MAU Terima BLT BBM..? BURUAN Login cekbansos.kemensos.go.id

 MAU Terima BLT BBM..? BURUAN Login cekbansos.kemensos.go.id

Layarmaya.id - Ingin Terima Bantuan Sosial atau BANSOS dalam bentuk Bantuan Tunai minyak bahan bakar (BBM), telah mulai didistribusikan kepada masyarakat. 

Bantuan ini diberikan sebagai kompensasi di balik keputusan pemerintah untuk meningkatkan harga bensin bersubsidi pada akhir pekan lalu.

Pemerintah telah mengalokasikan dana Rp 12,4 triliun, yang akan didistribusikan ke 20,65 juta penerima. Pertanyaannya kemudian muncul, siapa yang mendapat BLT BBM..! 

Bagaimana Anda memeriksa apakah Anda mendapatkan BLT BBM atau tidak..!

Untuk memeriksa apakah Anda terdaftar sebagai penerima Bansos atau tidak, Anda dapat secara langsung memeriksa situs cekbansos.kemensos.go.id

Jika Anda tidak terdaftar, maka Anda dapat mendaftar untuk mendapatkan bantuan sosial BLT BBM.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan BLT BBM dapat menjadi sukarelawan sebagai penerima bantuan melalui Program Proposal Sanggah. 

Program ini adalah fitur dalam aplikasi pemeriksaan bantuan sosial yang dimaksudkan jika ada orang yang berhak membantu tetapi tidak mendapatkannya.

Fitur ini hanya dapat diakses melalui aplikasi pemeriksaan bantuan sosial untuk orang -orang yang telah mengunduh, mendaftar dan data diverifikasi. 

Selain fitur-fitur ini, publik juga dapat menghubungi pusat komando Kementerian Sosial di nomor telepon 021-171.

Sementara itu, bagi Anda yang telah terdaftar sebagai penerima BBM BLT, Anda dapat mengirimkan dan memeriksa dengan cara berikut:

1. Buka browser dan masukkan halaman https://cekbansos.kemensos.go.id/

2. Masukkan Data Area Penerima yang terdiri dari Provinsi, Kantor/Kota, Sub -Districts dan Desa

3. Selanjutnya, masukkan nama penerima menurut KTP

4. Kemudian masukkan kode captcha yang terkirim terdiri dari delapan digit

5. Setelah data yang dimasukkan benar, klik tombol pencarian dan klik

6. Jika nama Anda muncul, maka Anda sudah terdaftar sebagai keluarga penerima di DTKS dan berhak atas BBM IDR 600Ribu.

 MAU Terima BLT BBM..? BURUAN Login cekbansos.kemensos.go.id

Syarat Penerima Bansos, Mudah Kok..!

Persyaratan untuk penerima BLM BBM terdiri dari masyarakat miskin atau rentan terhadap kemiskin, bukan aparat negara (ASN), TNI dan Polri, terdaftar sebagai keluarga penerima KPM di DTKS Mensos Sosial atau penduduk pekerja yang berpenghasilan di bawah Rp 3,5 juta per bulannya.

Jika Anda sudah terdaftar sebagai penerima BLM BBM, Anda dapat langsung pergi ke kantor pos terdekat. Pemerintah dalam distribusi BLM BBM memang telah berkolaborasi dengan PT POS Indonesia di berbagai daerah.

Ketentuan & Cara Menarik BBM

Membawa surat undangan untuk pencairan, KTP, dan KK ke kantor pos terdekat (undangan pencairan diberikan oleh pemerintah desa atau RT/RW/RW lokal).

- Datanglah ke kantor pos sesuai dengan jadwal undangan

- Ambil nomor antrian

- Kirimkan file

- Setelah file mendapatkan verifikasi, Anda bisa mendapatkan BLT BBM.

Jika nama Anda telah memenuhi persyaratan tetapi nama Anda tidak muncul, maka Anda dapat mengajukan permohonan sendiri untuk menerima BLM BBM melalui fitur dalam aplikasi pemeriksaan bantuan sosial. 

Selain dapat menjadi sukarelawan, Anda juga dapat mendaftarkan orang lain untuk menerima bantuan sosial, atau bahkan melaporkan orang lain yang tidak berhak menerima bantuan sosial.

Jika Anda menemukan atau mencurigai bantuan target yang salah, disarankan untuk menghubungi hotline Bantuan Sosial Kementerian Sosial di nomor 08111022210. Publik juga dapat mengeluh melalui email bansoscovid-19@kemensos.go.id.

Jumlahnya bukan nomor untuk pendaftaran bantuan sosial dan hanya ditangani untuk pengaduan. Keluhan yang dimaksud dapat dalam bentuk target yang salah, atau juga dapat dikaitkan dengan penyalahgunaan dana atau pungutan ilegal.


Telusuri juga artikel terkait lainnya:

bansos
bansos kemensos go id
bansos 2022
bansos kemensos
daftar bansos online
bansos umkm
bantuan sosial tunai
daftar online bantuan pemerintah
daftar bansos kemensos go id
cara daftar bansos online
cara daftar pkh online 2022 lewat hp
bantuan bansos
daftar bansos
bansos pkh
cara daftar bansos
bantuan bst
daftar bantuan pemerintah