Kumpulan Soal USP Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA SMK Lengkap Jawaban

soal usp bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,  soal usp bahasa indonesia kelas 12 pdf,  soal usp bahasa indonesia kelas 12 smk,  download soal usp bahasa indonesia kelas 12,  kunci jawaban soal usp bahasa indonesia kelas 12,  soal usp bahasa indonesia kelas 12 2023,  soal ujian sekolah bahasa indonesia kelas 12 smk 2023,  contoh soal usp bahasa indonesia,
Kumpulan Soal USP Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA SMK

Layarmaya.id - Berikut kami bagikan beberapa kumpulan contoh soal usp bahasa indonesia kelas 12 sma smk terbaru lengkap beserta kunci jawaban.

Dalam salah satu penilaian kelulusan siswa kelas 12 kini siswa harus menempuh ujian satuan pendidikan atau dengan kata lain disebut usp.

Soal usp ini menggunakan standar baru yakni sudah mencakup ujian praktek dan ujian teori termasuk mata pelajaran bahasa indonesia.

Mengenai soal-soal yang diujikan berdasarkan pada materi yang sudah disampaikan kepada siswa kelas 12 dalam proses pembelajaran.

Bagi siswa kelas 12 sma smk tentu memiliki keinginan untuk mempersiapkan diri menjelang ujian sekolah lebih awal sehingga membuat dirinya lebih siap untuk menghadapi usp nanti.

Oleh sebab itu, dalam postingan ini akan terdapat kumpulan contoh soal usp bahasa indonesia kelas 12 lengkap kunci jawaban. Jadi, simak terus sampai tuntas..!

Penting sekali bagi siswa banyak berlatih mengerjakan soal-soal usp, supaya membiasakan diri memecahkan berbagai permasalahan dan bisa membantu siswa menambah wawasan dan pengetahuan baru.

Dengan belajar dan berlatih soal usp bahasa indonesia kelas 12 ini, para siswa diharapkan mampu meraih nilai yang memuaskan. 


SOAL USP BAHASA INDONESIA KELAS 12 SMA SMK 

1. Perhatikan judul karangan berikut!

Judul karangan : mengenal macam, fungsi, dan cara pembuatan sabun

Penulisan judul karangan tersebut yang tepat adalah.....

A. Mengenal Macam, Fungsi, dan Cara Pembuatan Sabun

B. Mengenal Macam, Fungsi Dan Cara Pembuatan Sabun

C. Mengenal macam fungsi dan Cara pembuatan sabun

D. Mengenal macam, fungsi dan cara pembuatan sabun

E. Mengenal Macam, fungsi dan Cara Pembuatan sabun

Jawaban: A


2. Cermatilah kutipan penutup surat berikut!

Atas perhatiannya, diucapkan terima kasih.

Kalimat yang tepat untuk memperbaiki kalimat penutup surat tersebut adalah ….

A. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih banyak

B. Atas perhatian, saya tak lupa mengucapkan terima kasih.

C. Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih.

D. Atas perhatiannya, saya mengucapkan terima kasih.

E. Atas perhatian, diucapkan terima kasih kepada Ibu

Jawaban: C


3. Cermati kalimat berikut!

Jika kecelakaan menimpa Anda saat sendirian di rumah dan mengalami pendarahan, terutama saat

masih sadar, segera hentikan pendarahan tersebut. Gunakan handuk atau sejenisnya untuk

menghentikan pendarahan.

Kalimat tanya yang mempunyai tujuan sama dengan kalimat bercetak miring tersebut adalah...

A. Sudahkah Anda menggunakan handuk atau sejenisnya untuk menghentikan pendarahan?

B. Apakah Anda sudah menghentikan pendarahan dengan cepat dan tepat?

C. Apakah handuk atau sejenisnya dapat menghentikan pendarahan?

D. Mengapa handuk ataus sejenisnya digunakan untuk menghentikan pendarahan?

E. Si Apakah yang dapat menghentikan pendarahan pada saat kritis?

Jawaban: A


4. Bekam atau hijamah ialah sebuah teknik pengobatan yang dilakukan dengan jalan membuang darah

kotor (racun yang berbahaya) dari dalam tubuh lewat permukaan kulit. Menurut pemahaman umum,

sebenarnya bekam berfungs untuk membang darah yang teah rusak atau teroksidasi karena tingginya

oksidan dalam tubuh.

Kutipan teks di atas termasuk salah satu struktur teks laporan hasil observasi, yaitu...

A. Simpulan

B. Pernyataan umum

C. Deskripsi bagian

D. Orientasi

E. resolusi

Jawaban: B


5. Bacalah teks berikut dengan cermat!

Menemukan strategi yang tepat untuk dunia pendidikan nasional merupakan topik yang sering mencuat

di kalangan akademisi tanah air. Pada dasarnya, pendidikan tidak hanya sekadar melibatkan proses

penambahan pengetahuan (intelektualitas) saja, tetapi juga harus mengarah pada pengembangan

karakter, watak (akhlak), dan motivasi di kalangan peserta didik. Negara seperti Indonesia, dengan

populasi keempat terbesar di dunia, harus mampu mengembangkan sumber daya manusia melalui

pendidikan dan pengembangan bakat. Pengembangan sumber daya manusia memiliki nilai yang lebih

tinggi dibandingkan dengan eksplorasi sumber daya alam.

Makna kata eksplorasi pada paragraf di atas adalah ….

A. penyelidikan

B. penjelajahan

C. penemuan baru

D. penjajakan

E. penelitian

Jawaban: B


6. Sebelum raja hindustan itu sediakala pekerjaanya pergi berburu juga maka pada suatu hari raja

hindustan itu sedang berburu, lalu bertemu dua ekor ular adapun ular yang betina itu terlalu baik

rupanya; maka yang jantansangat jahat rupanya. Maka pada hati baginda, “ bukan juga jodohnya ular itu

karena yang jantan itu amat jahat rupanya dan yang betina itu elok rupanya.” maka dihunusnya

pedangnya, lalu diparangkan kepada ular jantan itu. Maka ular jantan itu matilah. Maka ular betina itu

pun putus ekornya sedikit.

Nilai moral dalam kutipan tersebut yang masih dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah...

A. Marah melihat sesuatu yang tidak sesuai dalam pandangannya.

B. Menghukum yang berperilaku jahat.

C. Lebih mempercayai ular

D. Melakukan perburuan dihutan tanpa mengenal batas.

E. Berlaku kasar kepada orang yang tidak disukai.

Jawaban: E


7. Perhatikan kalimat-kalimat di bawah ini :

(1). Pemberian penghargaan dapat menstimulasi semangat berkarya pemuda.

(2). Kurangnya apresiasi dapat mengakibatkan malasnya pemuda dalam berkarya.

(3). Aris menabung dengan tujuan ingin membeli mobil baru.

(4). Bu Ina menyeduhkan teh hangat yang sangat manis sekali ke dalam cangkir kami.

Kalimat tidak efektif ditunjukkan pada kalimat nomor …

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

E. Semua Kalimat benar

Jawaban: D


8. Perhatikan teks eksposisi berikut!

(1) Struktur bahasa akan memengaruhi pembentukan budaya serta tingkah laku.

(2) Demikianlah teori yang pernah disampaikan oleh Sapir-Whorf.

(3) Satu contoh yang pernah penulis temukan adalah mengenai perbedaan struktur bahasa jerman

dengan bahasa Indonesia.

(4) Dalam banyak hal, struktur kalimat kompleks bahasa Jerman menekankan posisi predikat ada pada

bagian akhir kalimat.

(5) Jika kita ingin membentuk kalimat saya mau meminum kopi di kafe dalam bahasa Jerman, bentuk

yang muncul adalah Ich moechte im kaffee einen kaffee trinken.

(6) Bentuk kata trinken ‘meminum’ muncul pada bagian akhir kalimat.

(7) Proses seperti ini ternyata berpengaruh pada cara orang Jerman yang selalu berusaha untuk tidak

memotong pembicaraan saat berkomunikasi antarsesama.

(8) Inilah satu alasan yang menunjukkan bahwa benarlah bahasa bisa memengaruhi budaya

masyarakatnya.

Kalimat yang menunjukkan letak bagian argumen muncul pada nomor….

A. 1, 3, dan 4

B. 2, 3, dan 5

C. 3, 4, dan 5

D. 2, 5, dan 6

E. 2, 7, dan 8

Jawaban: C


9. Bacalah kutipan hikayat berikut!

Sebelum raja hindustan itu sediakala pekerjaanya pergi berburu juga maka pada suatu hari raja

hindustan itu sedang berburu, lalu bertemu dua ekor ular adapun ular yang betina itu terlalu baik

rupanya; maka yang jantansangat jahat rupanya. Maka pada hati baginda, “ bukan juga jodohnya ular itu

karena yang jantan itu amat jahat rupanya dan yang betina itu elok rupanya.” maka dihunusnya

pedangnya, lalu diparangkan kepada ular jantan itu. Maka ular jantan itu matilah. Maka ular betina itu

pun putus ekornya sedikit.

Nilai moral dalam kutipan tersebut yang masih dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah...

A. Marah melihat sesuatu yang tidak sesuai dalam pandangannya.

B. Menghukum yang berperilaku jahat.

C. Lebih mempercayai ular.

D. Melakukan perburuan dihutan tanpa mengenal batas.

E. Berlaku kasar kepada orang yang tidak disukai.

Jawaban: E


10. Cermati Teks Berikut!

Penjual : [....]

Roza : “Maaf, kaos kaki yang berwarna hitam itu

berapa, Mbak?”

Penjual : “ Kaos kaki ini harganya Rp. 10.000?”

Roza : “oh, mahal sekali, Mbak!”

Penjual : “Boleh kurang, Dik!”

Roza : “Kalau Rp. 7.500, bagaimana, Mbak?”

Penjual : “Boleh lah, Dik, sebagai harga perkenalan”

Kalimat pembuka yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang ptersebut adalah .....

A. Kalau mau beli, silahkan mampir!

B. Silahkan cari!

C. Cari tas apa, Dik?

D. Silahkan Pilih, Dik!

E. Mau beli kaos kaki warna hitam?

Jawaban: D


11. Cermati puisi berikut untuk menjawab soal

Bencana

Kini kota menjadi mati

kaku dan membeku

aku sungguh tak sanggup

melihat orang menjadi ikan

dihanyutkan oleh bandang

selepas gaduh di pagi benderang itu

aku benar-benar kehilangan sejarah

tentang cerita yang memendam rasa

Suasana yang terdapat dalam kutipan puisi tersebut adalah ....

A. Kegalauan

B. Kekacauan

C. Kepiluan

D. Kesadisan

E. Kemusnahan

Jawaban: C


12. Cermati kutipan biografi!

Januari 1935, Hatta dan kawan-kawannya tiba di Tanah Merah, Boven Digoel (Papua). Desember 1935,

Kapten Wiarda, pengganti van Langen, memberitahukan bahwa tempat pengasingan Hatta dan Sjahrir

dipindah ke Bandaneira. Januari 1936 keduanya berangkat ke Bandaneira. Mereka bertemu Dr. Tjipto

Mangunkusumo dan Mr. Iwa Kusumasumantri. Di Bandaneira, Hatta dan Sjahrir dapat bergaul bebas

dengan penduduk setempat dan memberi pelajaran kepada anak-anak setempat dalam bidang sejarah,

tata buku, politik, dan lain-lain.

Hal yang dapat diteladani dari tokoh Hatta dalam kutipan tersebut adalah . . .

A. Bersama kawan-kawannya pergi ke Tanah Merah.

B. Pindah dari Boven ke Bandaneira Januari 1936.

C. Bertemu Dr. Tjipto Mangkunkusumo di Bandaneira.

D. Bergaul bebas bersama penduduk di mana pun berada.

E. Memberi pelajaran kepada anak-anak di Bandaneira.

Jawaban: E


13. Cermati ilustrasi berikut!

Chairul Tanjung lahir di Jakarta, 16 Juni 1962, dilahirkan di Jakarta dalam keluarga yang cukup berada.

Ayahnya, A.G. Tanjung adalah wartawan zaman orde lama yang menerbitkan surat kabar beroplah kecil.

Chairul berada dalam keluarga bersama enam saudara lainnya. Ketika Tiba di zaman Orde Baru, usaha

ayahnya dipaksa tutup karena berseberangan secara politik dengan penguasa saat itu. Selepas

menyelesaikan sekolahnya di SMA Boedi Oetomo pada 1981, Chairul masuk Jurusan Kedokteran Gigi

Universitas Indonesia (lulus 1987). Ketika kuliah inilah ia mulai masuk dunia bisnis. Ia mendapat

penghargaan sebagai Mahasiswa Teladan Tingkat Nasional 1984 1985. Demi memenuhi kebutuhan

kuliah, ia mulai berbisnis dari awal yakni berjualan buku kuliah stensilan, kaos di kampusnya.

Kepiawaiannya membangun jaringan dan sebagai pengusaha membuat bisnisnya semakin berkembang.

Mengarahkan usahanya ke konglomerasi, Chairul mereposisikan dirinya ketiga bisnis inti: keuangan,

properti, dan multimedia. Di bidang keuangan, ia mengambil alih Bank Karman yang kini bernama Bank

Mega.


Hal yang menarik pada diri tokoh Chairul Tanjung adalah .…

A. Ia berbisnis sejak kuliah dengan berjualan buku, kaos, dll.

B. Kepiawaiannya membangun jaringan sehingga ia berhasil mengembangkan bisnisnya.

C. Ia mulai bisnis sejak masuk kuliah di Kedokteran Gigi Universitas Indonesia.

D. Ia mendapat penghargaan sebagai Mahasiswa Teladan Tingkat Nasional

E. 1984-1985. Menjadi mahasiswa Jurusan Kedokteran Gigi Universitas Indonesia.

Jawaban: B


14. Cermati teks berikut!

Chairul Tanjung lahir di Jakarta, 16 Juni 1962, dilahirkan di Jakarta dalam keluarga yang cukup berada.

Ayahnya, A.G. Tanjung adalah wartawan zaman orde lama yang menerbitkan surat kabar beroplah kecil.

Chairul berada dalam keluarga bersama enam saudara lainnya. Ketika Tiba di zaman Orde Baru, usaha

ayahnya dipaksa tutup karena berseberangan secara politik dengan penguasa saat itu. Selepas

menyelesaikan sekolahnya di SMA Boedi Oetomo pada 1981, Chairul masuk Jurusan Kedokteran Gigi

Universitas Indonesia (lulus 1987). Ketika kuliah inilah ia mulai masuk dunia bisnis. Ia mendapat

penghargaan sebagai Mahasiswa Teladan Tingkat Nasional 1984 1985. Demi memenuhi kebutuhan

kuliah, ia mulai berbisnis dari awal yakni berjualan buku kuliah stensilan, kaos di kampusnya.

Kepiawaiannya membangun jaringan dan sebagai pengusaha membuat bisnisnya semakin berkembang.

Mengarahkan usahanya ke konglomerasi, Chairul mereposisikan dirinya ketiga bisnis inti: keuangan,

properti, dan multimedia. Di bidang keuangan, ia mengambil alih Bank Karman yang kini bernama Bank

Mega.

Mengapa saat Orde Baru usaha A. G. Tanjung, ayah Chairul Tanjung, ditutup?

A. Karena Chairul Tanjung wartawan zaman orde lama yang menerbitkan Surat Kabar beroplah kecil

B. Karena ia mulai masuk dunia bisnis.

C. Karena berseberangan secara politik dengan penguasa saat itu.

D. Karena ia seorang wartawan yang dikenal masyarakat Indonesia.

E. Karena A. G. Tanjung mengarahkan usahanya ke konglomerasi.

Jawaban: C


15. Pupuk anorganik merupakan golongan agrokimia. Bahan-bahan agrokimia memang diperlukan untuk

meningkatkan dan mempertahankan produksi pangan. [...], bahan-bahan tersebut berisiko terhadap

kesehatan. [....], intensifikasi produksi pangan tidak dapat dilakukan hanya dengan mengandalkan pupuk

anorganik dan pestisida kimia tanpa batas. Telah berdampak bagi kehidupan dan lingkungan [...] perlu

diperlukan pembatasan.

Konjungsi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …

A. Dengan demikian, Namun, tetapi

B. Bahkan, Tetapi, karena

C. Oleh karena itu, Akan tetapi, meskipun

D. Namun, Oleh karena itu, sehingga

E. Tetapi, Bahkan, meskipun

Jawaban: D


16. Kerasnya upaya kami dalam menjuangkan nasib para buruh akhirnya sedikit membuahkan hasil yang

signifikan.

Kesalahan penggunaan kata dalam kalimat di atas ialah …

A. Kerasnya, seharusnya sekerasnya

B. Menjuangkan, seharusnya memperjuangkan

C. Akhirnya, seharusnya akhiri

D. Sedikit, seharusnya sesedikit mungkin

E. Membuahkan, seharusnya membuahi

Jawaban: B


17. Gempa es disebabkan oleh gletser. Seorang peneliti mempelajari bagaimana gletser membuat

gempa es di Antartika. Gempa es tersebut disebabkan oleh gravitasi dan gelombang pasang-surut.

Gaya gravitasi menyebabkan aliran Es Whilans tertarik. Tarikan gaya gravitasi menimbulkan daratan es

pecah dengan lebar sekitar 96.5 km dan panjang sekitar 482 km ke arah Laut Ross.

Gelombang dan pasang mendorong lempeng Es Ross, menghantam gletser yang turun. Gletser terhenti.

Saat gelombang surut, es tiba-tiba maju dengan gerakan yang setara dengan gempa berkekuatan 7 pada

skala Richter.

Teks di atas memiliki struktur….

A. Pernyataan umum ^ aspek yang dilaporkan

B. Tujuan ^ langkah-langkah

C. Orientasi ^ krisis ^ reaksi ^ koda

D. Pernyataan umum ^ urutan sebab-akibat

E. Pernyataan umum ^ argumentasi ^ reiterasi

Jawaban: D


18. Assalamualaikum Wr. Wb,

Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Mahakuasa karena berkat dan rahmat-Nya, kita

dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka memperingatkan hari Sumpah Pemuda. Ikrar dari berbagai

perkumpulan pemuda pada 28 Oktober 1928 adalah bertanah air satu, tanah air indonesia; berbangsa

satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Perlu kita renungkan

kembali baik-baik mengenai makna Sumpah Pemuda.

Topik pidato tersebut adalah ...

A. Peringatan Sumpah Pemuda

B. Mengenang ikrar para pemuda tahun masa lampau

C. Merenungkan ikrar Sumpah Pemuda

D. Pernyataan ikrar pemuda terjadi pada tahun 1928

E. Bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu

Jawaban: A


19. Bacalah teks cerpen berikut!

Teman teman fajar bersorak gembira, (2) Daffa terkulai lemas karena layang-layang putus. (3) Senja pun

tiba. (4) Ketika terdengar suara azan, anak-anak mulai membubarkan diri untuk pergi ke masjid. (5)

Berita kemenangan Fajar atas daffa makin menambah keyakinan anak-anak desa itu bahwa layang-

layang milik fajarmemang sakti. (6) Fajar menjadi makin tinggi hati.

Bukti nilai agama terdapat pada kalimat bertanda nomor ….

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

E. (5)

Jawaban: D


20. Bacalah cuplikan cerita berikut!

Ya” mau bayar berapa saja, Mas,” ucapnya. Di tikungan terakhir menuju kampungku. “Lebih enak jalan

kaki,” jawabku terengah-engah. Aku merasa menang. Aneh, dia seperti tak hendak menghentikan

becaknya. Mungkin dia sedang menguji mentalku, atau malah menyesali perbuatannya? Peduli amat,

apakah dia terus membuntuti aku atau tidak, sejauh ia masih mengayuh becak di jalan yang layak

dilewatinya. Begitu memasuki gapura kampung, tangan kiriku kutarik dari saku celana. Dua keping

logam ratusan rupiah terloncat dan menggelinding masuk selokan. Ah, biarin. Aku menoleh ke tkang

becakyang berhenti tepat di depan gapura kampung. Ia turun dan berdiri di sana sambil etap

memegangi kemudi becak. Sambil berjalan aku menoleh kembali, dia tetap diam bagaikan sebuah

monumen. Sesampai di rumah aku ceritakan pengalamanku pada Ibu. Lama Ibuku terdiam dan

menatapku dan baru kemudian berkata, “Rasanya kamu perlu mencoba jadi tukang becak”.

Nilai-nilai kehidupan yang tersirat dalam penggalan cerpen di atas adalah ...

A. Kita harus memilih-milih tukang becak

B. Kita harus memahami keadaan tukang becak

C. Kita harus pandai menawar ongkos becak

D. Jangan memberi hati kepada tukang becak

E. Sebaiknya tukang becak harus tahu diri

Jawaban: B


21. Bacalah kutipan berikut!

Aku dan kakakku ibarat minyak dengan air. Sikap dan gagasan yang kami lontarkan selalu berbeda.

Sebagai adik, aku mengalah karena ingin selalu menjaga hubungan baik. Apalagi usia kami yang semakin

merambat tua.

Unsur intrinsik yang dominan dalam kutipan novel tersebut adalah ….

A. Tema

B. Latar

C. Alur

D. Penokohan

E. Amanat

Jawaban: D


22. Cermati kutipan cepen berikut!

Satu jam berlalu, kami terdiam dan terhanyut dalam angan masing-masing. Persoalan yang kami hadapi

saat ini benar-benar di luar batas kemampuan. Tapi aku yakin bahwa Tuhan tidak memberi cobaan

melebihi kemampuan hamba-Nya. Namun, Ranti Istriku, tetap ngotot dan terus-menerus mendesakku.

Kami masih tetap terdiam, aku berdiri dan berjalan ke sana-ke mari. “Jangan mondar-mandir, Mas,

cepat cari jalan keluar, kepalaku rasanya mau copot, lagi pula persoalan ini tidak bisa menunggu, harus

segera cari pinjaman karena kalau hujan turun dengan lebat takutmya rumah ini akan rubuh.”

Konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah . . .

A. saling ngotot tidak mau mengalah

B. istri tidak sabar

C. sulit mencari jalan keluar

D. butuh pinjaman uang

E. suami menyerah kepada keadaan

Jawaban: D


23. Pencuri itu mengendap-endap waktu memasuki pekarang rumah sasarannya. Lalu mendekati salah

satu jendela kamar rumah itu. Dia mulai mengeluarkan alat pencongkel pintu. Akan tetapi naas, obeng

yang digunakannya jatuh ke ubin beserta peralatan lainnya sehingga mengeluarkan bunyi dan membuat

pemilik rumah serta merta keluar dan menyergapnya.’

Ungkapan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …

A. terkena jaringan

B. naik pitam

C. tertangkap basah

D. tinggi rezeki

E. gelap mata

Jawaban: C


24. [1] Zamzani sendiri pernah melihat kamus yang hebat di pedagang buku bekas kaki lima di Tanjong

Pandan. [2] Kamus itu adalah kamus bahasa Inggris satu Milyar Kata. [3] Sejak melihat kamus itu dan

mengenang keinginan putrinya, membeli kamus telah menjadi impian Zamzani dari hari ke hari. [4] Ia

bekerja lebih keras di ladang tambang dan menambah penghasilan dengan berjualan air nira setiap ada

pertunjukan orkes Melayu. [5] Hari Sabtu ia ke laut mencari kerang untuk dijual di pasar ikan. [6] Hari

Minggu ia berjualan tebu yang ditusuk dengan lidi. [7] Setelah berbulan-bulan seperti itu dan

memfokuskan pikirannya hanya untuk membeli kamus bahasa Inggris, akhirnya Zamzani punya uang

lebih.

[Padang Bulan, Andrea Hirata]

Latar tempat dalam kutipan tersebut dibuktikan dalam kalimat ...

A. [1], [2], dan [6]

B. [1], [3], dan [7]

C. [1], [4], dan [5]

D. [2], [5], dan [7]

E. [5], [6], dan [7]

Jawaban: C


25. Perhatikan urutan kalimat berikut!

(1) Kupas bawang bombai dan iris tipis-tipis!

(2) Haluskan semua bumbu!

(3) Campurkan semua bahan dengan bumbu yang sudah dihaluskan! .

(4) Masukkan bahan tersebut ke dalam cetakan!

(5) Hidangan siap disajikan.

(6) Panaskan dalam oven dengan temperatur 80°C selama 20 menit!

(7) Siapkan peralatan dan bahan-bahan yang diperlukan!

Urutan kalimat tersebut yang tepat agar menjadi paragraf yang padu adalah ....

A. (7), (2),(1), (3), (4), (6), dan (5)

B. (7), (2),(1), (4), (3), (6), dan (5)

C. (7), (2), (3), (1), (4), (6), dan (5)

D. (7),(1), (2), (3), (4), (6), dan (5)

E. (7),(1), (2), (4), (3), (6), dan (5)

Jawaban: D


26. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!

1. Generasi berikutnya yang sering disebutsebagai generasi pembina mash dalam ujian

2. Tiap generasi mempunyai panggilan masing-masing sesuai dengan zamannya

3. Belum diketahui sampai dimana kemampuannya untuk membina dan mengembangkan warisan

situasi yang diterima dari angkatan pelaksana

4. Yang kedua berhasil menciptakan negara merdeka

5. Generasi pertama berhasil membangkitkan semangat keinginan bernegara

Urutan-urutan kalimat di atas agar menjadi paragraf koheren adalah ...

A. 1, 2, 3, 4, dan 5

B. 2, 3, 4, 5, dan 1

C. 3, 4, 5, 2, dan 1

D. 2, 5, 4, 1, dan 3

E. 5, 4, 3, 2, dan 1

Jawaban: D


27. Aku masuk ke kantor dan bersalaman dengan seorang laki-laki yang tersenyum-senyum, bernama

pak Bleoncher. Pakaiannya lebih rapi ketimbang pakaianku. Selanjutnya ia membuka-buka kertas,

seperti menata kere serambi.

“Aku yakin Anda akan puas dengannya,” katanya. “Dia telah kami pilih sesuai dengan persyaratan

komputer. Tidak ada yang melebihi dari seratus sepuluh orang yang memenuhi syarat di Amerika. Kami

memilah tidak berdasarkan suku, agama, etnis, atau latar belakang regional.

Latar terjadinya cerita tersebut adalah ...

A. Di Pasar

B. Di Pantai

C. Di Gedung

D. Di Sekolah

E. Di Kantor

Jawaban: E


28. BacalahKutipan cerpen berikut

Terik. Hari ini begitu panas, sampai-sampai cahaya matahari membuatkulitku hampir

terbakar.Jemuranpun sekejab kering. Bau asap-asap polusi menyergap masuk ke paru-paru membuat

kotor udara. Ditambah suara bising kendaraan yang lalu lalang dihadapan-ku, membuat suasana

bertambah pengap dan panas. Aku hanya bisa melihat orang-orang itu di dalam mobil dengan AC yang

membuat mereka sejuk. Berbeda dengan diriku, anak laki-laki dengan baju kumal berdiri di tepi jalan

sambil membawa payung di genggaman. Aku hanya bisa menunggu hujan turun dan seseorang datang

untuk menggunakan jasaku.

Latar yang terdapat dalam kutipan cerpen….

A. pagi hari, di rumah, sepi

B. siang hari, di jalan raya, ramai

C. sore hari, di terminal, ricuh

D. malam hari, di gedung tua, sepi

E. malam hari, di rumah, sepi

Jawaban: B


29. Bacalah kerangka proposal kegiatan berikut!

Topik proposal:

Pelatihan Pemanfaatan Limbah Kertas

Kerangka proposal:

(1). Latar Belakang

(2). ......

(3). Sasaran kegiatan

(4). Tempat dan waktu kegiatan

(5). Narasumber

(6). Susunan panitia

(7). Jadwal kegiatan

Bagian yang teat untuk melengkapi kerangka poposal tersebut adalah .....

A. Rumusan masalah

B. Landasan teori

C. Tujuan kegiatan

D. Metode penelitian

E. Anggaran kegiatan

Jawaban: C


30. Cermatilah teks berikut!

Teks 1

Kehadiran Komet Ikeya-Seki yang dapat dilihat secara mata telanjang dan penampakannya berlangsung

berhari-hari membuat beredar isu kala itu bahwa akan terjadi mala petaka besar. Isu itu kian membuat

ngeri ketika orang-orang dapat menyaksikan secara jelas ekor Komet Ikeya-Seki yang tampak begitu

besar dan seolah- olah akan membelah angkasa.

Teks 2

Gerhana bulan muncul apabila bulan sedang beroposisi dengan matahari. Karena kemiringan bidang

orbit bulan terhadap bidang ekliptika sebesar 5°, tidak setiap oposisi bulan dengan matahari akan

mengakibatkan terjadinya gerhana bulan. Perpotongan bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika akan

memunculkan 2 titik potong yang disebut node, yaitu titik tempat bulan memotong bidang ekliptika.

Gerhana bulan ini akan terjadi saat bulan berposisi pada node tersebut. Bulan membutuhkan waktu

29,53 hari untuk bergerak dari satu titik oposisi ke titik oposisi lainnya. Seharusnya, jika terjadi gerhana

bulan akan diikuti dengan gerhana matahari dan kedua node tersebut terletak pada garis yang

menghubungkan antara matahari dengan bumi.

Persamaan kedua teks tersebut adalah ….

A. membahas peristiwa malapetaka di bumi akibat komet

B. menjelaskan gejala alam yang muncul di malam hari

C. menguraikan perpindahan bintang atau planet di alam

D. memperkirakan timbulnya bencana akibat perubahan alam

E. membicarakan gejala alam yang terjadi di ruang angkasa

Jawaban: E


31. Cermati puisi berikut!

Diponegoro

Di masa pembangunan ini

Tuan hidup kembali

Dan bara kagum menjadi api

Di depan sekali tuan menanti

Tak gentar lawan banyaknya

Seratus kali

Pedang di kanan, keris di kiri

.....

Tak bisa mati

Karya: Chairil Anwar

Kata bermakna kias yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut ialah ...

A. Menyelempangkan kain

B. Mengikat kepala

C. Membawa senjata

D. Berselempang semangat

E. Menyerang musuh

Jawaban: D


32. Prabawati beberapa hari tinggal bersedih karena kepergian suaminya untuk mencari nafkah tetapi,

sahabat-sahabatnya membujuknya dengan menyuruhnya mencari seorang kekasih. Prabawati

menetapkan untuk mencoba berbuat demkian, lalu berhias lah ia. Burung bayan betina mencoba

mencegah perbuatan itu dengan memperlihatkan betapa salahnya kelakuan demikian. Tetapi, hasilnya

ia hampir dipatahkan lehernya oleh prabawati. Untunglah ia menghindarinya.

Pesan moral yang tersirat dari penggalan cerita di atas adalah….

A. Sayangilah binatang peliharaan.

B. Jangan turuti bujukan menyesatkan.

C. Jangan menyakitipihak yang mau memperingati kesalahan kita.

D. Jadilah seorang suami yang mau bekerja keras.

E. Bersabarlah dengan siapa pun.

Jawaban: D


33. Cermati tajuk rencana berikut untuk menjawab soal nomor 34 dan 35

Penggunaan jasa penerbanagan tentu berharap semua maskapai mencapai standar keselamatan

excellent. Berbeda dengan bus kota yang boleh mogok di tengah jalan, bagi transportasi uadara,

kerusakan mesin dan kekacauan sistem pascalepas landas adalah dosa terbesar.

Maskapai penerbangan tidak boleh terjebak dalam perang tarif. Liberalisasi dalam pasar bebas tidak

berarti kebebasan dalam mematikan pesaing dalam menerapkan tarif serendah-rendahnya. Karena

kalau itu yang terjadi, dan standar keselamatan dikorbankan, maskapai penerbangan sejatinya tengah

mematikan pengguna jasa dalam arti harfiah.

Opini penulis yang terungkap dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah ...

A. Maskapai penerbangan harus memiliki standar keselamatan dan tidak boleh terjebak dalam perang

tarif.

B. Transportasi udara yang mengalami kerusakan mesin merupakan bencana dan dosa besar.

C. Maskapai penerbangan tidak boleh melakukan liberalisasi dalam pasar bebas.

D. Jika standar keselamatan dikorbankan sejatinya telah menerapkan tarif serendah-rendahnya.

E. Selama ini maskapai penerbangan terus-menerus menyeramkan bagi pengguna jasa.

Jawaban: A


34. Penggunaan jasa penerbanagan tentu berharap semua maskapai mencapai standar keselamatan

excellent. Berbeda dengan bus kota yang boleh mogok di tengah jalan, bagi transportasi uadara,

kerusakan mesin dan kekacauan sistem pascalepas landas adalah dosa terbesar.

Maskapai penerbangan tidak boleh terjebak dalam perang tarif. Liberalisasi dalam pasar bebas tidak

berarti kebebasan dalam mematikan pesaing dalam menerapkan tarif serendah-rendahnya. Karena

kalau itu yang terjadi, dan standar keselamatan dikorbankan, maskapai penerbangan sejatinya tengah

mematikan pengguna jasa dalam arti harfiah.

Keberpihakan penulis dalam kutipan tajuk rencana adalah kepada ...

A. Maskapai penerbanagan

B. Pengusaha penerbanagan

C. Pengguna jasa penerbanagan

D. Pemerintah

E. Pengelola penerbanagan

Jawaban: C


35. Bacalah kutipan cerpen berikut!

“bahkan, Ibu bersedia pergi kepada apa yang disebut orang-orang pintar, dari suatu pulau ke pulau lain.

Padahal Ibu begitu benci pada ilmu mistik. Ibu tidak percaya pada sesuatu yang tidak masuk akal.

Namun, banyak yang menasihati Ibu harus percaya dan mencobanya juga. Maklumlah alam timur masih

pnuh dengan hal-hal gaib, termasuk hal-hal yang berkaitan dengan mistik. Semua itu Ibu lakukan untuk

mendapatkan engakau Maniek. Betapa Ibu mendapatkan kelahiranmu Nduk.

Penyebab konflik yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah ...

A. Harus menemui orang yang disebut orang-orang pintar

B. Tokoh Ibu tidak percaya pada semua yang tidak masuk akal

C. Tokoh Ibu menuruti kata orang untuk berobat kepada orang pintar

D. Tidak memercayai mistik, tetapi tetap melakukan pekerjaan itu

E. Keinginan unuk segera mendapatkan keturunan

Jawaban: E


36. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!

Sebaiknya, brokoli dimasak atau direbus dengan air mendidih dalam kondisi setengah matang.

Tambahkan garam untuk membunuh kuman, lalu tiriskan sebentar! Siram dengan air dingin! Fungsi air

dingin untuk mempertahankan warna dan memperlambat proses pemasakan brokoli. Dalam kondisi

seperti ini, brokoli dapat disimpan 2—3 hari dalam lemari pendingin dan aman dikonsumsi.

Ide pokok paragraf tersebut adalah....

A. cara menyimpan brokoli

B. fungsi garam dan penirisan brokoli

C. cara mempertahankan warna brokoli

D. daya tahan brokoli

E. cara membersihkan brokoli

Jawaban: A


37. Setelah dilakukan penilaian terhadap ulangan Bahasa Indonesia kelas XII IPA, yang memperoleh nilai

8 sebanyak 25 orang, nilai 7 sebanyak 4 orang, dan nilai 6 hanya 1 orang. Jumlah siswa 30 orang. (...)

Simpulan yang tepat untuk mengakhiri paragraf tersebut adalah....

A. Belum dapat dikatakan mereka pintar.

B. Mereka belum dikatakan siswa yang pandai.

C. Dapat dikatakan nilai mereka baik.

D. Jadi, guru mereka boleh berbangga.

E. Memang mereka anak yang rajin-rajin.

Jawaban: C


38. Teks 1

Pagi itu hujan lebat mengguyur Kota Bandar Lampung, Lampung. Hujan yang terjadi mulai pukul 04.30

WIB tadi membuat jalan menuju Stasiun Tanjung Karang, tepatnya Jalan Raden Intan, terendam banjir.

Pada malam hari genangan air setinggi sekitar 40 cm mengakibatkan kemacetan cukup panjang.

Teks 2

Ribuan rumah terendam banjir bandang di tiga kecamatan di Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi

Tengah. Para korban mengungsi ke daerah yang lebih aman. Kondisi itu terjadi pada Minggu pukul 03.00

WITA

Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah....

A. Teks 1 : urutan waktu

Teks 2 : urutan tempat

B. Teks 1 : urutan waktu

Teks 2 : urutan sebab-akibat

C. Teks 1 : urutan sebab-akibat

Teks 2 : urutan waktu

D. Teks 1 : urutan tempat

Teks 2 : urutan waktu

E. Teks 1 : urutan tempat

Teks 2 : urutan sebab-akibat

Jawaban: B


39. Bacalah Kutipan Berikut dengan Saksama!

“ Mau jenang, Mbok ?”

Hari itu Sabtu legi, weton saya. Weton adalah hari kelahiran menurut perhitungan kalender Jawa. Dan,

Sutini membuat bubur tujuh rupa agar saya tidak bikin gara-gara. Saya belum makan bagian kesukaan

saya, yang separo putih gurih dan separo manis gula merah. Tapi saya biarkan Mbok Jimah makan

sepiring yang saya sodorkan begitu pantatnya menyentuh ubin. Saya ingin ia menghabiskan dan pergi.

“ Terima kasih, Ndoro …” ia bergumam, lebih seperti menggerutu ketimbang bersyukur.

Watak tokoh “saya” dalam kutipan di atas adalah ....

A. Egois

B. Penyayang

C. Penurut

D. Suka berbagi

E. Tidak bersyukur

Jawaban: D


40. Cermati Kutipan Berikut!

Hati adalah raja demikian ungkapan yang sering kita dengar dalam kehidupan. Sehingga segala gerak

dan lakon kita didahului dengan niat yang ada di dalam hati. Jika kita berniat berbuat baik maka hasilnya

perbuatan baik pula. Akan tetapi, jika kita berniat buruk maka perilaku yang muncul buruk pula.

Gurindam yang tepat untuk melambangkan peristiwa tersebut adalah ....

A. Bersungguh-sungguh engkau memeliharakan tangan, daripada segala berat dan ringan.

B. Hati itu kerajaan di dalam tubuh, Jikalau lalim segala anggota pun rubuh.

C. Keaiban orang jangan dibuka. Keaiban sendiri hendaklah sangka

D. Apabila menerima kabar Menerimanya itu hendaklah sabar

E. Apabila banyak berkata-kata Di situlah jalan masuknya dusta

Jawaban: B


Demikian artikel terkait kumpulan soal usp bahasa indonesia kelas 12 sma smk terbaru lengkap kunci jawaban, mudah-mudahan dapat membantu dan bermanfaat.

Kesimpulan: Semua soal dan jawaban merupakan contoh dan tidak mutlak. Hanya buat latihan persiapan usp tahun ini dan siswa bisa bereksplorasi dengan jawaban lain. 

Tetap semagat ya teman-teman...


Tag:

soal usp bahasa indonesia kelas 12 kurikulum 2013,

soal usp bahasa indonesia kelas 12 pdf,

soal usp bahasa indonesia kelas 12 smk,

download soal usp bahasa indonesia kelas 12,

kunci jawaban soal usp bahasa indonesia kelas 12,

soal usp bahasa indonesia kelas 12 2023,

soal ujian sekolah bahasa indonesia kelas 12 smk 2023,

contoh soal usp bahasa indonesia,