Kumpulan Soal PPPK Teknis Guru Terbaru Lengkap Jawaban

kumpulan soal p3k guru sd dan jawabannya,  100 soal p3k guru sd,  soal kompetensi teknis pdf,  download kumpulan soal p3k dan jawabannya pdf,  kumpulan soal p3k guru dan jawabannya,  download soal p3k guru sd,  soal pppk kompetensi teknis,  download soal kompetensi teknis guru sd,
Kumpulan Soal PPPK Teknis Guru Terbaru Lengkap Jawaban

Layarmaya.id - Apa kabar sahabat pppk, Dalam postingan ini akan kami bagikan kumpulan contoh soal tes PPPK atau CPNS terbaru tahun ini.

Terkait kumpulan soal yang dirangkum dalam artikel ini, merupakan soal dari kisi-kisi tes PPPK serta CPNS, dalam setiap pertanyaan telah disertai dengan kunci jawaban. 

Sehingga kalian dapat mengoreksi hasil belajar sendiri, perbanyak latihan soal untuk mempersiapkan diri menghadapi tes PPPK serta CPNS khususnya terkait Kompetensi Teknis seorang guru.

Penting pula, kalian Cermati setiap pertanyaan yang ada selanjutnya berikan jawaban terbaikmu. Selain belajar dari soal-soal yang ada disini, silakan cari referensi lainnya. Karena, semakin banyak referensi yang kalian baca atau kerjakan maka semakin siap menghadapi tes PPPK.


SOAL KOMPETENSI TEKNIS PPPK GURU

1. Di dalam proses pembelajaran, agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif maka guru perlu mempunyai sikap sebagai berikut, kecuali ....

A. mendorong speserta didik untuk membuat keputusan sendiri

B. memberi balikan dan pengayaan sebagaimana diperlukan

C. mengusahakan suasana belajar yang menyenangkan

D. memasukan unsur yang tidak diperkirakan sebelumnya

E. menjadi fasilitator dalam proses pembelajaran


2. Kriteria atau acuan dan pedoman dasar dalam menentukan pencapaian minimal hasil belajar peserta didik disebut ....

A. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

B. Standar Batasan Minimum Kelulusan

C. Ambang Batas Minimum Lulus

D. Nilai Ketuntasan Minimal

E. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)


3. Aspek yang berkaitan dengan perasaan, emosi, sikap, dan derajat penerimaan maupun penolakan terhadap suatu obJek peserta didik ....

A. Afektif

B. Kognitif

C. Psikomotorik

D. Emotif

E. Sensitif


4. Kemampuan yang dapat dilakukan atau ditampilkan untuk suatu mata pelajaran maupun kompetensi dalam mata pelajaran tertentu harus dimiliki oleh peserta didik disebut ....

A. Kompetensi Dasar

B. Standar Kompetensi

C. Indikator

D. Kompetensi Lulusan

E. Kecakapan Hidup


5. Berikut ini adalah prinsip-prinsip dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kecuali ....

A. Memperhatikan perbedaan individu

B. Mendorong partisipasi aktif peserta didik

C. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut

D. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi

E. Keterkaitan dan keterpaduan isi dan silabus


6. Berikut ini yang tidak termasuk dalam beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh guru professional adalah....

A. Kompetensi Pedagogik

B. Kompetensi Kepribadian

C. Kompetensi Profesional

D. Kompetensi Sosial

E. Kompetensi Keahlian


7. Komponen Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) terdiri atas beberapa hal berikut ini, kecuali ....

A. Identitas mata pelajaran

B. Standar Kompetensi

C. Kompetensi Dasar

D. Kompetensi Peserta Didik

E. Kegiatan Pembelajaran


8. Berikut ini adalah beberapa inovasi pendidikan yang pernah dicetuskan oleh pemerintah, kecuali ....

A. Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA)

B. Guru Pamong

C. Sistem Belajar Jarak Jauh

D. Sekolah Mandiri

E. Sekolah Kecil


9. Undang-undang yang mengatur tentang sistem Pendidikan nasional adalah ....

A. Undang-undang RI Nomor 9 Tahun 2003

B. Undang-undang RI Nomor 11 Tahun 2003

C. Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003

D. Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2003

E. Undang-undang RI Nomor 25 Tahun 2003


10.Peraturan Menteri Pendidikan nomor 20 Tahun 2007 mengatur tentang ....

A. Standar Penilaian Pendidikan

B. Standar proses belajar mengajar

C. Penilaian berbasis kelas

D. Sertifikasi Guru

E. Guru dan Dosen


11. Kedudukan dosen sebagai tenaga profesional ditetapkan dalam ....

A. Bab II pasal 3 UU Guru dan dosen No. 14 Tahun 2005

B. Bab II pasal 2 UU Guru dan Dosen No. 4 Tahun 2005

C. Bab II pasal 3 UU Guru dan Dosen No. 20 Tahun 2005

D. Bab II pasal 2 UU Guru dan Dosen No. 14 Tahun 2005

E. Bab II pasal 3 UU Guru dan Dosen No. 14 Tahun 2005


Prinsip profesionalitas yang harus dimiliki dosen maupun guru sesuai UU Guru dan Dosen adalah sebagai berikut, kecuali ....

A. Memiliki bakat, minat, panggilan jiwa, dan idealism.

B. Memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu Pendidikan, keimanan, ketaqwaan, dan akhlak mulia.

C. Mampu mengenal karakteristik setiap peserta didik di sekolah maupun setiap mahasiswa pada perguruan tinggi.

D. Memiliki kualifikasi akademik dan latar belakang Pendidikan sesuai dengan bidang tugas

E. Memiliki kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugas


13. Di bawah ini yang termasuk kewajiban seorang guru dan dosen adalah ....

A. Melaksanakan pendidikan, penelitian, dan mengabdi kepada masyarakat.

B. Memperoleh penghasilan diatas kebutuhan minimum dan jaminan kesejahteraan sosial.

C. Mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan tugas dan prestasi.

D. Memperoleh perlindungan dalam melaksanakan tugas dan hak atas kekayaan intelektual

E. Memiliki kebebasan dalam memberikan penilaian dan penentuan kelulusan peserta didiknya.


14. Berikut ini yang tidak termasuk dalam aspek evaluasi kurikulum adalah ....

A. Evaluasi hasil implementasi kurikulum

B. Evaluasi implementasi kurikulum

C. Evaluasi dokumen kurikulum

D. Evaluasi reflektif

E. Evaluasi komprehensif


15. Berikut ini merupakan permasalahan dalam Pendidikan yang mendasar, kecuali ....

A. Mahalnya biaya Pendidikan

B. Korupsi dana Pendidikan

C. Kurangnya minat masyarakat akan Pendidikan

D. Kurangnya fasilitas Pendidikan

E. Diskriminasi Status Guru


16. upaya peserta didik bereaksi terhadap materi yang kita berikan, maka gambar yang akan digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses belajar S – R haruslah ....

A. Berwarna Ggelap

B. Seminimal mungkin

C. Berwarna warni

D. Semaksimal mungkin

E. Berwarna cerah


17. Dibawah ini merupakan contoh akan adanya dampak dari keyakinan pada kemampuan diri seorang peserta didik, yaitu ....

A. Andi dapat menyelesaikan tugasnya dengan bantuan orang tua. 

B. Budi merasakan sakit perut karena akan mengikuti tes.

C. Carlos merasakan pusing setelah mengerjakan tugas yang diberikan guru

D. Dendi menangis setelah berantem dengan agus untuk berebut mengerjakan tugas.

E. Erni malu bertanya Ketika mendapatkan kesulitan memecahkan permasalahan soal yang diberikan guru.


18. DI dalam menerapkan strategi pembelajaran berbasis multiple intelegensi, ada langkah-langkah yang dapat digunakan antara lain ....

A. Membuat kebijakan baru mengenai strategi pembelajaran

B. Mengkaji Kembali apa yang telah dipelajari oleh peserta didik

C. Memberdayakan semua intelegensi yang dimiliki peserta didik.

D. Menyediakan fasilitas yang lengkap untuk semua jenis kecerdasan

E. Memberikan fasilitas sederhana sebagai penunjang kecerdasan peserta didik.


19. Kegiatan berikut ini yang merupakan salah satu cara untuk mengaktifkan indra peserta didik agar dapat berkembang secara maksimal, yaitu ....

A. Peserta didik berolahraga di lapangan terbuka.

B. Guru memberi hadiah kepada peserta didik berprestasi

C. Peserta didik diajak berkarya wisata

D. Peserta didik belajar diruang laboratorium Bahasa

E. Peserta didik berwisata di alam terbuka


20. Pada waktu mengajar, guru memberikan hadiah ataupun pujian kepaada peserta didik yang berhasil menjawab atau menyelesaikan sebuah soal. Dalam hal ini, guru menerapkan teori belajar

A. Clasical Conditioning

B. Connectionesm

C. Behaviorism

D. Operant Conditioning

E. Problem Solving


21. Terdapat beberapa tahap yang harus dilalui oleh seorang guru pada saat mengembangkan strategi pembelajaran. Salah satunya adalah guru menetapkan atau merumuskan tujuan untuk mengukur keberhasilan dari proses pembelajaran tersebut.

Apakah yang dapat dilakukan oleh guru tersebut pada tahapan pengembangan ?

A. Kurikulum

B. Kerangka pembelajaran

C. Sistem Pembelajaran

D. Rencana Pembelajaran

E. Evaluasi Pembelajaran


22. Alat ukur yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan efektif peserta didik adalah ....

A. Tes objektif

B. Tes berupa angket

C. Tes kemampuan gerak

D. Tes kemampuan fungsional otot tubuh

E. Tes Psikomotorik anak


23. Langkah pertama untuk mencari nilai rata-rata untuk data yang tidak dikelompokan dapat dilakukan dengan ....

A. Menjumlahkan data nilai yang diperoleh

B. Menentukan jumlah keseluruhan pada data yang diperoleh

C. Menentukan nilai rata-rata dengan pendekatan rumus

D. Mencari nilai tertinggi dan terendah data yang diperoleh

E. Menentukan rentangskor nilai tertinggi dikurangi skor nilai terendah


24. Berikut ini yang tidak termasuk dalam karakteristik kecerdasan interpersonal adalah....

A. Mampu beradaptasi dengan lingkungan belajar

B. Mampu bermain dalam kelompok

C. Mudah berkonsentrasi

D. Mampu menjadi pemimpin

E. Peka terhadap teman


25. Suatu teori belajar dikembangkan untuk membangun prinsip-prinsip belajar secara ilmiah. Ini merupakan tujuan dari teori belajar ....

A. Insight

B. Behaviorisme

C. Kogniitif

D. Conditioning

E. Connectionism


KUNCI JAWABAN

1. B     11. A       21. A   

2. E     12. C       22. B 

3. A     13. A       23. A 

4. B     14. E       24. C 

5. E     15. C       25. C 

6. E     16. D

7. D     17. B     

8. D     18. C 

9. C     19. D 

10. A    20. B 


Sekian beberapa kumpulan soal PPPK tahun ini untuk kompetensi teknis guru yang bisa kalian gunakan untuk bahan belajar di rumah. 

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG!!!


Tag: 

kumpulan soal p3k guru sd dan jawabannya,

100 soal p3k guru sd,

soal kompetensi teknis pdf,

download kumpulan soal p3k dan jawabannya pdf,

kumpulan soal p3k guru dan jawabannya,

download soal p3k guru sd,

soal pppk kompetensi teknis,

download soal kompetensi teknis guru sd,