Kumpulan Soal PPG Kemenag 2023 dan Kunci Jawaban

kumpulan soal ppg kemenag 2023  download soal ppg kemenag 2023  contoh soal ppg dan kunci jawaban,  soal ppg mapel qurdis,  latihan soal up ppg online,  soal ppg pedagogik pdf,  contoh soal ppg tentang ayat-ayat muhkamat dan mutasyabihat,  soal up ppg pgsd terbaru,  soal up pai,  soal ppg al qur'an hadis 2022,
Kumpulan Soal PPG Kemenag 2023 dan Kunci Jawaban

Layarmaya.id - Berikut kumpulan soal PPG Kemenag 2023 terbaru dan kunci jawabannya. kumpulan soal PPG Kemenag ini, bisa dipelajari oleh peserta yang mengikuti USKA-PPG atau Ujian Seleksi Kompetensi Akademik Pendidikan Profesi Guru Daljab/Madrasah dalam Jabatan 2023.

Kemenag (Kementerian Agama) menggelar program PPG yang salah satu tahap awalnya yaitu pre test. Pre test ini perlu dilakukan supaya bisa mengukur penguasaan tiap materi belajar bagi para calon peserta yang mengikutin program ini.

Adapun pengumuman terkait jadwal seleksi akademik PPG Dalam Jabatan sudah dirilis oleh Direktorat PPG Kemdikbut lewat laman resmi dan media sosial. Ujian seleksi kompetensi PPG Kemenag 2023 ini bisa menambah kualitas para guru. 

Untuk para calon peserta yang akan mengikuti USKA-PPG Kemenag 2023, perlu untuk mempersiapkan diri supaya bisa menjawab seluruh soal dengan mudah. Disini kami akan memberikan kumpulan soal PPG Kemenag 2023 terbaru dan kunci jawabannya. 


Berikut kumpulan soal PPG Kemenag 2023 lengkap dengan jawabannya:

1. Hal yang mengandung makna Pancasila sebagai kaidah dasar Negara bersifat…….

a. jujur dan adil

b. mengikat dan memaksa

c. sementara dan selamanya

d. sebenarnya dan sejujurnya

Jawaban: B


2. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar…

a. Behaviorisme

b. Konstruktivisme

c. Kognitivisme

d. Sibernati

Jawaban: C


3. Jika roda pertama berputar 3 kali, dan roda kedua berputar 9 kali, berapa kali roda kedua akan berputar jika roda pertama berputar 10 kali

a. 30

b. 21

c. 27

d. 18

Jawaban: A


4. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:

a. Silabus

b. RPP

c. Silabus dan RPP

d. SKL

Jawaban: B


5. Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya. Ilustrasi ini berkaitan dengan perkembangan ....

a. kemampuan kognitif

b. kemampuan interaksional

c. kemampuan integrasi diri

d. kemampuan komunikatif

Jawaban: A


6. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah....

a. kemampuan berkomunikasi

b. kemampuan untuk memecahkan masalah

c. kemampuan berinteraksi

d. kemampuan untuk mengintegrasikan diri

Jawaban: B


7. Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.

Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spiritual pada tahapan ...

a. penalaran pascakonvensional

b. penalaran konvensional

C. penalaran prakonvensional

D. penalaran interkonvensional

Jawaban: A


8. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....

a. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

b. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah- langkah pembelajaran, evaluasi

c. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

d. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran

Jawaban: A


9. Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....

a. Membantu siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya

b. Membantu siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya

c. Membantu siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar

d. Membantu siswa agar memperoleh informasi tertentu

Jawaban: C


10. Seorang peserta didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih senang tinggal di sekolah sampai sore, petugas kebersihan sekolah sampai menyuruhnya pulang karena matahari hampir tenggelam. Peserta didik tersebut dicurigai memiliki hambatan pengembangan potensi berupa faktor ....

a. intelegensi dan kognitif

b. budaya dan pembiasaan

C. keluarga dan lingkungan masyarakat

D. emosional dan kepribadian

Jawaban: C


11. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….

A. Kognitif

B. Sosial

C. Emosional

D. moral

Jawaban: C


12. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut…

A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar

B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan

C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru

D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satuan pendidikan

Jawaban: A


13. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…

A. Behaviorisme

B. Humanistik

C. Sibernetik

D. Konstruktivisme

Jawaban: A


14. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ....

A. mengemukakan gagasan

B. mengaktualisasikan diri

C. penciptaan hubungan yang baik

D. memformulasikan tindakan

Jawaban: C


15. Kemampuan berpikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia

a. 0 - 2 tahun

b. 2 -- 7 tahun

c. 7 -- 11/12 tahun

d. 11/12/ -- 14/15 tahun

Jawaban: C


15. Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran memiliki tiga fungsi utama yang di gunakan dalam kegiatan pembelajaran kecuali

a. Teknologi sebagai alat bantu bagi Siswa dalam pembelajaran

b. Teknologi sebagai ilmu pengetahuan (science)

c. Teknologi sebagai bahan dan alat bantu pembelajaran (literacy)

d. Teknologi sebagai alat pengembangan produk

Jawaban:D


16. Beberapa siswa memiliki kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal atau tugas dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan .Gaya belajar para siswa tersebut adalah…….

a. implusive

b. reflektif

c. gaya berfikir terikat

d. gaya berfikir bebas

Jawaban: A


17. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar…

a. Behaviorisme

b. Konstruktivisme

c. Kognitivisme

d. Sibernati

Jawaban: C


18. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…

a. Behaviorisme

b. Humanistik

c. Sibernetik

d. Kontruktivisme

Jawaban: A


19. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:

a. Silabus

b. RPP

c. Silabus dan RPP

d. SKL

Jawaban: B


20. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….

a. Sibernetik

b. Humannistik

c. Behaviorisme

d. Konstruktivisme

Jawaban: D


21. Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat menentukan manfaat atau kegunaan suatu obyek atau program adalah ….

a. Pengukuran

b. Evaluasi

c. Penilaian

d. Penilaian

Jawaban: B


22. Upaya membimbing siswa untuk mengembang keterampilan pengetahuan terlihat dalam upaya guru:

a. memberi contoh penting toleransi

b. mendiskusikan bagaimana mengubah permasalahan disekitar siswa

c. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitard

d. melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi

Jawaban: B


23. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….

a. mengemukakan gagasan

b. mengaktualisasikan diri

c. penciptaan hubungan yang baik

d. menformulasikan tindakan

Jawaban: C


24. Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral

a. Prakonvensional

b. Konvensional

c. Pascakonvensional

d. Interkonvensional

Jawaban: C


25. Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ....

a. kesulitan akademis

b. gangguan simbolik

c. gangguan nonsimbolik

d. gangguan sosial

Jawaban: B


26. Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....

a. Membantu siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya

b. Menbantu siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya

c. Membantu siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar

d. Membantu siswa agar memperoleh informasi tertentu

Jawaban: C


27. Jika roda pertama berputar 3 kali, dan roda kedua berputar 9 kali, berapakalikah roda kedua akan berputar jika roda pertama berputar 10 kali

a. 30

b. 21

c. 27

d. 18

Jawaban: A


28. Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya. Ilustasi ini berkaitan dengan perkembangan ....

a. kemampuan kognitif

b. kemampuan interaksional

c. kemampuan integrasi diri

d. kemampuan komunikatif

Jawaban: A


29. Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur ,hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang ……

a. Adil

b. Obyektif

c. Valid

d. Sistematis

Jawaban: D


30. Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar ….

a. Sibernetik

b. Konstruktivisme

c. Behaviorisme

d. Kognitivisme

Jawaban: A


31. Seorang peserta didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih senang tinggal di sekolah sampai sore, petugas kebersihan sekolah sampai menyuruhnya pulang karena matahari hampir tenggelam. Peserta didik tersebut dicurigai memiliki hambatan pengembangan potensi berupa faktor ....

A. intelegensi dan kognitif

B. budaya dan pembiasaan

C. keluarga dan lingkungan masyarakat

D. emosional dan kepribadian

Jawaban: C


32. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....

A. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

B. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkahlangkah pembelajaran, evaluasi

C. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

D. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkahlangkah pembelajaran

Jawaban: A


33. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut…

A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar

B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan

C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru

D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan

Jawaban : A


34. Hal yang mencerminkan sifat pemaaf adalah ...

A. Berlapang dada

B. Bekerja keras

C. Santun

D. Lemah lembut

E. Peduli

Jawaban: A.


35. Yang tergambar pada firman Allah QS. An Nur 22, hal yang mencerminkan sifat pemaaf adalah ...

A. Peduli

B. Lemah lembut

C. Lapang dada

D. Bekerja keras

E. Sopan santun

Jawaban: C

 

36. Yang merupakan tanda-tanda kiamat besar (kiamat kubra) adalah ...

A. Ulama banyak yang meninggal

B. Terbitnya matahari dari timur

C. Turunnya Nabi Isa

D. Perbuatan zina merajalela

E. Banyak terjadi pembunuhan

Jawaban : C


37. Tanda-tanda kiamat kubro adalah sebagai berikut, kecuali ...

A. Keluarnya yakjuj makjuj

B. Kembalinya penghuni bumi pada kekufuran

C. Hilangnya ilmu

D. Munculnya Dabbah

Jawaban : C


38. Dibawah ini adalah tanda-tanda kiamat kecil, kecuali ...

A. Muncul banyak fitnah

B. Banyak terjadi pembunuhan

C. Perbuatan zina merajalela

D. Tersebarnya kemungkaran seperti zina, minum arak, perjudian, kemudian merasa bangga dengan perbuatan buruk

E. Munculnya Dajjal terbitnya matahari dari sebelah barat

Jawaban : E


39. Upaya guru dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan pengalaman belajar yang telah dialami yang paling optimal adalah dengan cara....

A. Guru memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap akhir pelajaran

B. Guru menggunakan pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuran saat pembelajaran berlangsung

C. Guru mewawancarai tiap siswa tentang capaian atau masalah belajar yang dihadapi siswa dalam belajar

D. Guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar

Jawaban: B


40. Pernyataan yang tepat tentang RPP adalah ....

A. RPP merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih

B. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD)

C. Penyusunan RPP dilakukan oleh setiap pendidik pada satuan pendidikan setiap pergantian kurikulum

D. pernyataan A dan B benar

Jawaban: D


Demikianlah kumpulan soal PPG Kemenag 2023 dan kunci jawaban yang bisa dijadikan sebagai bahan belajar. Semoga bisa membantu.


Tag:

kumpulan soal ppg kemenag 2023

download soal ppg kemenag 2023

contoh soal ppg dan kunci jawaban,

soal ppg mapel qurdis,

latihan soal up ppg online,

soal ppg pedagogik pdf,

contoh soal ppg tentang ayat-ayat muhkamat dan mutasyabihat,

soal up ppg pgsd terbaru,

soal up pai,

soal ppg al qur'an hadis 2022,