101 Contoh Soal Tes PPPK Semua Formasi dan Kunci Jawaban

soal pppk,  soal tes pppk,  contoh soal tes pppk 2023,  soal pppk 2023 pdf,  download soal pppk 2023,  bocoran soal pppk teknis 2023,  download kumpulan soal p3k dan jawabannya pdf,  soal pppk guru 2023,  soal tes pppk 2023 tenaga teknis,  soal pppk kesehatan 2023,  soal pppk teknis pdf,  soal tes pppk 2023 guru,  soal pppk kesehatan 2023,  soal pppk guru sd 2023,
Contoh Soal Tes PPPK Semua Formasi

SOAL TES PPPK - Halo sahabat PPPK, mungkin tinggal menghitung hari pembukaan pendaftaran PPPK yang diadakan pemerintahan di setiap tahunnya. Oleh sebab demikian, mari berlatih berbagai contoh soal tes pppk sebagai persiapan nanti?

Adapun sejumlah instansi-instansi yang membuka lowongan PPPK dalam tiap tahun, biasanya instansi tersebut sudah menyiapkan berbagai tahapan seleksi dalam pengadaan CASN ini. 

Nah, bagi yang berminat mengikuti seleksi PPPK tahun ini, supaya hasilnya sesuai yang diharapkan, maka bisa mengerjakan/belajar berbagai macam soal-soal tes kompetensi.

Sejumlah contoh soal soal PPPK ini, merupakan salah satu persiapan menuju keberhasilan dalam mengikuti pppk nantinya. Berikut 101 contoh soal tes seleksi PPPK, yuk simak dibawah ini!


101 CONTOH SOAL TES PPPK

1. Pernyataan dibawah ini merupakan beberapa keunggulan dari penilaian berbasis kelas, kecuali....

Siswa tidak sekedar dilatih memilih jawaban yang telah tersedia, tetapi lebih dituntut untuk dapat mengeksplorasi dan memotivasi diri untuk mengarahkan potensi dirinya

a. Pengumpulan informasi tentang siswa dapat dilakukan dengan menggunakan variasi cara dan berkesinambungan

b. Hasil belajar siswa tidak untuk dibandingkan dengan hasil belajar siswa lain ataupun prestasi kelompok, tetapi c. dengan prestasi atau kemampuan yang dimiliki sebelumnya

d. Penilaian dilakukan setelah proses belajar mengajar selesai, sehingga sangat praktis bagi guru

e. Tidak ada jawaban

Jawaban: D


2. Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh ....

a. Santosa S. Hamidjaja

b. Mattew B. Milers

c. Sumantri Mulyani

d. Rabbin

Jawaban: A


3. Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan ....

a. Tahap pengetahuan (kowledge)

b. Tahap bujukan (persuasion)

c. Tahap pengembalian keputusan (decision making)

d. Tahap implementasi (implementation)

e. Tidak ada jawaban

Jawaban: B


4.  Tulisan analisis konseptual terdiri dari ....

a. Judul, abstrak, data, pembahasan, dan referensi

b. judul, abstrak, pendahuluan, diskusi, referensi

c. judul pendahuluan, diskusi, kesimpulan referensi

d. judul, pendahuluan, temuan, pembahasan, referensi

e. tidak ada jawaban benar

Jawaban: B


5. Fanatism daerah yang kurang terkontrol, merupakan salah satu contoh hambatan yang timbul dalam inovasi pendidikan pada bidang ....

a. Cultural Block

b. Mental Block Barries

c. Social Block

d. System Block

e. Social System

Jawaban: C


6. Portofolio sangat tepat digunakan untuk asesmen oleh guru, terutama sekali...

a. Selama pembelajaran berlangsung

b. Ketika akan dimulai pembelajaran

c. pada saat penskoran

d. Jawaban benar semua

e. Jawaban salah semua

Jawaban: D


7. Fungsi utama dari penerapan penilaian portofolio adalah ....

a. mengumpulkan hasil karya siswa

b. meningkatkan rasa saling percaya

c. mengetahui peningkatan kemampuan siswa

d. menilai hasil belajar siswa

e. semua jawaban benar

Jawaban: C


8. Dalam suatu laporan atau artikel hasil penelitian, kontribusi penelitian dapat dilihat dibagian ....

a. pendahuluan

b. metode

c. hasil

d. diskusi

e. semua jawaban benar

Jawaban: D


9. Lima belas menit merupakan .... bagian dari satu jam.

a. 1/2

b. 1/15

c. 1/4

d. 1/60

Jawaban: C


10. Perhatikan hubungan antara makhluk hidup di bawah ini!

(1) Interaksi antara kupu-kupu dengan bunga

(2) Ikan remora dengan ikan hiu

(3) Burung jalak dengan kerbau

(4) Benalu pada tumbuhan inangnya

Hubungan yang menunjukkan simbiosis mutualisme adalah ....

a. 1 dan 2

b. 2 dan 3

c. 2 dan 4

d. 3 dan 4

e. 1 dan 3

Jawaban: E


11. Apakah yang menjadi dasar bagi anda dalam penerimaan siswa?

a. Kemampuan akademik berupa baca dan tulis

b. Umur dan kemampuan mental atau psikologi untuk belajar hal baru

c. Kemampuan sosialisasi dengan teman dan guru

d. IQ dan hasil tes kecerdasan

Jawaban: B


12. Menurut Piaget, anak usia 7-11 tahun berpikir melalui pengalaman empirik kemudian melakukan proses induksi untuk mengeneralisasikan hasil observasinya terhadap obyek. Berdasarkan pendapat Piaget ini, maka untuk anak usia 7-11 tahun ....

a. pembelajaran sains dapat diintegrasikan dengan pelajaran bahasa

b. pembelajaran sains dapat diceramahkan secara rinci

c. pembelajaran sains memerlukan alat peraga

d. pembelajaran sains belum diperlukan

e. Semua jawaban benar

Jawaban: C


13. Fokus asessment yang dilakukan di Sekolah Dasar adalah ....

a. Kemampuan berkomunikasi

b. Kemampuan memecahkan masalah

c. Pengembangan sikap

d. Penekanan pada generalisasi

e. Semua jawaban salah

Jawaban: D


14. Indikator yang digunakan untuk menilai produk yang dihasilkan oleh siswa diantaranya adalah....

a. kerapihan, kesesuaian ukuran, kemenarikan bentuk

b. pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan dalam membuat produk

c. kesesuaian produk dengan kontribusi guru

d. kesesuaian kemampuan siswa dengan produk yang dihasilkan

e. Semua jawaban benar

Jawaban: B


15. Untuk membedakan karya tulis ilmiah dan karya tulis bukan ilmiah, seseorang dapat mengkaji berbagai aspek tulisan. Salah satu aspek yang dapat digunakan sebagai pembeda adalah ....

a. sistematika tulisan

b. panjang tulisan

c. ragam bahasa yang digunakan

d. pengarang

e. ada 3 jawaban benar

Jawaban: A


16. Tipe pertulangan pada tumbuhan monokotil umumnya ....

a. berjajar

b. menyirip

c. melengkung

d. menjari

e. rata

Jawaban: C


17. Kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh faktor alam dapat berupa hal-hal berikut ini, kecuali ....

a. letusan gunung berapi

b. tsunami

c. gempa bumi

d. material yang keluar dari perut bumi

e. ekstensifkasi pertanian

Jawaban: E


18. Sifat yang membedakan antara ampibi dengan reptilia adalah ....

a. respirasinya dengan paru-paru

b. poikilotermis/berdarah dingin

c. kulitnya tidak bersisik

d. telurnya berkulit lunak

e. bernapas dengan insang

Jawaban: C


19. Pernapasan dada terdapat pada hewan yang tergolong ke dalam kelas ....

a. pisces

b. ampibi

c. aves

d. reptilia

e. mammalia

Jawaban: C


20. Perhatikan fase-fase hidup Aurelia berikut :

(1) Medusa

(2) Gamet

(3) Efira

(4) Zygote

(5) Planula

(6) Polip

Urutan fase hidup yang benar adalah ....

a. 1 - 2 - 4 - 3 - 5 - 6

b. 4 - 2 - 1 - 3 - 5 - 6

c. 2 - 3 - 4 - 3 - 5 - 6

d. 6 - 5 - 4 - 2 - 3 - 1

e. 1 - 2 - 4 - 5 - 6 - 3

Jawaban : E


21. Pengamatan terhadap suatu tumbuhan menunjukan ciri berakar tunggang, tidak berbunga sejati, berbiji, berdaun, batang bercabang, bakal biji terdapat pada strpbilus betina dan serbuk sari dalam strobilus jantan, maka tumbuhan ini dapat digolongkan kedalam ....

a. Alga

b. Tallophyta

c. Gymnospermae

d. Mycota

e. Angiospermae

Jawaban: C


22. Daun tumbuhan paku yang berfungsi untuk fotosintesis adalah ....

a. mikrofil

b. makrofil

c. sporofil

d. tropofil

e. gametofit

Jawaban: D


23. Diantara karakteristik berikut yang tidak sesuai dengan ciri kingdom Animalia adalah ....

a. sel penyusun eukariotik

b. multiseluler

c. kemoautotrof

d. sel penyusun tidak berdinding sel

e. tidak berklorofil

Jawaban: C


24. Anggota Molluska ada yang benama Bivalvia, nama ini berdasarkan karakteristik yang dimilikinya, yaitu ....

a. kaki di kepala

b. kaki di perut

c. kaki pipih

d. insang berlapis lapis

e. cangkoknya sepasang

Jawaban: E


25. Suatu tumbuhan memiliki cirri urat daun sejajar, bagian bunga kelipatan tiga, akar dan batang tidak tumbuh membesar. Tumbuhan demikian termasuk ....

a. Gymnospermae

b. Angiospermae

c. Monokotil

d. Dikotil

e. Paku

Jawaban: C


26. Menurut UU No. 25 Tahun 1992, modal koperasi terbagi menjadi dua yaitu modal sendiri dan modal pinjaman. Di bawah ini yang termasuk modal pinjaman adalah ....

a. Simpanan pokok

b. Simpanan wajib

c. Hibah

d. Donasi

e. Simpanan sukarela

Jawaban: E


27. Suatu perusahaan yang didirikan dua orang atau lebih, dengan memakai nama bersama, dan semua risiko sebagai akibat dari kegiatan usaha ditanggung bersama disebut ....

a. Yayasan

b. Koperasi

c. CV

d. Perseroan terbatas

e. Firma

Jawaban: E


28. Manajer harus memiliki kemampuan membuat dan menjabarkan konsep dan tujuan perusahaan secara jelas kepada stafnya. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan konsep tersebut sulit dipahami stafnya. Jika organisasi mengalami permasalahan tersebut, langkah yang sebaiknya dilakukan manajer adalah ....

a. Mencari personel Manajemen puncak yang lebih berkualitas untuk menggantikan stafnya

b. Meminta staf untuk menyusun dan menjabarkan konsep serta tujuan perusahaan sesuai kemampuannya

c. Membentuk staf khusus yang lebih ahli untuk menyusun konsep serta tujuan perusahaan

d. Menyusun ulang konsep dan tujuan perusahaan dengan bahasa yang sederhana dan memberi arahan secara detail

e. Mengubah konsep dan ttujuan perusahaan agar sesuai dengan pemahaman dan kemampuan staf

Jawaban: D


29. Analisis perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian atas program yang dirancang dimaksudkan untuk menciptakan, membentuk, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan sasaran akhir pembeli. Pernyataan di atas merupakan pengertian ....

a. Manajemen produksi

b. Manajemen keuangan

c. Manajemen pemasaran

d. Manajemen personalia

e. Manajemen administrasi

Jawaban: C


30. Besarnya keuntungan (SHU) yang dibagikan kepada anggota koperasi adalah....

a. Sama rata bagi semua anggota

b. Sesuai dengan jasa masing-masing anggota

c. Menurut kebijakan pengurus

d. Sesuai dengan persentase yang telah ditetapkan

e. Sesuai dengan ketentuan undang-undang

Jawaban: B


31. Pengembangan keterampilan dan pengetahuan berkoperasi bagi siswa untuk mengenal kehidupan berorganisasi dan manajemen adalah ....

a. Prinsip koperasi sekolah

b. Tujuan koperasi sekolah

c. Bentuk koperasi sekolah

d. Tugas koperasi sekolah

e. Misi koperasi sekolah

Jawaban: A


32. Perhatikan beberapa hal terkait perangkat organisasi koperasi.

(1) Menetapkan anggaran dasar

(2) Memilih pengurus koperasi

(3) Menjalankan usaha koperasi

(4) Menyelenggarakan rapat anggota

(5) Menetapkan pembagian SHU.

Dari pernyataan tersebut yang merupakan wewenang rapat anggota adalah ....

a. 1), 2), dan 3)

b. 1), 2), dan 5)

c. 1), 3), dan 4)

d. 1), 3), dan 5)

e. 3), 4), dan 5)

Jawaban: B


33. Lembaga keuangan bukan bank yang menyediakan pinjaman dengan jaminan harga bergerak adalah....

a. Asuransi

b. Pegadaian

c. Bursa efek

d. Sewa guna

e. Koperasi kredit

Jawaban: B


34. Berikut adalah lembaga-lembaga yang terkait dengan pasar modal sebagai berikut :

(1) Biro Administrasi Efek (BAE)

(2) Bank Kustodian

(3) Wali Amanat

(4) Penasehat Investasi

(5) Pemeringkat Efek (Rating Agences)

Lembaga penunjang pasar modal ditunjukkan oleh nomor ....

a. 1), 2), dan 3)

b. 1), 3), dan 4)

c. 2), 3), dan 4)

d. 3), 4), dan 5)

e. Semua benar

Jawaban: A


35. Perhatikan dengan cermat alat pembayaran berikut.

(1) Surat berharga

(2) Cek

(3) Kartu debet

(4) Uang kartal

(5) Bilyet giro

Yang termasuk kategori alat pembayaran non tunai adalah nomor ....

a. 1), 2), dan 3)

b. 1), 2), dan 5)

c. 2), 3), dan 4)

d. 2), 3), dan 5)

e. 3), 4), dan 5)

Jawaban: D


36. Program aplikasi yang digunakan untuk membuat bentuk pengolah kata adalah ....

a. macromedia flash

b. paint

c. microsoft word

d. photoshop

e. pagemaker

Jawaban: C


37. Orang yang mengendalikan data pada sebuah sistem program komputer disebut dengan ....

a. admin

b. operator

c. analisis

d. programmer

e. projecter

Jawaban: D


38. Media penyimpanan optis yang benar adalah ....

a. keping CD

b. hardisk

c. flashdisk

d. software

e. brainware

Jawaban: A


39. Jarak yang baik untuk bekerja dengan komputer pada jarak pandang yang benar adalah ....

a. 20 cm

b. 30 cm

c. 40 cm

 d. 50 cm

e. 100 cm

Jawaban: D


40. LAN adalah kepanjangan dari ....

a. Local area network

b. Local area netting

c. Local asean network

d. Location area network

e. Local area networking

Jawaban: A


41. Tempat yang digunakan untuk menyimpan file yang sejenis disebut ....

a. explorer

b. drive

c. folder

d. dokumen

e. desktop

Jawaban: C


42. Proses hidupnya komputer disebut ....

a. loading

b. booting

c. printing

d. browsing

e. starting

Jawaban: B


43. Alat yang digunakan untuk membaca CD/DVD disebut ....

a. plotter

b. voice recognition

c. phometric

d. CPU

e. CD/DVD ROM

Jawaban: E


44. Kepanjangan yang benar dari bit adalah ....

a. trinery digit

b. binary digit

c. byte per second

d. brainware inteligence

e. dwinery digital

Jawaban: B


45. Perangkat keras yang digunakan untuk mencetak data hasil pemrosesan komputer disebut ....

a. monitor

b. printer

c. RAM

d. hardisk

e. speaker

Jawaban: B


46. Orang yang membuat program komputer disebut dengan ....

a. admin

b. operator

c. analisis

d. programmer

e. projecter

Jawaban: D


47. Dalam suatu jaringan, komputer yang dipakai untuk mengendalikan client dan merupakan pusat informasi dinamakan komputer ....

a. server

b. workstation

c. pusat

d. terpadu

e. sentral

Jawaban: A


48. Jenis jaringan yang digunakan untuk melakukan komunikasi antarkomputer di beberapa benua disebut ....

a. LAN

b. MAN

c. GAN

d. WAN

e. BAN

Jawaban: D


49. Alat pada CPU yang dapat digunakan untuk memperbanyak data pada CD disebut ....

a. CD room

b. CD writer

c. compact disk

d. scanner

e. VCD

Jawaban: A


50. Orang yang menggunakan komputer disebut ....

a. brainware

b. hardware

c. software

d. scanner

e. scandisk

Jawaban: A


51. Berikut ini bukan termasuk software adalah ....

a. pascal

b. cobol

c. microsoft word

d. cd room

e. microsoft excel

Jawaban: D


52. Yang termasuk dalam program SpreadSheet adalah ....

a. Quatro

b. Word Perfect

c. Chiwriter

d. Microsoft Word

e. Word Star

Jawaban: A


53. Perangkat lunak yang ditujukan untuk melengkapi kinerja sistem operasi dan meningkatkan kinerja komputer adalah ....

a. sistem operasi

b. bahasa pemograman

c. program utility

d. middle level language

e. high level language

Jawaban: C


54. Di bawah ini yang bukan bahasa pemograman adalah ....

a. Pascal

b. C++

c. Java

d. Freehand

e. Foxpro

Jawaban: D


55. Selain dengan mengklik tanda silang disudut kanan atas, untuk menutup jendela yang aktif, anda dapat juga menekan tombol ....

a. file – print

b. file – save

c. file – close

d. file – exit word

e. file – new

Jawaban: C


56. Besaran-besaran berikut yang termasuk besaran pokok yaitu ....

a. Panjang, kuat penerangan, suhu

b. Panjang, energi, waktu

c. Massa, jumlah zat, kuat arus listrik

d. Massa, luas, jumlah zat

e. Berat, waktu, suhu

Jawaban: C


57. Proses berfikir untuk memecahkan masalah secara sistematis, empiris, dan terkontrol disebut....

a. metode berfikir

b. metode ilmiah

c. ilmu sains

d. metode empiris

e. konsep fisika

Jawaban: B


58. Kecepatan sebuah benda yang bergerak selaras sederhana adalah ....

a. terbesar pada saat simpangan terbesar

b. tetap besarnya

c. terbesar pada saat simpangan terkecil

d. tidak tergantung pada frekuensi getaran

e. tidak tergantung pada periode getaran

Jawaban: C


59. Sebuah benda yang diikat dengan seutas benang hanya dapat berayun dengan simpangan kecil. Supaya periode ayunanya bertambah besar, maka ....

(1) ayunannya diberi simpangan awal yang lebih besar

(2) massa bendanya ditambah

(3) ayunan diberi kecepatan awal

(4) benang penggantungnya di perpanjang

Pilihan yang benar adalah ....

a. (1) dan (2)

b. (1) dan (3)

c. (2) dan (4)

d. (1), (2) dan (3)

e. (1), (2), (3) dan (4)

Jawaban: C


60. Pada tumbukan lenting sempurna berlaku hukum kekekalan ....

a. Momentum dan energi kinetik

b. Momentum dan energi potensial

c. Energi kinetik

d. Energi potensial

e. Momentum

Jawaban: A


61. Jika sebuah benda di permukaan bumi dipindahkan ke planet Mars, maka yang tidak mengalami perubahan adalah ....

a. Berat benda

b. Massa benda

c. Massa dan berat benda

d. Potensi grafitasi pada benda

e. Energi potensial

Jawaban: B


62. Bila resultan gaya yang bekerja pada suatu benda sama dengan nol, maka pernyataan berikut yang benar adalah ....

a. Kecepatan selalu tetap meski waktunya berubah-ubah

b. Percepatannya selalu tetap meski waktunya berubah-ubah

c. Kecepatannya selalu berubah-ubah meski waktunya tetap

d. Percepatannya selalu berubah-ubah meski waktunya tetap

e. Percepatannya selalu tetap meski kecepatannya berubah-ubah

Jawaban: A


63. Perhatikan fungsi hutan berikut.

(1) Menyerap air

(2) Menghasilkan oksigen

(3) Menangkap polutan udara

(4) Menyerap karbondioksida

Fungsi hutan yang dapat mengurangi dampak pemanasan global ditunjukkan oleh nomor ....

a. 1, 2 dan 3

b. 1 dan 3

c. 2 dan 4

d. 3 dan 4

e. 4

Jawaban: C


64. Gas rumah kaca yang dihasilkan dari kegiatan pembusukan sampah organik adalah ....

a. Uap air

b. Metana

c. Karbondioksida

d. Sulfur oksida

e. Nitrogen oksida

Jawaban : C


65. Dalam pendingin AC dan kulkas terdapat senyawa yang merupakan polutan di udara. Jika senyawa itu terlepas di udara maka dapat mengakibatkan ....

a. Emisi karbon

b. Hujan asam

c. Pemanasan global

d. Efek rumah kaca

e. Menipisnya ozon

Jawaban: E


66. Sebuah gelombang tranversal mempunyai periode 4 sekon. Jika jarak antara dua buah titik berurutan yang sama fasenya 8 cm, besarnya cepat rambat gelombang adalah ....

a. 1 cm/s

b. 2 cm/s

c. 3 cm/s

d. 4 cm/s

e. 5 cm/s

Jawaban: B


67. Pak Dedi menemukan kasus kesulitan belajar yang dialami oleh siswanya ternyata disebabkan cara belajar yang salah. Langkah yang paling tepat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut adalah....

a. Berikan kesempatan kepada siswa bersangkutan untuk mendikusikan aspirasinya secara rasional.

b. Tunjukkan akibat atau dampak cara belajar yang salah terhadap prestasi belajar

c. Ciptakan iklim sosial yang sehat antar guru dengan siswa di dalam kelas.

d. Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar.

e. Ciptakan suasana yang kondusif sehingga tercipta kreatifitas siswa.

Jawaban: B


68. Agar peserta didik dapat mengembangkan potensi sesuai bakat dan minat, maka sekolah dalam memfasilitasi pengembangan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan tersebut harus memiliki fungsi ....

a. Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif dan religius.

b. Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif-kreatif, prestasi

c. Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif-kreatif, prestasi dan ekonomis.

d. Prestasi, rekreatif –kreatif, edukatif, dan produktif.

e. Prestasi, pengembangan, edukatif, dan ekonomis.

Jawaban: B


69. Agar potensi peserta didik dapat berkembang secara optimal, maka dalam kegiatan pengembangan diri dapat difasilitasi melalui Bimbingan Konseling dan Kegiatan Ekstrakurikuler.

Dalam KTSP kegiatan pengembangan diri yang diampu melalui Bimbingan Konseling meliputi 4 hal ialah :

a. Layanan pribadi, sosial, belajar dan intelegensi.

b. Layanan pribadi, sosial, karir dan intelegensi.

c. Layanan pribadi, sosial, karir dan belajar

d. Layanan pribadi, sosial, intelegensi dan belajar.

e. Layanan sosial, karir,intelegensi dan belajar.

Jawaban: C


70. Guru profesional dituntut memahami karakteristik peserta didiknya agar dapat mencapai hasil yang optimal. Hal ini merupakan implementasi dari:

a. Kompetensi Kepribadian

b. Kompetensi Profesinal

c. Kompetensi Pardagogik

d. Kompetensi Sosial

e. Kompetensi Akademik

Jawaban: C 


71. Perhatikan pernyataan berikut :

(1) Faktor –faktor situasi yang tidak kondusif yang dialami siswa

(2) Kapasitas belajar (tingkat kecerdasan ) umum terbatas/rendah

(3) Kapasitas belajar (bakat) khusus tak sesuai dalam bidang tertentu.

(4) Populasi siswa di dalam kelas terlalu besar.

Pernyataan di atas yang merupakan faktor penyebab kesulitan belajar yang bersumber dari dalam diri siswa adalah pernyataan....

a. 1 dan 2

b. 1 dan 3

c. 2 dan 3

d. 3 dan 4

e. 4 dan 2

Jawaban: C


72. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut :

1. Hindari saran dan pernyataan negatif yang dapat melemahkan semangat belajar siswa.

2. Ciptakan situasi kompetitif antar sesama siswa secara sehat.

3. Jatuhkan hukuman dan sanksi yang berat atas kelalaian dan ketidaktaatan siswa yang melanggar.

4. Berikan penghargaan yang tulus terhadap peringkat kelas.

Dari pernyataan tersebut di atas yang dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa yang memiliki motivasi dan minat belajar rendah, adalah pernyataan:

a. 1 dan 2

b. 1 dan 3

c. 2 dan 3

d. 3 dan 4

e. 1 dan 4

Jawaban: A


73. Manakah diantara pernyataan berikut yang TIDAK SESUAI dengan model konstruktivis dalam mengajar?

a. Menyiapkan benda-benda nyata untuk dimanfaatkan siswa belajar.

b. Mengajarkan siswa untuk saling berinteraksi.

c. Membiasakan siswa berpikir dengan cara mereka sendiri.

d. Memberi tugas siswa untuk menghafal konsep tertentu.

e. Menjelaskan suatu konsep secara detail.

Jawaban: D


74. Pada setiap awal tahun pelajaran setiap guru membuat peta Kompetensi Dasar untuk menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran.Dalam menentukan ketuntasan minimal setiap KD harus memperhatikan Intake Siswa.

Pernyataan berikut yang BUKAN faktor utama untuk menentukan Intake siswa adalah .......

a. Data hasil seleksi Penerimaan Siswa Baru.

b. Nilai rapor kelas sebelumnya.

c. Tes seleksi masuk atau hasil tes psikologis.

d. Nilai ujian Nasional bagi jenjang SMP.

e. Data pengelompokan sosial ekonomi orang tua

Jawaban: E


75. Salah satu kegiatan guru untuk mengetahui tingkatan penguasaan kompetensi prasyarat peserta didik adalah .....

a. Melatih siswa mengerjakan soal ujian nasional.

b. Mengidentifikasi siswa yang mampu berbahasa Inggris.

c. Melakukan kegiatan pre test

d. Melakukan post test.

e. Melakukan ulangan harian dadakan atau spontanitas.

Jawaban: C


76. Pembelajaran bermakna memerlukan usaha yang sungguh-sungguh dari siswa untuk menghubungkan konsep baru dengan konsep relevan yang telah dimiliki sebelumnya. Usaha guru untuk mengetahui konsep awal yang dimiliki siswa adalah dengan . . .

a. siklus belajar

b. peta konsep

c. pembelajaran konsep

d. struktur kognitif

e. pemrosesan informasI

Jawaban: B


77. Dalam mengembangkan indikator hendaknya :

a. Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi

b. Adanya keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran;

c. Adanya keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antarmata pelajaran.

d. Sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi

e. Memperhatikan rujukan, objek, dan/atau alat/bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran.

Jawaban : D


78. Pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia kerja.

Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :

a. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni 

b. Relevan dengan kebutuhan kehidupan

c. Menyeluruh dan berkesinambungan

d. Beragam dan terpadu

e. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya

Jawaban: B


79. Dalam menentukan materi pokok (lesson content) hendaknya mencakup sebagai berikut :

a. Berisikan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap atau fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang harus dipelajari siswa dalam rangka menguasi standar kompetensi dan kompetensi dasar.

b. Berisi garis besar model, pendekatan, strategi, metode, atau teknik pembelajaran yang digunakan yang memungkinkan siswa aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran, termotivasi, menaruh minat, tertantang untuk menemukan sendiri pengetahuan, pengalaman, dan ketrampilan yang harus dikuasai.

c. Berisi bagaimana proses dan hasil belajar akan dievaluasi atau dinilai.

d. Berisi alokasi waktu yang diperlukan untuk mempelajari setiap standar kompetensi.

e. Berisi bahan rujukan (literature) dan sumber belajar lainnya.

Jawaban: A


80. Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang menunjang pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar hendaknya mempertimbangkan berikut ini, KECUALI

a. Potensi peserta didik;

b. Tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual peserta didik ;

c. Kebermanfaatan bagi pendidik/guru;

d. Aktualitas, kedalaman dan keluasan materi pembelajaran;

e. Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan, khususnya dunia kerja;

Jawaban: C


81. Dalam mengembangkan penilaian hendaknya memperhatikan prinsip berikut ini, KECUALI ..

a. Memandang penilaian dan kegiatan pembelajaran secara terpadu, sehingga penilaian berjalan bersama dengan proses pembelajaran

b. Mengembangkan tugas penilaian yang bermakna, terkait langsung dengan kehidpan nyata

c. Mengembangkan berbagai strategi yg mendorong dan memperkuat penilaian sebagai cermin diri

d. melakukan berbagai strategi penilaian di dalam program pembelelajaran untuk menyediakan berbagai jenis informasi tentang hasil belajar

e. Melakukan penilaian kelas secara acak terhadap SK dan KD

Jawaban: E


82. Menerapkan suatu prinsip (applying a principle), membuat model (model building), mengevaluasi (evaluating) , merencanakan (planning), memperhitungkan / meramalkan kemungkinan (extrapolating), meramalkan (predicting), menduga / mengemukan pendapat / mengambil kesimpulan (inferring) temasuk Klasifikasi Kata Kerja Operasional Sesuai dengan Tingkat Berpikir

a. Berhubungan dengan mencari keterangan (dealing with retrieval)

b. Memproses (processing):

c. Menerapkan dan Mengevaluasi 

d. Perilaku yang Kreatif

e. Perilaku-perilaku Kompleks, Masuk Akal, dan bisa mengambil /pertimbangan /keputusan (complex, logical, judgmental behaviors)

Jawaban: C


83. Merumuskan tujuan pembelajaran dilakukan

a. Setelah menentukan SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan yang terdapat pada silabus yang telah disusun

b. Setelah mengidentifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok/ pembelajaran yang terdapat dalam silabus.

c. Setelah menentukan metode pembela-jaran yang akan digunakan

d. Setelah merumuskan langkah-langkah pembelajaran yang terdiri dari kegiatan awal, inti, dan akhir.

e. Setelah menentukan alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan

Jawaban: A


84. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung-jawab.

Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :

a. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni 

b. Relevan dengan kebutuhan kehidupan

c. Menyeluruh dan berkesinambungan 

d. Beragam dan terpadu

e. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya

Jawaban: E


85.. Dalam menentukan tujuan khusus pembelajaran hendaknya memperhatikan berikut ini, KECUALI:

a. Tujuan khusus pembelajaran (objective) yang relevan dengan standar kompetensi/kompetensi dasar.

b. Tujuan khusus pembelajaran berisikan perumusan tentang pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang diharapkan dikuasai siswa setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran( learner oriented).

c. Tujuan khusus pembelajaran bisa menyangkut aspek kognitif, psikomotorik, maupun afektif.

d. Dalam merumuskan tujuan khusus pembelajaran perlu digunakan kata-kata yang operasional yaitu kata-kata yang teramati dan terukur (observable and measurable).

e. Menentukan rincian materi (fakta, konsep, prinsip, prosedur) yang relevan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.

Jawaban: D


86. Mengsintesisikan (synthesize), mengelompokkan (group), menjelaskan (explain), mengorganisasikan (organize), meneliti /melakukan eksperimen (experiment), membuat analog (make analogies), mengurutkan (sequence) temasuk Klasifikasi Kata Kerja Operasional Sesuai dengan Tingkat Berpikir

a. Berhubungan dengan mencari keterangan (dealing with retrieval)

b. Memproses (processing):

c. Menerapkan dan Mengevaluasi 

d. Perilaku yang Kreatif

e. Perilaku-perilaku Kompleks, Masuk Akal, dan bisa mengambil /pertimbangan /keputusan (complex, logical, judgmental behaviors)

Jawaban: B


SOAL PPPK TES WAWANCARA

87.  Apa yang Anda lakukan saat Anda merasa buntu dalam menghadapi suatu masalah?

a. Istirahat sejenak dan menenangkan pikiran

b. Meminta masukan dari rekan kerja atau komunitas yang sebidang dengan saya

c. Melupakannya dan mengerjakan pekerjaan lainnya

d. Membayar rekan kerja untuk menyelesaikannya

Jawaban: B


88. Apa kekurangan Anda?

a. Mengutamakan kebahagiaan orang lain dibanding diri sendiri

b. Tidak suka bekerja kelompok

c. Emosional

d. Terlalu banyak kelebihan

Jawaban: A


89. Apakah Anda mudah memaafkan dan melupakan kesalahan orang lain?

a. Memaafkannya, karena saya juga mungkin pernah mengecewakan orang lain

b. Memaafkannya namun saya sulit melupakannya

c. Saya tidak dendam, namun tidak akan pernah mau berteman lagi dengannya

d. Tentu tidak, saya akan mencari kesempatan untuk membalaskan dendam

Jawaban: A


90. Bagaimana respon Anda jika atasan Anda lebih muda dari Anda?

a. Tidak mau disuruh olehnya

b. Biasa saja dan bekerja seperti biasa

c. Memanggilnya dengan Namanya

d. Tetap menghormati dan menghargainya sebagai pimpinan

Jawaban: D


91. Bila atasan Anda menginginkan loyalitas diprioritaskan namun bertentangan dengan sikap profesionalisme, apa yang akan Anda lakukan?

a. Mengerjakan apa yang dilakukan atasan, karena saya takut dipindahkan ke daerah terpencil

b. Mencoba untuk meyakinkan atasan bahwa hal tersebut bukanlah hal yang baik

c. Lakukan saja apa yang diminta atasan, karena atasan adalah role model bawahannya

d. Jika hal yang diminta atasan tidak terlalu berdampak besar, lakukan saja permintaannya

Jawaban: B


92. Apa hal yang akan Anda lakukan pada hari pertama kerja sebagai ASN nantinya?

a. Berkenalan dengan senior dan meminta bimbingan seputar pekerjaan

b. Diam saja dan menunggu diberi pekerjaan

c. Mempelajari SOP pada bidang pekerjaan saya

d. Mengelilingi kantor dan mengenal seluruh ruangan dan fasilitas yang ada di kantor

Jawaban: A


93. Kesalahan terbesar apa yang pernah Anda lakukan?

a. Saya belum kaya hingga saat ini

b. Saya pernah tidak membayar gorengan di sekolah

c. Saya tidak pernah melakukan kesalahan

d. Saya tidak mempersiapkan lebih awal untuk menghadapi seleksi ini

Jawaban: D


94. Bagaimana pendapat Anda mengenai kekayaan?

a. Terkadang, kekayaan akan memudahkan kita dalam melakukan sesuatu

b. Dengan kekayaan, kita bisa melakukan segalanya yang kita inginkan, apapun itu

c. Kekayaan merupakan bentuk nyata dari hasil perjuangan dan sebagai sarana untuk berbagi dengan orang lain

d. Kekayaan adalah tujuan akhir hidup dan harus menjadi fokus utama

Jawaban: C


95. Apakah Anda bersedia mengikuti perkembangan teknologi untuk mendukung pekerjaan Anda nantinya?

a. Saya menunggu rekan kerja saya menguasainya terlebih dahulu, lalu saya akan minta diajarkan

b. Tidak, saya akan berusaha menggunakan cara konvensional sebaik mungkin yang saya bisa

c. Saya akan bersedia belajar walaupun akan butuh waktu lebih lama bagi saya untuk menguasainya

d. Saya akan meminta untuk dipindahkan pada divisi yang tidak berhubungan langsung dengan teknologi

Jawaban: C


96. Jika Anda ditugaskan untuk mengerjakan suatu pekerjaan rutin harian, apa tindakan yang akan Anda lakukan?

a. Saya akan mencari cara-cara efisien dan efektif supaya lebih mudah dan lebih cepat menyelesaikannya

b. Dalam kurun waktu tertentu, saya akan minta pada atasan untuk diberikan jenis pekerjaan yang lain

c. Saya pasti bosan dan jenuh lalu mulai mencari pekerjaan diluar kantor

d. Menyelesaikannya dari pagi sampai menunggu jam pulang kantor

Jawaban: A


97. Apa yang Anda ketahui tentang lembaga yang Anda lamar ini?

a. Saya masih belum mencaritahunya

b. Saya sudah mengetahui kode etik dan perilaku pada lembaga ini

c. Saya kenal dengan beberapa pimpinan lembaga ini

d. Lembaga ini bekerja di bidang A, dimana salah satu posisi yang dibutuhkan sesuai dengan pengalaman dan kemampuan yang saya miliki

Jawaban: D


98. Jika Anda diterima sebagai ASN, Anda akan bekerja keras atau bekerja cerdas?

a. Saya lebih terbiasa bekerja sesuai dengan standar

b. Ada kalanya suatu pekerjaan hanya bisa dilakukan dengan bekerja keras atau bekerja cerdas

c. Saya selalu terbiasa untuk bekerja keras dengan cerdas

d. Tergantung rekan-rekan kerja saya bekerja dengan cara seperti apa

Jawaban: C


99. Apa yang dapat Anda berikan kepada kami yang tidak dapat diberikan oleh orang lain?

a. Saya akan tetap bekerja walaupun gajinya kecil

b. Saya jujur dan dapat dipercaya

c. Saya disiplin dan pekerja keras

d. Saya tidak pernah melawan perintah atasan

Jawaban: B


100. Berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk memberikan kontribusi berarti untuk negara ini?

a. Setelah saya mengetahui proses bisnis bidang yang saya kerjakan

b. Jika saya naik jabatan, saya akan bekerja dengan lebih baik lagi

c. Saya tidak dapat menjamin waktunya, namun saya akan selalu memberikan hal terbaik yang bisa saya lakukan

d. Jika rekan kerja saya bekerja dengan baik, maka saya juga akan bekerja lebih baik

Jawaban: C


101. Bagaimana pengalaman Anda dari awal mengikuti tes CPNS/PPPK ini?

a. Banyak orang yang begitu antusias untuk bisa lulus seleksi ini, hal itu mendorong saya untuk juga memberikan yang terbaik

b. Peserta lainnya terlihat lebih percaya diri, saya merasa tidak akan bisa bersaing dengan mereka

c. Saya bertemu dengan orang-orang baru dari seleksi awal seleksi dan beberapa diantaranya menjadi teman saya

d. Ternyata ujian tertulis tidak semudah yang saya bayangkan, andaikan dulu saya mulai belajar lebih awal, pasti hasilnya lebih baik

Jawaban: A


Demikian postingan mengenai Kumpulan 101 Contoh Soal Tes PPPK Terbaru! semoga berguna dan bermanfaat. Salam Sukses***


Tag:

soal pppk,

soal tes pppk,

contoh soal tes pppk 2023,

soal pppk 2023 pdf,

download soal pppk 2023,

bocoran soal pppk teknis 2023,

download kumpulan soal p3k dan jawabannya pdf,

soal pppk guru 2023,

soal tes pppk 2023 tenaga teknis,

soal pppk kesehatan 2023,

soal pppk teknis pdf,

soal tes pppk 2023 guru,

soal pppk kesehatan 2023,

soal pppk guru sd 2023,