Kumpulan Soal Pedagogik PPPK Kemenag Terbaru Lengkap Jawaban

soal pedagogik pppk kemenag,  trik menjawab soal pedagogik pppk,  soal pedagogik p3k dan kunci jawaban,  100 soal pedagogik,  download soal pedagogik p3k,  soal pedagogik pppk tahap 2,  soal pedagogik p3k pdf,  kumpulan soal pedagogik pppk pdf,  download soal pedagogik guru sd,
Kumpulan Soal Pedagogik PPPK Kemenag Terbaru

Layarmaya.id - Apa kabar sahabat pppk, Dalam postingan ini akan kami bagikan kumpulan soal pedagogik pppk kemenag terbaru tahun ini.

Kumpulan soal pedagogik pppk kemenag yang dirangkum dalam artikel ini, merupakan soal dari kisi-kisi tes pppk serta cpns, dalam setiap pertanyaan telah disertai dengan kunci jawaban. 

Sehingga kalian dapat mengoreksi hasil belajar sendiri, perbanyak latihan soal untuk mempersiapkan diri menghadapi tes cat pppk serta cpns.

Penting pula, kalian cermati setiap pertanyaan yang ada selanjutnya berikan jawaban terbaikmu. Selain belajar dari soal-soal yang ada disini, silakan cari referensi lainnya. 

Karena, semakin banyak referensi yang kalian baca atau kerjakan maka semakin siap menghadapi tes pppk yang akan berlangsung.


Berikut kumpulan soal pedagogik pppk kemenag terbaru:

1.Perencanaan pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan peserta didik secara penih untuk menemukan materi yang dipelajari dan dihubungkan dengan situasi kehidupan sehari-hari sehingga mendorong peserta didik dapat menerapkan dalam kehidupan mereka, pilihan strategi pembelajaran yang tepat yaitu ...

a.  Pembelajaran Kooperatif

b.  Pembelajaran Inquiri 

c.  Pembelajaran  Problem Solving 

d.  Pembelajaran Discovery 

e.  Pembelajaran Kontekstual

Jawaban: E


2. Kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh murid pada setiap fase perkembangan, yang dimulai dari fase fondasi PAUD, mencakup sekumpulan kompetensi dan lingkup materi disusun secara komperhensif dalam bentuk narasi disebut ...

a. Kompetensi Dasar 

b. Standar Kompetensi 

c. Capaian Pembelajaran 

d. Tujuan Pembelajaran 

e. Alur Tujuan Pembelajaran 

Jawaban: C 


3. Seorang guru merancang evaluasi dengan mendasarkan pada indikator dan tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan di RPP. Evaluasi tersebut dimaksudkan untuk menentukan hasil dan kemajuan belajar siswa, maka jenis evalausi yang tepat dipilih

oleh guru adalah....

A. Evaluasi formatif

B. Evaluasi sumatif

C. Evaluasi selektif

D. Evaluasi diagnostik

E. Evaluasi penempatan

Jawaban: B


4. Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam perkembangan peserta didik, faktor utama yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak adalah ...

a. inspirasi

b. budaya

c. guru

d. pengasuhan dan lingkungan

e. teman 

jawaban: D


5. Di sekolah seorang guru menuliskan beberapa aturan seperti dilarang menginjak rumput dan mencoret-coret meja hal ini merupakan pembiasaan kepada peserta didik agar berkembang kecerdasan....

A. Naturalis

B. Kinestetis

C. Visual spasial

D. Verbal linguistic

E. Logis matematis

Jawaban:  A


6. Pada penelitian tindakan kelas (PTK) ada 4 tahapan siklus penelitian yang harus dilalui. salah satu tahapannya adalah refleksi. Refleksi yang paling tepat dilakukan penelitian PTK pada saat ...

a. Sebelum menyusun proposal

b. Sesudah mengidentifikasi masalah

c. Sesudah menentukan upaya tindakan perbaikan 

d. Sesudah melakukan upaya perbaikan 

e. Sebelum melakukan perencanaan

Jawaban: D


7. Seorang guru ingin mengetahui kemampuan siswa dalam mengatur dan mengelola perbedaan pendapat ketika dilakukandiskusi kelompok. Guru tersebut membuat lembar daftar cek (check list) dalam bentuk skala yang harus diisikan oleh siswa untuk menilai teman kelompoknya. Jenis penilaian otentik-holistik yang dapat dipilih oleh guru tersebut yaitu....

a. Penilaian kinerja

b. Penilaian proyek

c. Penilaian portofolio

d. Pertanyaan terbuka

e. Penilaian diri

Jawaban: A


8. Perbedaan antara PTK dengan Non PTK ditinjau dari hasil akhir yang ingin dicapai terletak pada ...

a. Teori belajar yang akan diuji

b. Temuan penelitian yang dapat digeneralisasikan 

c.  Perbaikan hasil belajar siswa dan hasil penelitian bisa langsung diterapkan

d. Meningkatnya kemampuan guru dalam melakukan penelitian

e. Memodifikasi media pembelajaran

Jawaban: C


9. Sebagian siswa mengalami kesulitan menjawab soal tes pilihan ganda yang disusun oleh guru hal tersebut disebabkan materi dalam soal sebagian belum dipelajari oleh siswa, karena materi tersebut seharusnya diberikan pada pertemuan berikutnya. Hal yang seharusnya dilakukan guru dalam menyusun soal tes pilihan ganda pada aspek materi yaitu....

a. Soal harus sesuai dengan indikator

b. Pokok soal harus dirumuskan secara jelas

c. Pilihan jawaban harus homogen dan logis

d. Panjang rumusan pilihan jawaban relatif sama

e. Butir tes tidak tergantung pada jawaban sebelumnya

Jawaban: A


10. Dalam menyusun laporan PTK, intisari permasalahan penelitian ditulis/disajikan di bagian ...

a. Identifikasi Masalah

b. Perumusan Masalah

c. Pendahuluan 

d. Tinjauan Teoritis

e. Kesimpulan

Jawaban: C


11. Nasionalisme dapat diklasifikasikan ke dalam jenis-jenis berikut, kecuali...

a. Nasionalisme Humaniter

b. Nasionalisme Jacobin

c. Nasionalisme Tradisional

d. Nasionalisme Integral

e. Nasionalisme Doktriner

Jawaban: E


12. Nasionalisme memiliki prinsip-prinsip utama yang disebut pilar nasionalisme sebagai berikut, kecuali...

a. Cognitive

b. Unity

c. Liberty

d. Equality

e. Personality

Jawaban: A


13. Sumpah Pemuda merupakan bentuk kesepakatan masyarakat Indonesia untuk mengikat diri dalam satu ikatan kebangsaan. Generasi yang mempunyai kewajiban moral akan menjaga konsensus tersebut. Apabila generasi muda berkomitmen menjaga kesepakan akan memberikan dampak positif bagi keberlangsungan bangsa dan negara. Dampak positif yang akan ditimbulkan yaitu semakin kuatnya ikatan nasionalisme bangsa Indonesia. Akan tetapi apabila bangsa Indonesia tidak perduli lagi terhadap hasil konsensus tersebut akan berakibat buruk bagi kehidupan bangsa dan negara. Berdasarkan informasi tersebut, dampak negatif yang bisa timbul apabila kita tidak mengimplementasikan nilai-nilai Sumpah Pemuda yaitu..

a. Hilangnya kewajiban moral generasi penerus

b. Melemahnya rasa persatuan dan kesatuan bangsa

c. Melemahnya ikatan nasionalisme antarwarga masyarakat

d. Melemahnya rasa hormat pada orang yang lebih tua

e. Lunturnya ikatan persaudaraan

Jawaban: B


14. Pasal 32 Undang-Undang Dasar 1945 mengandung semangat nasionalisme di bidang...

a. Budaya

b. Sosial

c. Ekonomi

d. Politik

e. Hak Asasi Manusia

Jawaban: A


15. Nasionalisme atau semangat kebangsaan merupakan cerminan dari sila Pancasila ke...

a. Pertama

b. Kedua

c. Ketiga

d. Keempat

e. Kelima

Jawaban: C


16. Salah satu faktor penting utama yang berperan pada masa awal pertumbuhan nasionalisme di Indonesia adalah...

a. Budaya

b. Bahasa

c. Pendidikan

d. Lagu Kebangsaan

e. Sosial

Jawaban: B


17. Indonesia adalah negara dengan keberagaman suku, etnik, budaya, agama, serta karakteristik dan keunikan disetiap wilayahnya, pada dasarnya keberagaman masyarakat Indonesia menjadi modal dalam pembangunan bangsa oleh karena itu, sangat diperlukan sikap atau perilaku menunjang terciptanya kondisi tersebut adalah...

a. Memperkuat kedudukan pemerintah pusat sebagai pemegang kedaulatan rakyat

b. Memperkecil segala hal yang berpotensi menimbulkan konflik masyarakat

c. Menghilangkan perbedaan antar suku bangsa dalam berbangsa dan bernegara

d. Memperkuat kedudukan Bahasa daerah sebagai salah satu symbol persatuan

e. Memperkuat posisi kebudayaan daerah diatas kebudayaan Nasional

Jawaban: B


18. Berikut bukan merupakan perilaku yang dapat menangkal disintegrasi bangsa adalah*

a. Menjauhkan diri dari sikap diskriminasi

b. Mengembangkan sikap etnosentrisme

c. Menghindarkan diri dari sikap sukuisme

d. Menjauhkan diri dari sikap fanatisme sempit

e. Mengembangkan sikap toleransi beragama

Jawaban: B


19. Salah satu alasan ketidakpercayaan masyarakat terhadap pemerintah Orde baru adalah...

a. Pancasila diterapkan sebagai satu-satunya azas

b. Banyak terjadi praktek korupsi, kolusi, dan nepotisme

c. Indonesia dilanda krisis moneter dan moral

d. Indonesia sering menerima kritikan dari luar negeri

e. Indonesia tidak mampu bersaing di pentas dunia

Jawaban: B


20. Untuk menghadapi kuatnya pengaruh globalisasi ekonomi yang selalu dipropagandakan oleh beberapa negara di dunia, maka alternatif yang bisa ditempuh oleh bangsa Indonesia adalah...

a. Mengutamakan produk pertanian

b. Bergantung pada badan-badan PBB

c. Sistem ekonomi yang berprinsip pasar bebas

d. Pembangunan industry berdasarkan bahan baku

e. Perekonomian yang berorientasi kepada kesejahteraan

Jawaban: E


21. Nilai utama integritas yang harus dimiliki oleh ASN sebagai pelayan publik adalah...

a. Kedisiplinan

b. Rasa Tanggung Jawab

c. Rela Berkorban

d. Kepedulian

e. Kejujuran

Jawaban: E


22. Pada hakikatnya bangsa Indonesia menolak keberadaan PKI, terroris, berita hoax yang berkaitan dengan SARA karena berdampak...

a. Integrasi nasional

b. Disintegrasi bangsa

c. Ancaman bangsa

d. Hambatan bangsa

e. Tantangan bangsa

Jawaban: B


23. Paham radikalisme dinilai menjadi ancaman serius bagi keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara. Deputi V Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jaleswari Pramodhawardani mengakui, persoalan radikalisme di Indonesia sudah mulai meningkat sejak 10 tahun terakhir. Sepuluh tahun-tahun terakhir ini mengkonfirmasi radikalisme. Tidak hanya muncul di institusi pemerintah, namun juga di institusi masyarakat, termasuk di bidang pendidikan. Semua membuktikan ancaman radikalisme ini nyata. Gerakan radikal kelompok tertentu yang mengatasnamakan agama/ideologi tertentu adalah bentuk pelanggaran sila...

a. Ketuhanan Yang Maha Esa

b. Kemanusiaan yang adil dan beradab

c. Persatuan Indonesia

d. Kerakyatan yang dipinpin oleh hikmat kebijaksanaan dan permusyawaratan perwakilan

e. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Jawaban: A


24. Kedudukan rakyat dalam pertahanan dan keamanan adalah sebagai berikut...

a. Utama

b. Pendukung

c. Tambahan

d. Penting

e. Tak tergantikan

Jawaban: B


25. Munculnya gaya hidup konsumtif dan selalu mengkonsumsi barang-barang dari luar negeri merupakan salah satu ancaman nirmiliter di bidang...

a. Ideologi

b. Gaya hidup

c. Ekonomi

d. Sosial budaya

e. Politik

Jawaban: D


26. Ancaman nirmiliter pada suatu negara meliputi dimensi-dimensi berikut, kecuali...

a. Ekonomi

b. Agama

c. Politik

d. Ideologi

e. Keselamatan umum

Jawaban: B


27. Pengertian upaya pembelaan Negara, adalah...

a. Pengetahuan warga Negara yang dijiwai kecintaan kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara

b. Pemahaman warga Negara yang dijiwai kecintaan kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

c. Sikap dan hasrat warga negara yang dijiwai kecintaan kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara

d. Sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai kecintaan kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

e. Perilaku warga negara yang dijiwai kecintaan kepada NKRI yang dijiwai kecintaan kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Jawaban: D


28. Pertahanan negara disusun berdasarkan prinsip-prinsip berikut, kecuali...

a. Demokrasi

b. Hak asasi manusia

c. Ketuhanan

d. Kesejahteraan umum

e. Lingkungan hidup

Jawaban: C


29. Bangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia, oleh karena itu dikembangkan sikap hormat-menghormati dan bekerja sama dengan bangsa lain. Hal ini adalah penjabaran...

a. Sila pertama

b. Sila kedua

c. Sila ketiga

d. Sila keempat

e. Sila kelima

Jawaban: B


30. Pancasila memenuhi syarat sebagai staats fundamental norm karena tercantum dalam pembukaan UUD 1945. Yang dimaksud dengan Pancasila sebagai staats Fundamental Norm adalah...

a. Pancasila berfungsi untuk memberikan pandangan bagi bangsa lain

b. Pancasila menjadi sumber hukum tertinggi di Indonesia yang isi dan kedudukannya tidak dapat berubah

c. Pancasila sebagai peraturan untuk mengatur hidup orang banyak

d. Pancasila sebagai dasar hukum yang digunakan Indonesia untuk bergaul dengan Negara lain

e. Norma yang berlaku di Indonesia disesuaikan dengan norma berlaku di seluruh dunia

Jawaban: B


31. Sikap menjunjung tinggi keadilan, menjaga kelestarian lingkungan sekitar, serta menghormati pemeluk agama lain merupakan salah satu contoh pengamalan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Nilai Pancasila yang dimaksud adalah...

a. Nilai kerohanian

b. Nilai filosofis

c. Nilai filsafat

d. Nilai abstrak

e. Nilai umum

Jawaban: A


32. Perilaku luhur yang menggambarkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan, sikap adil, keseimbangan antara hak dan kewajiban, menghormati orang lain, suka menolong dan gemar ikut dalam kegiatan memajukan masyarakat yang merata dan berkeadilan sosial merupakan penerapan sila Pancasila ke...

a. Satu

b. Dua

c. Tiga

d. Empat

e. Lima

Jawaban: E


33. Tata urutan perundang-undangan menurut TAP MPR No III/MPR/2000 adalah...

a. UUD 1945, TAP MPR, Undang-Undang, UU Perpu, Pemerintah, Keppres, Peraturan Daerah

b. UUD 1945, TAP MPR, Peraturan Pemerintah, Undang-Undang, UU Perpu, Keppres, Peraturan Daerah

c. UUD 1945, TAP MPR, Peraturan Pemerintah, Undang-Undang, Keppres, UU Perpu, Peraturan Daerah

d. UUD 1945, TAP MPR,UU Perpu, Undang-Undang, Peraturan Pemerintah, Keppres, Peraturan Daerah.

e. UUD 1945, TAP MPR, Peraturan Pemerintah, UU Perpu, Undang-Undang, Keppres, Peraturan Daerah.

Jawaban: A


34. Rumusan masalah dasar negara Indonesia ini muncul pertama kali sewaktu dilaksanakannya siding prtama Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada tanggal 29 Mei 1945 – 1 Juni 1945. Terdapat tiga tokoh nasional Indonesia ketika itu yang memaparkan Asas Dasar Negara Republik Indonesia. Selain Ir. Soekarno dan Mr. Muhammad Yamin, seorang tokoh lainnya adalah...

a. Prof. Dr. Soepomo

b. Dr. Buntaran Martoatmodjo

c. Mr. A.D. Cokronegoro

d. Mr. Syarifuddin Prawiranegara

e. Mr. Mohammad Roem

Jawaban: A


35. Pembukaan UUD 1945 dalam kaitannya

dengan HAM adalah ...

a. Piagam HAM Indonesia

b. Sumber HAM Indonesia

c. Pedoman pelaksanaan jaminan HAM Indonesia

d. Penjelasan pelaksanaan HAM Indonesia

e. Rumusan pelaksanaan HAM

Jawaban: A


36. Yang menjadi causal final dari Pancasila adalah ...

a. Piagam Jakarta

b. Bangsa Indonesia

c. Warga Negara Indonesia

d. BPUPKI

e. PPKI

Jawaban: A


37. Yang bukan termasuk prinsip-prinsip dasar negara yang diusulkan oleh Ir.Soekarno pada tanggal 1 juni 1945 adalah ...

a. Demokrasi

b. Kekeluargaan

c. Perikemanusiaan

d. Kesejahteraan sosial

e. Kebangsaan

Jawaban: B


38. Berdasarkan TAP MPRS No.XX/MPR/1966, Pancasila menempati tempat tertinggi sebagai hukum di negara RI, karena Pancasila merupakan ...

a. Dokumen histori yang luhur

b. Alat pemersatu bangsa

c. Nilai-nilai luhur dari nenek moyang

d. Landasan perjuangan bangsa

e. Dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia

Jawaban: E


39. Yang diatur oleh hukum dasar negara adalah ...

a. Susunan organisasi suatu negara

b. Membatasi tugas dan wewenang badan-badan Negara

c. Menjaga/mengatur hubungan vertikal antara badan-badan negara

d. Menjaga/mengatur hubungan horizontal antara badan-badan Negara

e. Semua jawaban benar

Jawaban: E


40. Yang bukan merupakan dampak/akibat dari Dekrit Presiden 5 Juli 1959 adalah...

a. Konstituante dibubarkan

b. UUDS tidak berlaku

c. Kembali ke UUD 1945

d. Dibentuk DPRS

e. Dibentuk DPAS

Jawaban: D


Demikian artikel terkait kumpulan soal pedagogik pppk kemenag yang bisa kalian gunakan untuk bahan belajar. Semoga berguna dan bermanfaat.()

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG!!!


Tag: 

soal pedagogik pppk kemenag,

trik menjawab soal pedagogik pppk,

soal pedagogik p3k dan kunci jawaban,

100 soal pedagogik,

download soal pedagogik p3k,

soal pedagogik pppk tahap 2,

soal pedagogik p3k pdf,

kumpulan soal pedagogik pppk pdf,

download soal pedagogik guru sd,