Soal Mooc PPPK 2023 Terbaru dan Jawaban |
Soal Mooc PPPK 2023 Terbaru dan Jawaban - Soal dan jawaban mooc (massive open online course) pppk tahun 2023 akan kami bagikan beberapa contohnya disini.
Bapak dan Ibu diharapkan meningkatkan latihan belajar soal evaluasi akademik mooc latsar cpns/pppk 2023 salah bagi mereka yang mengincar formasi pppk di tahun ini.
Soal evaluasi dan jawaban akademik massive open online course (mooc) pppk tahun 2023 akan kami bagikan untuk menambah pengetahuan dan wawasan baru.
Bagi pppk yang hendak mengerjakan soal mooc pppk 2023, persiapkan diri dengan mengerjakan contoh soal mooc pppk postingan berikut.
Di bawah ini kami sajikan berbagai kumpulan contoh soal mooc pppk 2023 yang juga dilengkapi dengan jawabannya.
Adapun jawaban soal mooc pppk disajikan sebagai referensi atau bahan untuk melakukan evaluasi dalam proses belajar mempersiapkan mooc pppk.
Berikut ini adalah kumpulan soal mooc pppk lengkap kunci jawaban:
1. Berikut ini termasuk Kode Etik dan nilai dasar Ber-AKHLAK, kecuali …
a. Memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat
b. Melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggungjawab, cermat, disiplin dan berintegritas tinggi
c. Tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan
d. Loyal kepada atasan
Jawaban: D
2. Berikut ini adalah termasuk perilaku Akuntabilitas yang sesuai dengan konteks Core Values ASN ber-AKHLAK?
a. Kemampuan menggunakan kekayaan dan barang milik Negara secara bertanggungjawab, efektif dan efisien
b. Kemampuan melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggungjawab, cekatan, disiplin, dan integritas tinggi
c. Kemampuan menggunakan kewenangan jabatannya dengan fleksibel dan berintegritas tinggi
d. Kemampuan beradaptasi dengan permintaan dan karakter masyarakat Indonesia yang beragam
Jawaban: A
3. Yang manakah diantara panduan perilaku berikut yang merupakan kode etik dari nilai berorientasi pelayanan?
a. Menjaga nama baik sesame ASN, Pimpinan, Instansi dan Negara
b. Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas
c. Cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan
d. Melakukan perubahan tiada henti
Jawaban: D
4. Sebutkan yang bukan merupakan fungsi ASN?
a. Pelaksana kebijakan publik
b. Pelayan publik
c. Pengawas kegiatan publik
d. Perekat dan pemeratu bangsa
Jawaban: A
5. Penyelenggaraan pelayanan publik dilakukan dengan menggunakan fasilitas dan sumber daya manusia yang dibiayai oleh warga Negara melalui pajak yang mereka bayar adalah prinsip …
a. Akuntabel
b. Berkeadilan
c. Aksesibel
d. Efektif
6. Dalam memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat, kedudukan masyarakat dalam konteks tersebut adalah …
a. Masyarakat sebagai wajib pajak
b. Masyarakat sebagai pengawas kinerja pemerintah
c. Masyarakat sebagai elemen adanya Negara
d. Masyarakat sebagai penerima layanan
Jawaban: D
7. Menurut A. Imanto, siklus layanan dimulai pada saat … dan berakhir pada saat …
a. Dimulai pada saat konsumen datang ke loket pelayanan dan berakhir ketika kunsumen pulang
b. Dimulai saat konsumen menemui kendala dan berakhir ketika keluhannya tertangani
c. Dimulai saat konsumen memilih jenis layanan dan berakhir setelah menemui petugas pelayanan
d. Dimulai pada saat konsumen mengadakan kontak pertama kali dengan service selivery system dan berakhir sampai dengan selesai jasa tersebut diberikan
Jawaban: D
8. Pegawai ASN dapat diandalkan dalam memberikan pelayanan dicontohkan dengan?
a. Mampu, akan, dan pasti menyelesaikan tugas yang mereka terima atau pelayanan yang diberikan
b. Mengerjakan apapun yang diminta oleh masyarakat tanpa banyak bertanya
c. Siap sedia 24 jam kapanpun dan dimanapun dibutuhkan oleh masyarakat
d. Komitmen kuat memberikan pelayanan ditandai dengan datang paling pagi dan pulang paling sore
Jawaban: A
9. Undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Layanan Publik menyebutkan 12 asas pelayanan publik, kecuali …
a. Kesamaan hak
b. Kompetitif
c. Keseimbangan hak dan kewajiban
d. Kepastian hukum
Jawaban: B
10. Akuntabilitas merupakan kontrak antara pemerintah dengan aparat birokrasi dan pemerintah yang diwakili oleh ASN dengan masyarakat, salah satu ciri kontrak tersebut adalah …
a. Akuntabilitas adalah kewajiban
b. Akuntabilitas memiliki sifat fleksibel
c. Akuntabilitas adalah interaksi pertukaran sosial dua arah antara yang menuntut dan yang bertanggung jawabnya
d. Akuntabilitas adalah akumulasi
11. Berikut urutan tingkatan akuntabilitas adalah:
a. Personal, individu, keluarga, kelompok, organisasi, stakeholder
b. Personal, individu, kelompok, organisasi, stakeholder
c. Personal, individu, kelompok, organisasi, Negara, stakeholder
d. Personal, individu, kelompok, pimpinan, kelompok, organisasi, pimpinan organisasi, stakeholder
Jawaban: A
12. Pilihlah pernyataan yang paling tepat:
a. Akuntabilitas individu mengacu pada hubungan antara individu satu dan individu lainnya
b. Akuntabilitas individu tidak mempengaruhi akuntabilitas personal
c. Akuntabilitas personal mengacu pada nilai-nilai yang ada pada diri seseorang seperti kejujuran, integritas dan etika.
d. Akuntabilitas keluarga merupakan pondasi dari akuntabilitas kelompok
Jawaban: C
13.Sesuai Permenpan RB Nomor 38 Nomor 38 tahun 2017 tentang Standar Jabatan ASN, bahwa setiap ASN perlu memiliki 3 jenis kompetensi dalam pelaksanaan tugas jabatannya yaitu:
a. Teknis, kepemimpinan dan sosial kultural
b. Tugas, manajerial dan sosial kultural
c. Teknis, manajerial dan sosial kultural
d. Teknis, leadership dan sosial kultural
Jawaban: C
14. Pernyataan dibawah ini ynag menggambarkan perilaku kompeten ASN untuk meningkatkan kompetensi diri yang relevan / tepat:
a. Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah adalah diperlukan untuk jabatan strategis di lingkungan ASN
b. Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah adalah keniscayaan bagi setiap ASN
c. Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah adalah diperlukan jika diisyaratkan dalam tugas jabatannya
d. Semua salah’
Jawaban: B
15. Upaya untuk melakukan kerja terbaik sebagai bagian perilaku kompeten ASN yang sesuai dibawah ini:
a. Melakukan adaptasi terhadap pekerjaan merupakan keharusan
b. Melakukan adaptasi terhadap perubahan lingkungan merupakan keharusan
c. Melakukan adaptasi terhadap orang lain dan melakukan karya terbaik bagi pekerjaanya merupakan keharusan
d. Melakukan adaptasi terhadap perubahan lingkungan dan melakukan karya terbaik bagi pekerjaanya merupakan keharusan
16. Sebagai ASN membiasakan belajarlah hal-hal yang benar-benar baru, dan lakukan secara terus menerus, dalam proses belajar yaitu:
a. Learn
b. Unlearn
c. Relearn
d. Self study
Jawaban: A
17. Berikut pernyataan yang paling sesuai antara lain tentang ASN sebagai profesi:
a. ASN sebagai profesi selayaknya mengelola dan mengembangkan dirinya dan diharapkan mempertanggungjawabkan kinerjanya
b. ASN sebagai profesi memiliki kewajiban mengelola dan mengembangkan dirinya dan mempertanggungjawabkan kinerjanya
c. ASN sebagai profesi memiliki kewajiban mengembangkan dan membina kinerja kolega kerjanya
d. ASN sebagai profesi memiliki kewajiban mengelola dan mengembangkan dirinya dan pegawai lainnya
Jawaban: B
18. ASN pembelajar yang relevan saat ini adalah:
a. Pegawai yang memiliki kemampuan menerappkan kompetensinya ke situasi baru, di dunia yang selalu berubah dan kompleks
b. Pegawai yang selalu berubah sikap dan perilakunya
c. Pegawai yang memiliki kemampuan yang sesuai
d. Semua benar
Jawaban: A
19. Lagu yang paling tepat menggambarkan keanekaragaman bangsa dan budaya Indonesia berikut ini adalah:
a. Kebyar kebyar
b. Bendera Merah Putih
c. Garuda Pancasila
d. Dari Sabang Sampai Merauke
Jawaban: D
20. Berikut ini adalah indikator suasana lingkungan bekerja yang harmonis:
a. Suasana bekerja tidak bahagia
b. Kinerja organisasi rendah
c. Kesempatan belajar dan kontribusi rendah
d. Seluruh ASN suka saling membantu
21. Prinsip nasionalisme bangsa Indonesia dilandasi nilai-nilai Pancasila yang diarahkan agar bangsa Indonesia senantiasa menempatkan persatuan sebagai dasar pembentukan NKRI dituangkan dalam Pancasila yaitu:
a. Sila pertama
b. Sila kedua
c. Sila ketiga
d. Sila keempat
Jawaban: C
22. Manfaat keanekaragaman bangsa Indonesia yang paling tepat adalah:
a. Adanya pertentangan norma-norma dalam masyarakat sehingga menimbulkan kebingungan bagi masyarakat
b. Membuat Indonesia terkenal dimata dunia berkat keberagaman budaya yang kita miliki
c. Pemberlakuan sanksi terhadap pelanggar atas norma yang tidak tegas atau lemah
d. Tindakan anggota masyarakat yang sudah tidak lagi sesuai dengan norma yang berlaku
Jawaban: B
23. Anggapan yang dimiliki terhadap suatu kelompok yang bersifat tidak baik seperti anggapan satu kelompok identik dengan kekerasan, sifat suatu suku yang kasar dan sebagainya merupakan:
a. Stereotip suatu kelompok
b. Etnosentrisme
c. Asimilasi
d. Skepticism
Jawaban: A
24. Hal yang harus ditanamkan dalam mengangisipasi potensi konflik kepada sesame ASN adalah kecuali:
a. Profesionalisme
b. Kebijakan pemerataan pembangunan
c. Sikap mendahulukan kepentingan diri sendiri
d. Toleransi
Jawaban: C
25. Secaraa etimologis, istilah “loyak” diadaptasi dari bahasa Prancis yaitu “Loial” yang artinya:
a. Mutu dan sikap patuh
b. Mutu dan sikap taat
c. Mutu dan sikap setia
d. Mutu dan sikap hormat
26. Loyalitas merupakan kualitas kesetiaan atau kepatuhan seseorang kepada orang lain atau (misalnya organisasi) yang ditunjukan melalui:
a. Ide dan pemikiran
b. Sikap dan tindakan
c. Ketaatan dam pemikiran
d. Integritas dan idealisme
Jawaban: B
27. Ketika seorang pegawai memiliki sikap sesuai dengan makna loyal dan loyalitas, maka otomatis ia akan merasa memiliki tanggunga jawab yang besar terhadap organisasinya ditunjukan dengan cara:
a. Berhati – hati dan lambat dalam mengerjakan tugas – tugasnya
b. Mengerjakan banyak tugas dalam waktu yang bersamaan
c. Berani untuk mengembangkan berbagai inovasi demi kepentingan organisasi
d. Loyal terhadap pimpinan
Jawaban: C
28.Bagi seorang Pegawai Negeri Sipil, kata loyal dapat dimaknai sebagai kesetiaan terhadap:
a. Pimpinan
b. Pekerjaan
c. Profesi
d. NKRI
Jawaban: D
29.Nasionalisme dalam konteks loyalitas seorang ASN dapat dimaknai sebagai:
a. Suatu keadaan atau pikiran yang mengembangkan keyakinan bahwa pengorbanan terbesar mesti diberikan untuk organisasi
b. Suatu keadaan atau pikiran yang mengembangkan keyakinan bahwa pengorbanan terbesar mesti diberikan untuk Negara
c. Suatu keadaan atau pikiran yang mengembangkan keyakinan bahwa kesetiaan terbesar mesti diberikan untuk organisasi
d. Suatu keadaan atau pikiran yang mengembangkan keyakinan bahwa kesetiaan terbesar mesti diberikan untuk Negara
Jawaban: D
30. Yang tidak termasuk perilaku loyal dalam Core Values ASN adalah:
a. Memegang teguh ideology Pancasila, Undang – undang Dasar Negara republic Indonesia tahun 1945, setia kepada NKRI serta pemerintah yang sah
b. Melindungi segenap tumpah darah Indonesia dengan integritas dan semangat juang yang tinggi
c. Menjaga nama baik sesame ASN, pimpinan instansi dan Negara
d. Menjaga rahasia jabatan dan Negara
31.Adaptasi dalam business process pemerintahan menjadi penting karena alasan berikut:
a. Persaingan untuk mendapatkan keuntungan ekonomis
b. Mempertahankan dan meningkatkan kinerja
c. Bertahan hidup ditengah persaingan dengan pihak lain
d. Perintah dan mandate dari undang – undang
Jawaban: B
32.Berikut ini ciri – ciri penerapan budaya adaptif, kecuali:
a. Memanfaatkan peluang – peluang yang berubah – ubah
b. Memperhatikan kepentingan – kepentingan yang diperlukan antara instansi mitra, masyarakat dan sebagainya
c. Mendorong jiwa kewirausahaan
d. Konsisten dengan keputusan yang sudah diambil sejak awal
Jawaban: D
33.Pimpinan sebenarnya dalam organisasi adaptif adalah pimpinan yang mampu membawa sesuatu pada organisasi yang dipimpinnya, yaitu:
a. Perubahan teknis
b. Perubahan misi
c. Kemakmuran
d. Perubahan adaptif
Jawaban: D
34. Menghadapi volatility adalah dengan cara menegaskan:
a. Misi
b. Visi
c. Revisi
d. Remisi
Jawaban: B
35.Kebijakan adaptif dikonseptualisasi oleh elemen kapabilitas systemdynamic governance berikut, kecuali:
a. Thinking ahead
b. Thinking along
c. Thinking again
d. Thingking across
36.Berikut ini adalah beberapa indikator yang menunjukan sebuah organisasi yang berkarakter adaptif, kecuali:
a. Agilitas
b. Status quo
c. Fleksibilitas
d. Responsive
Jawaban: B
37. Negara bukan menjadi satu-satunya penyelenggara pemerintahan dan pelayanan public. Hal tersebut merupakan salah satu prinsip dari konsep:
a. Governance
b. Government
c. Welfare state
d. New Public Service
Jawaban: B
38.Berikut ini adalah konsep yang mengandung prinsip-prinsip governance, kecuali:
a. Triple Helix
b. Penta Helix
c. Quadruple Helix
d. Collaboration
Jawaban: D
39.Apabila merujuk pada definisi dari “Collaborative Governance” yang dikemukakan oleh para ahli, maka dibawah ini adalah kolaborasi actor yang paling ideal apabila menggunakan prinsip governance:
a. Kolaborasi antara pemerintah Daerah, Kementerian, Lembaga Pemerintahan Non Kementerian
b. Kolaborasi antara Komisi Pemberantasan Korupsi, Lembaga Administrasi Negara dan Pemerintah Daerah
c. Kolaborasi antara Pemerintah Daerah, Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Komisi Pemberantasan Korupsi
d. Kolaborasi antara Kementerian, Akademisi dan Civil Society
Jawaban: D
40.Pernyataan berikut sesuai dengan prinsip governance, kecuali:
a. Pemerintah tidak menjadi satu – satunya actor dalam pelayanan publik
b. Pemerintah menjadi satu – satunya actor dalam pelayanan pubik
c. Civil Society menjadi salah satu actor dalam menyelenggarakan pelayanan publik
d. “triple Helix” merupakan salah satu konsep dalam pendekatan governance
Demikian artikel terkait contoh kumpulan soal mooc pppk 2023 dan jawabannya sebagai contoh soal bahan belajar Latsar pppk tahun ini.
Tag:
download soal mooc pppk 2023 pdf,
download soal dan jawaban mooc pppk 2023,
soal mooc pppk 2023,
soal mooc pppk 2023 terbaru,
soal dan jawaban mooc pppk 2023 pdf,
contoh soal mooc pppk 2023,
soal mooc pppk 2023 dan kunci jawaban,
soal mooc pppk part 2,