunci Jawaban A
18. Rumusan masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas seharusnya esensial. Rumuskan yang dimaksud dengan esensial!
a. Mudah dilaksanakan, murah biaya, kajian teorinya ada, dan disetujui kepala sekolah
b. Mudah dilaksanakan, murah biaya pelaksanaan, mudah mencari kajian teori, mendesak untuk diselesaikan
c. Adanya theory gp dan research gap, mudah mencari kajian teori, bisa diselesaikan, disetujui atasan
d. Mudah dilaksanakan, murah biaya pelaksanaan, mudah mencari kajian teori, mudah mencari sponsor
Kunci Jawaban B
19. Bagaimana yang dimaksud prinsip-prinsip penilaian yang baik?
a. Reliabel, transparan, bertanggung jawab dan tertulis rapi
b. Sahih, akuntabel, terstandarisasi, bisa diumumkan ke public
c. Sahih, objektif, adil terpadu, terbuka, menyeluruh dan berkesinambungan
d. Sahih, terpadu, terbuka, menyeluruh dan bersifat demokratis
Kunci Jawaban C
20. Dalam menyusun PTK seharusnya guru memasukan kajian pustaka. Identifikasikan manfaat kajian pustaka dalam PTK!
a. Membentuk kerangka konsep dan kerangka berpikir dalam penelitian
b. Sebagai acuan agar tidak terjadi plagiasi dalam penelitian
c. Mendapatkan data penelitian sebelumnya yang bisa dipertanggung jawabkan
d. Mengkonfimasi hasil penelitian empiris dengan pemikiran teoritis
21. Rumusan indikator aspek pengetahuan Level penerapan (C3) untuk pembelajaran tentang siklus air adalah..
a. Mendiskripsikan tahap-tahap siklus air
b. Mencermati tahap-tahap siklus air
c. Mengilustrasikan tahap-tahap siklus air
d. Menganalisis tahap-tahap siklus air
Kunci Jawaban C
22. Penilaian yang perlu dilakukan terhadap keterampilan menulis siswa ketika mengidentifikasi isi gambar tunggal sederhana adalah....
a. Menyimpulkan dengan lengkap sesuai isi gambar dan menggunakan Bahasa yang mudah dipahami
b. Mengamati dengan teliti dan penuh perhatian serta menemukan isi gambar dengan tepat
c. Menjelaskan dengan lengkap sesuai isi gambar, tutur kata, sopan dan santun
d. Memberikan tanggapan dengan jelas dan tutur kata sopan dan santun
Kunci Jawaban A
23. Berdasarkan pendekatan saintifik, siswa melakukan eksperimen untuk menemukan hubungan volume tabung dengan volume kerucut dengan cara ...
a. Memilih alat peraga tabung dan kerucut yang mempunyai alas dan tinggisama kemudian kerucut diisi pasir dan diisikan pada tabung sebanyak tiga kali
b. Memilih alat peraga tabung dan kerucut, kemudian kerucut diisi pasir dan diisikan pada tabung sebanyak tiga kali
c. Memilih alat peraga tabung dan kerucut yang mempunyai alas dan tinggisama kemudian tabung diisi pasir dan diisikan pada kerucut sebanyak tiga kali
d. Memilih alat peraga tabung dan kerucut kemudian tabung diisi pasir dan diisikan pada kerucut sebanyak tiga kali
Kunci Jawaban B
24. Pak Ali Kurnia (AK) adalah seorang guru kelas 1 SD di suatu daerah yang mayoritas penduduknya menggunakan bahasa daerah. Pak AK mendapati bahwa kemampuan siswanya untuk berbicara dalam bahasa Indonesia masih rendah. Pak AK khawatir, siswanya tidak akan mampu mendesripsikan benda-benda disekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana. Selama ini, pak AK lebih banyak bercerita kepada siswanya dengan harapan mereka akan giat belajar sesuai hikmah ceritanya. Akar masalah pada pembelajaran diatas adalah ...
a. Kemampuan berbicara bahasa indonesia rendah
b. Penyampaian materi dengan cerita guru tanpa melibatkan siswa
c. Mayoritas penduduk menggunakan bahasa daerah
d. Siswanya tidak akan mampu mendesripsikan benda-benda disekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhanan
Kunci Jawaban B
25. Salah satu indikator dalam pembelajaran IPA adalah menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis. Untuk mencapai indikator tersebut, bu Rina melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. Kegiatan mengumpulkan data tentang perbedaan tumbuhan yang diletakkan di tempat gelap dan terang dalam pembelajaran tersebut adalah ...
a. Siswa mencatat informasi dari guru
b. Siswa mencatat informasi dari buku
c. Siswa menyajikan tabel hasil pengamatan
d. Siswa mencatat hasil percobaan
26. Salah satu model pembelajaran yang inovatif adalah discovery learning. Salah satu langkah model tersebut adalah identifikasi masalah. Pada tahap tersebut, siswa diberikan kesempatan mengidentifikasi sebanyak-banyaknya masalah yang relevan dengan bahan pelajaran. Untuk pembelajaran hubungan antar makhluk hidup dalam suatu ekosistem khususnya rantai makanan dan jaring-jaring makanan, maka kegiatan identifikasi masalah yang paling benar adalah...
a. Siswa berdiskusi untuk menentukan rumusan masalah
b. Siswa berdiskusi tentang jawaban masalah
c. Siswa berdiskusi untuk merumuskan hipotesis
d. Siswa berdiskusi untuk membuat pertanyaan
Kunci Jawaban C
27. Perhatikan pernyataan berikut ini.
(1) Melakukan tes tertulis pada peserta didik
(2) Mengoreksi jawaban sesuai kunci jawaban
(3) Menentukan siswa-siswa yang sudah mencapai KKM dan yang belum
(4) Menentukan program pengayaan remedial
(5) Menentukan kenaikan kelas siswa
(6) Menentukan kelulusan peserta didik
Pernyataan diatas yang merupakan kegiatan pengukuran adalah . . .
a. 4 dan 5
b. 1 dan 6
c. 1 dan 2
d. 2 dan 3
Kunci Jawaban D
28. Sofyan kelas empat SD secara diam-diam mengambil pensil temannya. Guru mengalami kesulitan mengatasi masalah ini. Tindakan yang tepat dilakukan guru kecuali ...
a. Guru memberi nasihat bahwa mengambil barang orang lain tidak baik
b. Memberikan peluang siswa menjelaskan mengapa dia mengambil pensil temannya
c. Membiasakan siswa berperilaku jujur
d. Guru menjelaskan pada siswa membawa alat tulis sendiri
Kunci Jawaban B
29. Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah
A. Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi
B. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik
C. RPP bersumber darisilabus
D. Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan
Kunci Jawaban B
30. Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut...
(1) Kompetensi dasar :Mengenal kegiatan bermusyawarah
(2) Indikator : menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah
(3) Tujuan Pembelajaran : setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan adalah....
A. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
B. Mendorong partisipasi aktif peserta didik
C. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
D. Keterkaitan dan keterpaduan
31. Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sÃntesis, dan evaluasi
C. ingatan, pemahaman, sÃntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, sÃntesis.
Kunci Jawaban B
32. Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sÃntesis
C. ingatan, pemahaman, sÃntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D. ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan,mencipta.
Kunci Jawaban D
33. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah....
A. Role Playing
B. Inquiry
C. Problem Solving
D. Picture and Picture
Kunci Jawaban C
34. Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah proses pembelajaran adalah:
A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
B. Rumusan masalah yang harus didiskusikan
C. Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran
D. Motivasi belajar siswa
Kunci Jawaban B
35. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam....
A. Pencapaian standar kompetensi
B. Pencapaian kompetensi dasar.
C. Pencapaian tujuan pembelajaran
D. Pencapaian standar kelulusan
36. Apa yang paling tepat dilakukan guru, jika seorang peserta didik tidak memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?
A. Menunjuk peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut
B. Memberikan kritik agar peserta didik berusaha menjawab walaupun salah
C. Menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah dipahami peserta didik
D. Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.
Kunci Jawaban A
37. Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus artinya...
A. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional dan spritual peserta didik.
B. Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar dan sistem penilaian.
C. Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
D. Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
Kunci Jawaban C
38. Ciri-ciri kelas yang menggunakan pembelajaran CTL adalah sebagai berikut, kecuali....
A. Sharing dengan teman
B. Guru kreatif
C. Pengalaman nyata
D. Menggunakan satu sumber
Kunci Jawaban D
39. Dalam memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria...
A. Sahih
B. Kebermanfaatan
C. Layak dipelajari
D. Menarik minat
Kunci Jawaban A
40. Bu Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari materi-materi yang dikenal siswa kemudian menuju hal-hal baru dan dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu Rossa mengikuti pola....
A. Kausal
B. Spiral
C. Kronologis
D. inquiri
Demikian beberapa kumpulan contoh soal PPPK Teknis Guru 2023 pdf beserta kunci jawabannya. Salam sukses!
Tag:
soal pppk,
soal pppk guru 2023 pdf,
soal pppk teknis 2023 pdf,
soal pppk 2023 pdf,
bocoran soal pppk teknis 2023,
download kumpulan soal p3k dan jawabannya pdf,
download soal pppk 2023,
soal pppk 2023 guru sd,
soal tes pppk teknis,