Contoh Soal Moderasi Beragama PPPK Kemenag 2023 |
Layarmaya.id - Apa kabar sahabat pppk, Dalam postingan ini akan kami bagikan beberapa contoh soal moderasi beragama pppk kemenag 2023 terbaru lengkap jawaban.
Adapun contoh soal-soal yang dirangkum dalam artikel ini, merupakan soal dari kisi-kisi tes pppk serta cpns, dalam setiap pertanyaan telah disertai dengan kunci jawaban.
Sehingga kalian dapat mengoreksi hasil belajar sendiri, perbanyak latihan soal untuk mempersiapkan diri menghadapi tes cat pppk serta cpns.
Penting pula, kalian cermati setiap pertanyaan yang ada selanjutnya berikan jawaban terbaikmu. Selain belajar dari soal-soal yang ada disini, silakan cari referensi lainnya.
Karena, semakin banyak referensi yang kalian baca atau kerjakan maka semakin siap menghadapi tes pppk yang akan berlangsung.
Seperti kita tahu bersama, dalam cat pppk kemenag nantinya salah satu materi yang akan diujikan adalah mengenai moderasi beragama.
Dengan adanya moderasi beraga sendiri diketahui merupakan sebuah sikap atau pandangan yang digunakan untuk memandang adanya agama lain nantinya.
CONTOHSOAL MODERASI BERAGAMA PPPK KEMENAG
1. Pandangan dan sikap keagamaan yang menonjolkan superioritas kelompok, menutup diri, dan tidak mengakui pandangan dan keberadaan kelompok lain yang berbeda keyakinan.
Peryataan diatas merupakan penegertian dari ....
A. Eksklusivisme beragama
B. Intoleransi
C. Ekstremisme beragama
D. Ekstremisme kekerasan
E. Terorisme
2. Keyakinan dan/atau praktik beragama ultra-konservatif yang bertujuan meniadakan kehadiran pandangan dan keyakinan kelompok lain yang berbeda keyakinan dengan atau tanpa kekerasan.
Peryataan diatas merupakan penegertian dari ...
A. Eksklusivisme beragama
B. Intoleransi
C. Ekstremisme beragama
D. Ekstremisme kekerasan
E. Terorisme
3. Islam memiliki konsep kehidupan yaitu Islam rahmatan lil alamin, artinya ...
A. Ajaran Islam yang mendasar dan sekaligus menegakkan keseimbangan dalam penciptaan dan kesatuan kehidupan
B. Mencintai tanah air sebagian dari iman
C. Islam yang memberikan kedamaian dan menyebarkan nilai kasih sayang kepada seluruh alam
D. Ajaran Islam yang menyeluruh meliputi semua zaman, kehidupan, dan eksistensi manusia
E. Teladan yang baik bagi umat manusia
4. Berikut ini merupakan implementasi moderasi dalam level negara, antara lain ...
A. Kesiapan mengikuti semua petunjuk-Nya
B. Diberi mandat untuk memimpin dan mengelola bumi
C. Khalifah atau wakil Tuhan di bumi
D. Menciptakan kemashlahatan bersama
E. Menciptakan Sumber Daya Manusia yang moderat
5. Diskursus moderasi beragama di Indonesia dijabarkan dalam . . .
A. Moderasi Perkataan, Gerakan, dan Perbuatan
B. Moderasi Pemikiran, Gerakan, dan Perbuatan
C. Moderasi Pemikiran, Pemahaman, dan Perbuatan
D. Moderasi Pemikiran, Gerakan, dan Literasi
6. Islam rahmatan lil'alamin sebagai solusi dalam bernegara dan toleransi, kecuali...
A. Mengedepankan interen beragama
B. Mengokohkan bahwa ajarannya bersipat universal atau kebaikan untuk seluruh umat manusia, alam dan lingkungan
C. Berorientasi terhadap kemaslahatan, kebahagiaan dunia dan akhirat
D Wahyu Ilahi (Al-Qur’an) sebuah gagasan yang sempurna tanpa kelemahan dan kekurangan, gagasan suci dan autentik, yang dimanifestasikan dalam bentuk sikap dan perilaku yang berlandaskan nilai Islam
7. Faktor penyebab radikal, kecuali...
A. Inklusif
B. Bacaan yang salah terhadap sejarah umat Islam yang dikombinasikan dengan idealisasi berlebihan terhadap umat Islam pada masa tertentu
C. Deprivasi politik, sosial dan ekonomi yang masih bertahan dalam masyarakat
D. Pemahaman keagamaan yang literal, sepotong-sepotong terhadap ayat-ayat Al-Quran
8. “Moderasi” dalam al-Qur`an disebut dengan wasathiyyah, diambil dari kata?
A. Tawazun
B. Ummatan islam
C. Khayr Ummah
D. ummatan wasathan
9. Moderasi beragama merupakan sesuatu yang kontradiktif dengan paham radikalisme beragama. Karena pemahaman yang tidak menyeluruh tentang Islam dalam konteks radix atau akar tadi, menimbulkan pemahaman yang keliru tentang Islam. Pengertian dari radikalisme yang tepat yaitu ...
A. Gejala umum yang bisa terjadi dalam suatu masyarakat yang ditandai oleh tindakan-tindakan keras, ekstrim, dan anarkis sebagai wujud penolakan terhadap gejala yang dihadapi.
B. kemampuan untuk berpikir dan bertindak sesuai dengan mata hati (conscience) dan determinasi
C. sebuah ideologi, pandangan filsafat, dan tradisi politik yang didasarkan pada pemahaman bahwa kebebasan dan persamaan hak adalah nilai politik yang utama
D. keyakinan (kepercayaan) yang terlalu kuat terhadap ajaran (politik, agama, dan sebagainya)
E. Sebuah sikap menerima atau menghormati pandangan atau tindakan orang lain, sekalipun pandangan atau tindakan itu belum tentu disetujuinya.
10. Kata moderasi berasal dari bahasa latin moderatio, yang berarti ke- sedang-an (tidak berlebihan dan tidak kekurangan). Lantas, yang dimaksud dengan moderasi beragama yaitu sebagai berikut ...
A. Taklid
B. Ekstream
C. Berlebih-lebihan
D. mengedepankan keseimbangan dalam hal keyakinan
E. mengedepankan kesepakatan golongan dalam hal keyakinan
11. Menggambarkan watak Islam adalah moderat dalam hal bertindak, dan kesimbangan dalam segala urusan yang baik tindakan, ucapan atau pikiran. Hal berikut merupakan pengertian dari ...
A. Keimanan
B. Syari’at Islam
C. Moderasi beragama
D. Kerukunan beragama
E. Ekstrimisme beragama
12. Ruang lingkup moderasi beragama antara lain, ...
A. Keadilan, keseimbangan dan toleransi
B. Keadilan, persatuan dan humanisme
C. Ketuhanan, persatuan dan kerakyatan
D. Iman, taqwa dan syari’at
E. Iman, jamaah dan pedoman
13. Yang akan menggambarkan bahwa seseorang itu moderat dalam beragama mencakup empat indikator berikut ini, kecuali ...
A. Komitmen kebangsaan
B. Humanisme
C. Toleransi
D. Anti- kekerasan
E. Akomodatif
14. Moderasi Islam menjadi paham keagamaan keislaman yang mengewajantahkan ajaran Islam yang sangat esensial yaitu moderasi Islam yang lebih mengedepankan persaudaraan.
Dalam konteks kehidupan berbangsa, kita dihadapkan dengan masyarakat yang majemuk, tidak semua teman kita berasal dari agama yang sama. Dari uaraian tersebut, merupakan penerapan dari ...
A. Moderasi beragama
B. Moderasi Islam
C. Moderasi dalam akidah
D. Moderasi dalam syari’ah
E. Moderasi dalam akhlak
15. Dalam moderasi beragama, maka kita harus berhati-hati dengan paham radikalisme. Karena pemahaman yang tidak menyeluruh tentang Islam dalam konteks radix atau akar tadi, menimbulkan pemahaman yang keliru tentang islam Yang dimaksud dari radikalisme yaitu ...
A. Gejala umum yang bisa terjadi dalam suatu masyarakat yang ditandai oleh tindakan-tindakan keras, ekstrim, dan anarkis sebagai wujud penolakan terhadap gejala yang dihadapi.
B. keyakinan (kepercayaan) yang terlalu kuat terhadap ajaran (politik, agama, dan sebagainya)
C. kemampuan untuk berpikir dan bertindak sesuai dengan mata hati (conscience) dan determinasi
D. Sebuah sikap menerima atau menghormati pandangan atau tindakan orang lain, sekalipun pandangan atau tindakan itu belum tentu disetujuinya.
E. sebuah ideologi, pandangan filsafat, dan tradisi politik yang didasarkan pada pemahaman bahwa kebebasan dan persamaan hak adalah nilai politik yang utama
16. Berikut ini merupakan ciri-ciri radikalisme, kecuali ...
A. Mengklaim kebenaran tunggal dan menyesatkan kelompok lain yang tak sependapat
B. Berlebihan dalam beragama yang tidak pada tempatnya
C. Kasar dalam berinteraksi, keras dalam berbicara dan emosional dalam berdakwah
D. individu ataupun kelompok sosial terjamin hak-haknya sebagai manusia yang merdeka dan bermartabat
E. Mudah mengkafirkan orang lain yang berbeda pendapat
17. Di antara karakteristik ajaran Islam adalah al-washatiyyah (moderat) dan tawazun. Arti tawazun ialah?
A. Kemerdekaan
B. Kebersamaan
C. Keseimbangan
D. Kedinamisan
18. Dibawah ini merupakan contoh sikap moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari, kecuali..
A. Tidak membeda-bedakan teman yang berbeda agama
B. Melaksanakan ajaran agama yang dianutnya dengan tidak baik dan benar
C. Toleran terhadap pelaksanaan ibadah yang dianut pemeluk agama lain
D. Menghormati agama yang diyakini orang lain
19. Dikemukakan bahwa "Islam itu relevan untuk setiap zaman dan waktu".
Kalimat yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah...
A. Shalih laa zaman
B. Rojulun laa yadri wa laa yadri annahu laa yadri
C. Rojulun yadri wa yadri annahu yadri
D. Shalih li kulli zaman wa makan
20. Makna kandungan Al Quran surat Al hujurat 13 ?
A. Manusia diciptakan untuk saling mengenal baik laki-laki maupun perempuan
B. Allah tidak beranak dan tidak pula diperanakan
C. Rasulullah adalah nabi terakhir utusan Allah
D. Manusia harus mengingatkan dalam kesabaran dan kebaikan
21. Apa yang dimaksud dari sikap moderat ?
A. mengimani keberadaan malaikat sebagai makhluk ciptaan Allah SWT
B. sesuatu hal yang sifatnya terbaru, sesuatu yang mutakhir
C. seseorang dalam golongan tengah dari spektrum politik sayap kiri-kanan
D. mencita-citakan suatu masyarakat yang bebas, dicirikan oleh kebebasan berpikir bagi para individu
22. Berikut adalah sikap Moderasi Beragama...
A. seruan atas nama jihad agama untuk mengkafirkan sesama, bahkan boleh membunuh, menghunus pedang, memenggal kepala, dan menghalalkan darahnya
B. orang yang atas nama agama ingin mengganti ideologi negara, yang sudah menjadi kesepakatan bersama bangsa kita
C. cara pandang beragama dalam kehidupan bersama, dengan cara mengejawantahkan esensi ajaran agama - yang melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kemaslahatan umum, berlandaskan prinsip adil, berimbang, dan menaati konstitusi sebagai kesepakatan berbangsa
D. orang yang tidak sungguh-sungguh dalam menjalankan atau mengamalkan ajaran agamanya
23. Apa contoh melanggar batasan kemanusiaan?
A. Melakukan perbuatan terpuji
B. Sopan dan santun kepada orang lain
C. Toleransi
D. Melakukan perbuatan yang merendahkan martabat kemanusiaan
24. Mengapa moderasi agama islam sangat diperlukan di indonesia?
A. Agar bisa memecahkan persatuan kelompok antar umat beragama
B. Mendorong manusia bermusuhan dengan yang beragama
C. Agar bisa menjadi alasan untuk intoleran terhadap agama lain
D. Agar mampu menjadikan paham agamanya sebagai instrumen untuk menghargai perbedaan antar umat agama lain
E. Mendorong manusia bermusuhan dengan yang beragama
25. Yang merupakan contoh beragama yang berlebihan adalah..
A. Saling menghormati
B. Mengaji
C. Merendahkan agama orang lain
D. Sholat tepat waktu
26. Contoh moderasi adalah...
A. Tidak percaya diri
B. Malu
C. Sombong
D. Keberanian
27. Perhatikan ilustrasi berikut ini !
Dika dan Rico adalah sahabat, mereka berbeda agama. Dika beragama Islam. Rico beragama Kristen. suatu saat Dika diajak untuk mengikuti ibadah sesuai keyakinan Rico. Namun dengan sopan Dika menolaknya sengan baik .
hal itu menunjukkan Dika mengamalkan..........................
A. Qs. Al Kafirun 1- 6
B. Qs al Fatihah ayat 1- 4
C. Qs An Nas ayat 1 - 4
D. Qs. An Nashr ayat 1- 3
28. Yang termasuk penerapan moderasi beragama .................
A. mengatakan umat lain sebagai kafir
B. memicu pertengkaran antar agama
C. Umat Islam dituntut untuk menjiwai ajaran agamanya dengan mengedepankan berpikir, berperilaku, dan bersikap sikap tawazun (seimbang)
D. Umat Islam gampang terpecah belah
29. Ketika saya berkeyakinan, memiliki pengetahuan bahwa jilbab itu wajib maka saya akan
A. Mengkaji ulang pengetahuan saya atas Jilbab ketika ada yang mengatakan Jilbab tidak wajib
B. Menyalahkan orang yang mengatakan bahwa jilbab tidak wajib
C. Menyalahkan orang yang tidak berjilbab
D. Berdialog dengan mereka yang tidak berjilbab untuk mendapatkan perspektif berbeda
30. Ketika saya punya pendapat bahwa Jihad itu wajib, maka ketika orang lain mengatakan jihad tidak wajib, maka saya:
A. Mempertahankan dan memerintahkan orang untuk berjihad
B. Mempertahankan dan menyalahkan mereka yang tidak mau berjihad
C. Dialog dengan mereka yang tidak berpahaman sama
D. Mengkaji ulang bersama mereka yang berpahaman sama
31. Perhatikan ilustrasi berikut ini !
Ridho membuka media sosial yang dimilikinya. Tiba tiba muncul disitu pembahasan terkait dengan agama, lalu banyak yg mengomentari .
Ridhopun tak bisa menahan diri ikut mengolok - olok agama lain, Sehingga saling menjelek - jelekkan. Sikap Ridho tidak mencerminkan bahwa umat Islam sebagi penengah terhadap pertanyaanan sikap yang seharusnya Ridho lakukan adalah ....................
A. Tidak ikut mengolok olok
B. masa bodoh
C. ikut nimbrung , memprovokasi
D. semua benar
32. Sikap yang harus dilakukan kepada teman berbeda agama adalah..............
A. ikut beribadah
B. menghargai dan menghormati dengan ibadah masing - masing sesuai dengan agamanya
C. menganggap agama kita yang paling benar
D. mengolok - olok agama lain
33. Amati Kalimat berikut ini !
PENISTAAN AGAMA
Kalimat di atas menunjukkan adalah hal yang dilarang dalam agama Islam,berkaitan dengan perbedaan agama sesuai dengan Qs ....
A. al kafirun ayat 6
B. Al Ikhlas ayat 1
C. An Nas : 2
D. Al Fatihah : 2
34. Penangkalan dengan mengajarkan pencerahan kepada masyarakat tentang paham radikal, sehingga tidak terjadi pembiaran berkembangnya paham radikal, hal ini merupakan pengertian dari salah satu pencegahan radikalisme yang disebut dengan ...
A. Rehabilitasi
B. Reedukasi
C. Resosialisasi
D. Pembinaan wawasan kebangsaan
E. Pembinaan keagamaan
35. Saat ini banyak ditemukan perumahan yang dikembangkan sebagai hunian khusus bagi kelompok agama tertentu. Perumahan ini dikembangkan dengan aturan-aturan tertentu yang diyakini sebagai wujud dari implementasi hukum agama.
Dalam konteks perumahan eksklusif Muslim, Sosiolog Imam B. Prasojo menemukan fenomena perumahan yang hanya khusus bagi Muslim. Pemilik rumah di perumahan ini dilarang menjual rumah kecuali kepada orang yang beragama Islam.
Di perumahan ini juga ada beberapa peraturan, di antaranya: tak ada musik; shalat harus berjemaah; mengaji harus di masjid perumahan; perempuan tidak boleh keluar malam; dsb.
Terkait narasi diatas, berikut yang termasuk sikap ektrimisme beragama adalah.... .....
A. Senantiasa menjalankan ajaran agama yang dianutnya dengan sungguh-sungguh
B. Tidak mengikuti ibadah pemeluk agama lain tapi cukup menghormatinya
C. Tidak menyetujui adanya kezhaliman yang terjadi di masyarakat
D. Senantiasa mengajak kepada yang baik dan mencegah seseorang untuk melakukan keburukan
E. Mendakwahkan ajaran agamanya kepada pemeluk agama lain yang menolaknya
36. Dikisahkan bahwa suatu ketika al-Asy’ats bin Qais dan seorang Yahudi menghadap Rasulullah. Al-Asy’ats mengadu kepada Rasulullah karena tanahnya diambil seorang Yahudi tersebut. Setelah mendengar curhatan dan keluh kesah al-Asy’ats, Rasulullah tidak langsung menyalahkan seorang Yahudi dan memintanya untuk mengembalikan tanah yang diperebutkan tersebut kepada al-Asy'ats.
Rasulullah malah bertanya kepada al-Asy’ats apakah dirinya memiliki bukti kepemilikan atas tanah tersebut. Al-Asy’ats mengaku tidak memilikinya. Rasulullah kemudian meminta seorang Yahudi tersebut untuk bersumpah bahwa tanah itu memang miliknya, bukan milik al-Asy’ats sebagaimana yang dituduhkan.
Rupanya al-Asy’ats keberatan dengan cara Rasulullah itu. Ia mengklaim, kalau seandainya disuruh bersumpah untuk memenangkan persengketaan tanah itu maka seorang Yahudi tersebut akan melakukan hal itu dan mengambil tanahnya.
Dalam konteks moderasi beragama, sikap Rasulullah SAW dalam kisah diatas menunjukkan bahwa Rasulullah SAW memiliki sikap....
A. Menjunjung kemaslahatan umum
B. Adil
C. Anti kekerasan
D. Penghormatan terhadap tradisi
E. Komitmen terhadap kebangsaan
37. Suatu hari anak Gubernur Mesir Amr bin Ash, memukul seorang petani miskin. Sang petani tidak menerima perlakuan itu, ia kemudian protes dan menemui Umar bin Khattab seraya menuntut agar Khalifah menghukumnya dengan setimpal.
Khalifah Umar lalu memanggil Abdullah, anak Gubernur itu dan berkata kepadanya, ‘sejak kapan kamu memperbudak orang padahal ibunya melahirkan ia dalam keadaan merdeka?.
Abdullah diam dalam ketakutan yang luar biasa. Umar lalu mempersilahkan petani miskin tadi untuk membalasnya.
Prilaku Umar bin Khattab pada kasus tersebut apabila dikaitkan dengan prilaku yang terjadi di lingkungan kelas adalah....
A. Guru memberi teguran yang sangat keras kepada siswa yang tidak disiplin di kelas
B. Ahmad memberi bantuan hukum kepada Fatoni yang terkena kasus pidana
C. Panji telah melakukan kesalahan kepada temannya, maka ia harus bersedia menerima sanksi
D. Maysitoh memberi kesempatan kepada Hadijah untuk meminta maaf atas kesalahannya
E. Bahrul Ulum tiba-tiba memukul orang yang telah melakukan penganiyaan terhadap dirinya
38. Diriwayatkan Imam At-Tirmizi, beliau (Rasulullah) pernah mengatakan betapa indahnya engkau wahai negeriku (Mekkah). Betapa saya sangat cinta kepadamu. Seandainya kaumku tidak mengeluarkanku darimu, tentu saya tidak akan bertempat tinggal selain dirimu,"
Ucapan itu dilontarkan Nabi Muhammad saat keluar dari Mekkah seraya berlinangan air mata. Rasulullah sangat terpaksa meninggalkan negeri tempat tumpah darahnya. Prilaku Rasulullah SAW
Pada kisah tersebut apabila dikaitkan dengan prilaku yang terjadi di lingkungan masyarakat adalah....
A. Pergi keluar negeri untuk menghindari kasus hukum yang menjeratnya
B. Memprioritaskan barang -barang impor dari luar negeri yang sangat baik kualitasnya
C. Mendukung suku dan agamanya meskipun berada di pihak yang salah
D. Mempertentangkan antara ajaran agama yang dianutnya dan hukum yang berlaku di negaranya
E. Bersikap terbuka kepada seluruh anak bangsa tanpa melihat agamanya
39. Pada dasarnya semua umat beragama (dalam hal ini manusia sebagai pelaku) sangat mendambakan perdamaian, kasih sayang, cinta kasih dan hidup bahagia bersama orang-orang yang dicintainya.
Secara normatif hal itu telah menjadi ajaran semua agama yang termaktub dalam teks-teks kitab suci masing- masing. Meletakkan agama sebagai salah satu varian potensi konflik adalah hal yang tidak mudah.
Sebab agama selalu diasosiasikan dengan ajaran yang penuh dengan nilai kedamaian dan keselamatan serta sakral. Sepanjang sejarah, agama mempunyai implikasi terhadap munculnya violence dan war.
Fakta seringkali menunjukkan bahwa agama dapat dan menjadi pemicu terjadinya kekerasan. Pemeluk agama menjadi doktrin agama sebagai main drive, primum mobile dan push factor kekerasan yang mereka lakukan.
Dari narasi di atas, yang tidak termasuk faktor utama pemicu konflik antar umat beragama di era digital saat ini ialah....
A. Dogma (belief) yaitu perbedaan pandangan yang terjadi sangat sensitif dan rentan menimbulkan konflik
B. Perbedaan ritual baik internal maupun eksternal umat beragama
C. Perbedaan penafsiran terhadap teks suci
D. Pemuka agama yang otoritatif sehingga melahirkan pengikut yang fanatik
E. Penggunaan media sosial dalam dakwah di era digital
40. Bhinneka Tunggal Ika sebagai salah satu falsafah Bangsa Indonesia memang harus selalu dijaga dan diterapkan. Hal ini guna menjaga kerukunan antar umat beragama, juga suku dan ras.
Salah satu hal untuk menjaga kerukunan itu ialah melalui forum diskusi dan dialog lintas agama dan budaya. Tujuan dari dialoglintas agama adalah menciptakan kedamaian dan saling menghargai antar pemeluk agama.
Sehingga terwujud kenyamanan dalam mencapai kesejahteraan, peningkatan ekonomi dan kestabilan politik.
Terkait dengan narasi di atas, berikut ini yang tidak termasuk aturan dasar dalam dialog lintas agama adalah...
A. tujuan dialog adalah untuk belajar
B. tidak boleh membandingkan pemikiran ideal dengan pemikiran yang dikemukakan patner
C. dialog dilakukan atas dasar saling percaya
D. memberi kritik terhadap dirinya sendiri
E. tidak boleh mencoba mengalami agama patnernya
UNTUK PERTANYAAN 41-44 MEMAKAI STIMULUS BERIKUT:
Persekutuan Gereja-gereja di Kabupaten Jayapura (PGGJ) menolak renovasi Masjid Agung Al-Aqsha di Sentani, Papua. Di antara alasannya, menara masjid itu lebih tinggi dari gereja di sekitar lokasi di Jalan Raya Abepura.
Penolakan itu termuat dalam sebuah surat pernyataan mengatasnamakan PGGJ dan merinci delapan poin keberatan.
Selain pertanyaan menara masjid, tujuh poin lain: pelantang suara harus diarahkan ke masjid; membatasi dakwah Islam di Jayapura; melarang anak sekolah memakai seragam "bernuansa agama tertentu"; melarang "ruang khusus seperti mushalla" pada fasilitas umum; melarang pembangunan masjid dan musala di area perumahan KPR BTN; pembangunan rumah ibadah wajib mendapatkan rekomendasi bersama PGGJ, pemerintah daerah, dan pemilik hak ulayat sesuai peraturan pemerintah; serta mendesak pemerintah provinsi dan DPR Jayapura menyusun Raperda tentang "kerukunan umat beragama" di Jayapura.
Berdasar data Badan Pusat Statistik Provinsi Papua tahun 2017, pemeluk Kristen Protestan maupun Katolik berjumlah 85 persen. Sementara umat Islam berjumlah 15,12 persen dari total penduduk.
Di Kabupaten Jayapura, umat Kristen berjumlah 59 persen dari total penduduk, baik Protestan maupun Katolik. Sementara umat Islam mencapai 41 persen.
41. Setelah melakukan analisis menggunakan iceberg analisis, yang menjadi “mental model” dari peristiwa di atas adalah....
A. Regulasi dan program pemerintah belum responsif
B. Keberagamaan isu sensitif
C. Trend mayoritarianisme
D. Kelompok masyarakat yang beragama secara ekstrim dalam berbagai bentuk
E. Pendidikan agama kurang memperkuat keberagamaan yang moderat
42. Dari peristiwa yang ada pada teks di atas, dengan memakai iceberg analisis, yang menjadi “event” dari peristiwa di atas adalah....
A. Persekutuan Gereja Kabupaten Jayapura menolak renovasi Masjid Agung
B. Trend spiritualitas
C. Tokoh agama kurang mampu bersaing
D. Pemda mengikuti tekanan kelompok mayoritas
E. Masih banyak prioritas lain
43. Sesudah melakukan analisis menggunakan iceberg analisis, yang menjadi “pattern of behavior” dari peristiwa di atas ialah....
A. Pendidikan agama kurang memperkuat keberagamaan yang moderat
B. Pemda mengikuti tekanan kelompok mayoritas
C. Media Sosial memberikan ruang untuk pesan ekstrim
D. Trend mayoritarianisme
E. Keberagamaan isu sensitif
44. Sesudah melakukan analisis menggunakan iceberg analisis, yang menjadi “system structure” dari peristiwa di atas adalah....
A. Trend spiritualitas
B. Masih banyak prioritas lain
C. Regulasi dan program pemerintah belum responsif
D. Beragama secara instan
E. Takut didemo
UNTUK PERTANYAAN 45-48 MEMAKAI STIMULUS BERIKUT:
Spanduk penolakan itu terpampang di tembok pinggir Jalan Kolonel Ahmad Syam, Kompleks IPB Baranangsiang IV. Isinya, pernyataan warga plus tokoh masyarakat Bogor Utara yang menolak pembangunan Masjid Imam Ahmad bin Hanbal di wilayah mereka di Kelurahan Tanah Baru.
Alasannya, pihak masjid tidak melakukan sosialisasi atas rencana renovasi masjid itu. Setidaknya ada empat spanduk penolakan di dekat pembangunan masjid.
Di balik penolakan, ada sentimen keyakinan yang menyinggung warga ketika masjid itu menyiarkan dakwah.
Warga kerap dinyatakan bid’ah karena melakukan kegiatan maulid Nabi, salawat, dan tawasul. “Menolak dengan tegas pembangunan dan keberadaan masjid Imam Ahmad bin Hanbal” tulis warga. “Sampai Kapan pun”. Muara penolakan bermula dari dakwah masjid Imam Ahmad bin Hanbal. Warga yang kebanyakan kaum Nahdliyin merasa tersinggung dengan isi dakwah yang kerap menyerempet akidah yang selama ini dijalani warga.
Apalagi kebanyakan warga Bogor Utara sering melakukan tradisi maulidan termasuk ziarah kubur dan tawasulan. Alasan kebanyakan warga menolak masjid karena tidak menerima akidah mereka dinyatakan bid’ah.
Dakwah salafi dari masjid tersebut bikin banyak warga tersinggung lantaran tradisi keagamaan warga kerap dianggap tidak sesuai dengan Alquran dan hadis. Menyimpan masalah sejak awal, Masjid Imam Ahmad bin Hanbal sudah 16 tahun berdiri di wilayah lingkungan RT 05/ RW 10 itu.
Ketika pertama berdiri, warga juga sempat menyuarakan penolakan. Namun, belakangan sikap warga menjadi cair. Warga dan tokoh masyarakat memberikan izin berdirinya masjid tersebut atas dasar kesepakatan.
Salah satu poin kesepakatan itu: dakwah masjid tidak menyenggol akidah yang selama ini dijalani warga, yakni tahlilan, ziarah kubur termasuk juga maulid nabi—tradisi keagamaan yang melekat pada kalangan Nahdlatul Ulama.
Masalah menjadi sensitif ketika ada rencana renovasi masjid pada Maret 2016. Masjid lama, yang dibangun pada 2001, dirobohkan untuk dibangun empat lantai.
Momentum ini menjadi pengungkit warga yang sudah gelisah dengan isi ajaran dakwah dari masjid tersebut, mendorong warga melakukan penolakan dan akhirnya memasang sejumlah spanduk di lokasi pembangunan masjid.
Warga yang tinggal di lingkungan paling dekat masjid sama sekali tak dimintai persetujuan. Penolakan warga sampai ke meja Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, politikus dari Partai Amanat Nasional. Pada Desember lalu warga beserta tokoh masyarakat Bogor Utara melakukan pertemuan di kantor Wali Kota bersama jemaah masjid Imam Ahmad bin Hanbal.
Hasilnya adalah pembangunan masjid "dihentikan sambil melengkapi aspek teknis dan non-teknis."
45. Setelah melakukan analisis menggunakan proses-U, yang menjadi bagian dari proses “rethinking” dari peristiwa di atas ialah....
A. merubah tren spritualitas instan
B. tidak terjadi gesekan antar internal umat agama
C. merubah Trend mayoritarianisme
D. regulasi harus diperkuat
E. perbedaan pandangan keagamaan adalah isu penting dan prioritas
46. Setelah melakukan analisis menggunakan proses-U, yang menjadi bagian dari proses “redesigning” dari peristiwa di atas ialah....
A. merubah tren spritualitas instan
B. tidak terjadi gesekan antar internal umat agama
C. merubah Trend mayoritarianisme
D. regulasi harus diperkuat
E. perbedaan pandangan keagamaan adalah isu penting dan prioritas
47. Sesudah melakukan analisis menggunakan proses-U, yang menjadi bagian dari proses “reframing” dari peristiwa di atas ialah....
A. terjadi sikap ekstrimisme dalam beragama
B. tidak terjadi gesekan antar internal umat agama
C. mengubah trend mayoritarianisme menjadi kesetaraan
D. regulasi harus diperkuat
E. perbedaan pandangan keagamaan adalah isu penting dan prioritas
48. Setelah melakukan analisis menggunakan proses-U, yang menjadi bagian dari proses “reacting” dari peristiwa di atas adalah....
A. terjadi sikap ekstrimisme dalam beragama
B. tidak terjadi gesekan antar internal umat agama
C. mengubah trend mayoritarianisme menjadi kesetaraan
D. regulasi harus diperkuat
E. perbedaan pandangan keagamaan adalah isu penting dan prioritas
49. Perhatikan Q.S. Al-Hujurat ayat 13 berikut ini!
يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ
Pada penggalan ayat yang bergaris bawah di atas memiliki arti “ Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal.
Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal."
Asbabun Nuzul ayat ini berkaitan dengan peristiwa yang sangat erat dengan sikap moderasi dalam beragama, yaitu perbedaan suku, ras, bangsa tidak menjadi alasan untuk tidak saling menghormati.
Berikut ini peristiwa yang menyebabkan ayat ini turun adalah ....
A. Bilal bin Rabah naik ke atas Ka'bah dan menyerukan azan pada peristiwa fathul Makkah
B. Muadz bin jabal dikirim ke Yaman untuk berdakwah oleh rasulullah SAW
C. Abdurahman bin Auf menginfakkan hasil perniagaannya untuk penduduk Madinah
D. Rasulullah SAW berhijrah dari Makkah menuju Madinah
E. Utsman bin Affan membeli sumur dari seorang Yahudi
50. Perhatikan Q.S. Al-Baqarah 256 berikut ini !
لَا إِكْرَاهَ فِي الدِّينِ ۖ قَدْ تَبَيَّنَ الرُّشْدُ مِنَ الْغَيِّ ۚ فَمَنْ يَكْفُرْ بِالطَّاغُوتِ وَيُؤْمِنْ بِاللَّهِ فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقَىٰ لَا انْفِصَامَ لَهَا ۗ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ
Pada penggalan ayat yang bergaris bawah di atas memiliki arti “ tidak ada paksaan dalam agama”. Kesimpulan ungkapan tersebut memiliki makna....
A. Agama tidak boleh memaksa pemeluknya untuk beribadah
B. Dalam beragama asas kebebasan sangat dijunjung tinggi
C. Kebebasan seseorang dalam beragama terikat dengan kebebasan beragama orang lain
D. Tidak ada unsur pemaksaan untuk memeluk agama Islam
E. Setiap agama tidak memaksa pemeluknya
51. Perhatikan Qs Surat Al-Baqarah ayat 143 !
وَكَذَٰلِكَ جَعَلْنَٰكُمْ أُمَّةً وَسَطًا لِّتَكُونُوا۟ شُهَدَآءَ عَلَى ٱلنَّاسِ وَيَكُونَ ٱلرَّسُولُ عَلَيْكُمْ شَهِيدًا ۗ وَمَا جَعَلْنَا ٱلْقِبْلَةَ ٱلَّتِى كُنتَ عَلَيْهَآ إِلَّا لِنَعْلَمَ مَن يَتَّبِعُ ٱلرَّسُولَ مِمَّن يَنقَلِبُ عَلَىٰ عَقِبَيْهِ ۚ وَإِن كَانَتْ لَكَبِيرَةً إِلَّا عَلَى ٱلَّذِينَ هَدَى ٱللَّهُ ۗ وَمَا كَانَ ٱللَّهُ لِيُضِيعَ إِيمَٰنَكُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ بِٱلنَّاسِ لَرَءُوفٌ رَّحِيمٌ
ayat tersebut menerangkan.................
A. Allah menjadikan (umat Islam), umat yang menjadi penengah(washathan) dalam setiap perPertanyaanan
B. Allah memerintahkan manusia untuk melakukan kebaikan
C. Allah Swt memerintahkan manusia untuk berbuat baik kepada orangtua
D. allah Swt melarang manusia menghardik anak yatim
Demikian artikel terkait contoh Soal Moderasi Beragama PPPK Kemenag 2023 Lengkap Jawaban yang bisa kalian gunakan untuk bahan belajar. Semoga berguna dan bermanfaat.()
TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG!!!
Tag:
soal moderasi beragama pppk kemenag 2023,
contoh soal moderasi beragama pppk kemenag 2023,
soal moderasi beragama pppk pdf,
soal moderasi beragama pdf,
soal pedagogik pppk kemenag,
seleksi kompetensi tambahan pppk kemenag,
soal pedagogik ppg kemenag 2022 pdf,
100 soal p3k,
latihan soal pppk online,
soal pppk kompetensi teknis,
contoh soal pppk guru,
download soal pppk teknis,
materi kompetensi teknis pppk,
soal pppk teknis pdf,
kumpulan soal p3k dan jawabannya,