Contoh Soal MOOC PPPK 2023 |
CONTOH SOAL MOOC PPPK 2023 - Bagi seorang PPPK yang belum resmi diangkat menjadi ASN diwajibkan untuk mengikuti pelatihan MOOC PPPK, dengan demikian, ia bisa menjadi seorang ASN sesuai dengan keterampilan yang dimilikinya.
Oleh sebab perihal tersebut jugalah yang membuat banyak pegawai PPPK mencari Contoh Soal MOOC PPPK 2023, dengan tujuan mereka dapat mengetahui gambaran soal yang sekiranya muncul dalam ujian.
Sesuai dengan harapan, supaya mereka dapat mendapatkan nilai yang terbaik sesuai dengan sistem penilaian yang telah ditentukan.
Seperti kita ketahui, MOOC PPPK (Massive Open Online Course) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. Untuk Contoh Soal MOOC PPPK 2023 yang bisa dipelajari dan kami sajikan simak dibawah ini:
CONTOH SOAL MOOC PPPK 2023
1. Contoh laporan sebagai bentuk akuntabilitas kinerja dalam lingkup birokrasi yaitu ...
a. Laporan perencanaan instansi
b. Laporan desain tata kelola dan kelembagaan instansi pemerintah
c. Laporan roadmap reformasi birokrasi instansi pemerintah
d. Laporan kinerja instansi pemerintah
Jawaban: d
2. Pergerakan nasional yang memperjuangkan cita-cita Indonesia merdeka melaksanakan dengan taktik kooperasi, artinya ...
a. Menolak kerjasama dengan pemerintah Belanda
b. Melakukan kerjasama dengan pemerintah Belanda
c. Melakukan aksi gerakan politik bawah tanah
d. Mendirikan koperasi untuk memperkuat koperasi Indonesia
Jawaban: b
3. Nasionalisme dapat dipandang sebagai suatu paham kebangsaan yang diwujudkan dalam ...
a. Kesetiaan kepada suku sendiri
b. Kesetiaan kepada orang lain
c. Kesetiaan rakyat kepada negara
d. Kesetiaan kepada diri sendiri
Jawaban: c
4. Salah satu faktor dalam negeri yang mempercepat munculnya nasionalisme Indonesia adalah ...
a. Pengaruh pendidikan Barat
b. Gerakan nasionalisme India
c. Kemenangan Jepang atas Rusia
d. Penderitaan akibat penjajah
Jawaban: d
5. Penderitaan yang dialami rakyat akibat penjajahan Belanda menyebabkan ...
a. Melahirkan politik balas budi penjajah
b. Menyulitkan persatuan bangsa
c. Memengaruhi timbulnya pergerakan nasional
d. Menggugah semangat penjajah.
6. Hal yang diharapkan dari akuntabilitas adalah perilaku aparat sebagai berikut, kecuali ...
a. Bertanggung jawab
b. Oportunis
c. Andil
d. Inovatif
Jawaban: b
7. Tujuan utama dari akuntabilitas adalah ...
a. Untuk meningkatkan citra positif pimpinan
b. untuk memperbaiki kinerja dalam memberikan pelayanan
c. Untuk memenuhi yang dimandatkan peraturan perundang-undang
d. Untuk meminimalisir tuntutan dari masyarakat
Jawaban: b
8. PNS perlu meningkatkan citranya menjadi pelayan masyarakat dengan mengamalkan nilai-nilai akuntabilitas untuk membentuk sikap dan perilaku PNS sebagai berikut, kecuali ...
a. Mengedepankan kepentingan publik
b. Integritas
c. Prinsip imparsial
d. Intoleransi keberagaman
Jawaban: d
9. Alat akuntabilitas birokrasi di Indonesia antara lain sebagai berikut, kecuali ...
a. Perencanaan Strategis
b. Alokasi anggaran
c. Kontrak kinerja
d. Laporan kinerja
Jawaban: b
10. Responsibilitas terbagi menjadi dua aspek, yaitu ...
a. Responsibilitas perseorangan dan stakeholder
b. Responsibilitas dan stakeholder
c. Responsibilitas perseorangan dan institusi
d. Responsibilitas stakeholder dan publik.
11. Salah satu asas kode etik administrasi publik adalah hati nurani memegang peranan penting dalam memilih arah tindakan hal ini memiliki makna sebagai berikut kecuali …
a. memerlukan kesadaran akan makna ganda moral dalam kehidupan
b. pengkajian tentang prioritas nilai
c. tujuan yang baik tidak pernah membenarkan cara tak bermoral atau (good ends never justify immoral means)
d. fokus pada capaian hasil bukan pada proses
Jawaban: d
12. Selama ini instansi pemerintah mengusulkan formasi perekrutan PNS bukan semata-mata berdasarkan kebutuhan. Misalnya guru honorer itu orang dekat yang dimasukkan, hal ini berdampak pada …
a. kita kekurangan orang yang tidak dibutuhkan dan kelebihan orang yang dibutuhkan
b. kita kekurangan orang yang dibutuhkan dan kelebihan orang yang tidak dibutuhkan
c. kita kelebihan orang yang dibutuhkan dan kekurangan orang yang tidak dibutuhkan
d. kita kelebihan orang yang tidak dibutuhkan dan kekurangan orang yang tidak dibutuhkan
Jawaban: b
13. Hal yang mencerminkan nilai keunggulan produk atau jasa yang diberikan kepada pelanggan sesuai dengan kebutuhannya merupakan konsep dari …
a. mutu
b. kreativitas
c. efisien
d. inovatif
Jawaban: a
14. Berikut ini merupakan contoh pelanggaran integritas dan etika publik dalam lingkungan kerja ...
a. menggunakan kendaraan dinas untuk mudik saat hari raya
b. menitip tanda tangan kehadiran kepada rekan kerja
c. menerima hadiah atau cinderamata saat melaksanakan tugas
d. semua jawaban benar
Jawaban: d.
15. Sisi dimensi reflektif dari etika publik berfungsi sebagai ...
a. bantuan dalam menimbang pilihan sarana kebijakan publik dan alat evaluasi
b. jembatan atas norma moral dan tindakan faktual
c. layanan publik yang berkualitas dan relevan
d. membentuk integritas pelayanan publik
16. Kegiatan perbaikan berkelanjutan yang melibatkan setiap orang dalam organisasi melalui usaha yang terintegrasi disebut…
a. total product management
b. total improvement management
c. total quality management
d. total resources management
Jawaban: c
17. Mengembangkan rencana aksi dalam metode PDCA merupakan langkah…
a. plan (perencanaan)
b. do (melaksanakan)
c. check (pemeriksaan)
d. act (melakukan tindakan)
Jawaban: a
18. Berdasarkan undang-undang ASN, kode etik dan kode perilaku ASN yakni sebagai berikut, kecuali…
a. melaksanakan tugasnya sesuai dengan perintah atasan atau pejabat yang berwenang meskipun bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
b. melaksanakan tugasnya dengan jujur, bertanggungjawab dan berintegritas tinggi
c. melayani dengan sikap hormat, sopan dan tanpa tekanan
d. melaksanakan tugasnya dengan cermat dan disiplin
Jawaban: a
19. Manakah dari pernyataan berikut yang bukan merupakan karakteristik nilai dasar orientasi mutu…
a. mengedepankan komitmen terhadap kepuasan costumer/klien
b. beradaptasi dengan perubahan yang terjadi baik berkaitan dengan pergeseran tuntutan kebutuhan customer/klien maupun perkembangan teknologi
c. menggunakan pendekatan ilmiah dan inovatif dalam pemecahan masalah dalam pengambilan keputusan
d. melakukan peningkatan jumlah produksi layanan secara terus-menerus
Jawaban: d
20. Berikut ini termasuk Kode Etik dan nilai dasar Ber-AKHLAK, kecuali …
a. Memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat
b. Melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggungjawab, cermat, disiplin dan berintegritas tinggi
c. Tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan
d. Loyal kepada atasan
21. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk terus memperbaiki mutu layanan dari aparatur penyelenggara pemerintahan (pegawai ASN) kepada publik antara lain, kecuali..
a. memiliki kompetensi yang sesuai dengan bidang pekerjaannya
b. merencanakan target mutu layanan yang akan ditampilkan
c. memahami karakter pelanggan yang akan dialami
d. mengutamakan produktivitas kinerja
Jawaban: d
22. Berikut ini adalah termasuk perilaku Akuntabilitas yang sesuai dengan konteks Core Values ASN ber-AKHLAK?
a. Kemampuan menggunakan kekayaan dan barang milik Negara secara bertanggungjawab, efektif dan efisien
b. Kemampuan melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggungjawab, cekatan, disiplin, dan integritas tinggi
c. Kemampuan menggunakan kewenangan jabatannya dengan fleksibel dan berintegritas tinggi
d. Kemampuan beradaptasi dengan permintaan dan karakter masyarakat Indonesia yang beragam
Jawaban: a
23. Yang manakah diantara panduan perilaku berikut yang merupakan kode etik dari nilai berorientasi pelayanan?
a. Menjaga nama baik sesame ASN, Pimpinan, Instansi dan Negara
b. Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas
c. Cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan
d. Melakukan perubahan tiada henti
Jawaban: d
24. Sebutkan yang bukan merupakan fungsi ASN?
a. Pelaksana kebijakan publik
b. Pelayan publik
c. Pengawas kegiatan publik
d. Perekat dan pemeratu bangsa
Jawaban: a
25. Penyelenggaraan pelayanan publik dilakukan dengan menggunakan fasilitas dan sumber daya manusia yang dibiayai oleh warga Negara melalui pajak yang mereka bayar adalah prinsip …
a. Akuntabel
b. Berkeadilan
c. Aksesibel
d. Efektif
26. Dalam memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat, kedudukan masyarakat dalam konteks tersebut adalah…
a. Masyarakat sebagai wajib pajak
b. Masyarakat sebagai pengawas kinerja pemerintah
c. Masyarakat sebagai elemen adanya Negara
d. Masyarakat sebagai penerima layanan
Jawaban: d
27. Menurut A. Imanto, siklus layanan dimulai pada saat … dan berakhir pada saat …
a. Dimulai pada saat konsumen datang ke loket pelayanan dan berakhir ketika kunsumen pulang
b. Dimulai saat konsumen menemui kendala dan berakhir ketika keluhannya tertangani
c. Dimulai saat konsumen memilih jenis layanan dan berakhir setelah menemui petugas pelayanan
d. Dimulai pada saat konsumen mengadakan kontak pertama kali dengan service selivery system dan berakhir sampai dengan selesai jasa tersebut diberikan
Jawaban: d
28. Pegawai ASN dapat diandalkan dalam memberikan pelayanan dicontohkan dengan?
a. Mampu, akan, dan pasti menyelesaikan tugas yang mereka terima atau pelayanan yang diberikan
b. Mengerjakan apapun yang diminta oleh masyarakat tanpa banyak bertanya
c. Siap sedia 24 jam kapanpun dan dimanapun dibutuhkan oleh masyarakat
d. Komitmen kuat memberikan pelayanan ditandai dengan datang paling pagi dan pulang paling sore
Jawaban: a
29. Undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Layanan Publik menyebutkan 12 asas pelayanan publik, kecuali …
a. Kesamaan hak
b. Kompetitif
c. Keseimbangan hak dan kewajiban
d. Kepastian hukum
Jawaban: b
30. Akuntabilitas merupakan kontrak antara pemerintah dengan aparat birokrasi dan pemerintah yang diwakili oleh ASN dengan masyarakat, salah satu ciri kontrak tersebut adalah …
a. Akuntabilitas adalah kewajiban
b. Akuntabilitas memiliki sifat fleksibel
c. Akuntabilitas adalah interaksi pertukaran sosial dua arah antara yang menuntut dan yang bertanggung jawabnya
d. Akuntabilitas adalah akumulasi
31. Berikut urutan tingkatan akuntabilitas adalah:
a. Personal, individu, keluarga, kelompok, organisasi, stakeholder
b. Personal, individu, kelompok, organisasi, stakeholder
c. Personal, individu, kelompok, organisasi, Negara, stakeholder
d. Personal, individu, kelompok, pimpinan, kelompok, organisasi, pimpinan organisasi, stakeholder
Jawaban: a
32. Pilihlah pernyataan yang paling tepat:
a. Akuntabilitas individu mengacu pada hubungan antara individu satu dan individu lainnya
b. Akuntabilitas individu tidak mempengaruhi akuntabilitas personal
c. Akuntabilitas personal mengacu pada nilai-nilai yang ada pada diri seseorang seperti kejujuran, integritas dan etika.
d. Akuntabilitas keluarga merupakan pondasi dari akuntabilitas kelompok
Jawaban: c
33. Sesuai Permenpan RB Nomor 38 Nomor 38 tahun 2017 tentang Standar Jabatan ASN, bahwa setiap ASN perlu memiliki 3 jenis kompetensi dalam pelaksanaan tugas jabatannya yaitu:
a. Teknis, kepemimpinan dan sosial kultural
b. Tugas, manajerial dan sosial kultural
c. Teknis, manajerial dan sosial kultural
d. Teknis, leadership dan sosial kultural
Jawaban: c
34. Pernyataan dibawah ini ynag menggambarkan perilaku kompeten ASN untuk meningkatkan kompetensi diri yang relevan / tepat:
a. Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah adalah diperlukan untuk jabatan strategis di lingkungan ASN
b. Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah adalah keniscayaan bagi setiap ASN
c. Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah adalah diperlukan jika diisyaratkan dalam tugas jabatannya
d. Semua salah’
Jawaban: b
35. Upaya untuk melakukan kerja terbaik sebagai bagian perilaku kompeten ASN yang sesuai dibawah ini:
a. Melakukan adaptasi terhadap pekerjaan merupakan keharusan
b. Melakukan adaptasi terhadap perubahan lingkungan merupakan keharusan
c. Melakukan adaptasi terhadap orang lain dan melakukan karya terbaik bagi pekerjaanya merupakan keharusan
d. Melakukan adaptasi terhadap perubahan lingkungan dan melakukan karya terbaik bagi pekerjaanya merupakan keharusan
36. Sebagai ASN membiasakan belajarlah hal-hal yang benar-benar baru, dan lakukan secara terus menerus, dalam proses belajar yaitu:
a. Learn
b. Unlearn
c. Relearn
d. Self study
Jawaban: a
37. Berikut pernyataan yang paling sesuai antara lain tentang ASN sebagai profesi:
a. ASN sebagai profesi selayaknya mengelola dan mengembangkan dirinya dan diharapkan mempertanggungjawabkan kinerjanya
b. ASN sebagai profesi memiliki kewajiban mengelola dan mengembangkan dirinya dan mempertanggungjawabkan kinerjanya
c. ASN sebagai profesi memiliki kewajiban mengembangkan dan membina kinerja kolega kerjanya
d. ASN sebagai profesi memiliki kewajiban mengelola dan mengembangkan dirinya dan pegawai lainnya
Jawaban: b
38. ASN pembelajar yang relevan saat ini adalah:
a. Pegawai yang memiliki kemampuan menerappkan kompetensinya ke situasi baru, di dunia yang selalu berubah dan kompleks
b. Pegawai yang selalu berubah sikap dan perilakunya
c. Pegawai yang memiliki kemampuan yang sesuai
d. Semua benar
Jawaban: a
39. Lagu yang paling tepat menggambarkan keanekaragaman bangsa dan budaya Indonesia berikut ini adalah:
a. Kebyar kebyar
b. Bendera Merah Putih
c. Garuda Pancasila
d. Dari Sabang Sampai Merauke
Jawaban: d
40. Berikut ini adalah indikator suasana lingkungan bekerja yang harmonis:
a. Suasana bekerja tidak bahagia
b. Kinerja organisasi rendah
c. Kesempatan belajar dan kontribusi rendah
d. Seluruh ASN suka saling membantu
Demikian artikel mengenai Contoh Soal MOOC PPPK 2023 dilengkapi kunci jawabannya yang bisa dijadikan bahan belajar, semoga berguna dan bermanfaat.()
Tag:
contoh soal mooc pppk 2023,
download soal mooc pppk 2023,
soal mooc pppk 2023 dan kunci jawaban,
soal mooc pppk 2023 paket 1,
soal evaluasi mooc pppk,
soal mooc nilai 100,
soal mooc pppk part 2,
jurnal mooc pppk 2023 pdf,
soal mooc paket 1,